Saturday, April 13, 2013

10 Cara Menghilangkan Kantung Mata (Mata Panda)

10 Cara Menghilangkan Kantung Mata (Mata Panda)

Arham Vhy - Mata panda atau lingkaran gelap pada mata adalah salah satu kelainan kulit di sekitar mata akibat kurang tidur sehingga wajah terlihat kusam dan lelah serta dapat menyebabkan kulit menjadi tipis. Hal ini tentunya kan menggangu penampilan wajah Anda. Berikut ini adalah 10 Cara Alami Untuk Menghilangkan Kantung Mata atau Mata Panda:

1. Kompres mata dengan es batu
Sering melihat pertandingan tinju, kan? Ketika jeda, crew medis seringkali mengompres wajah petinju dengan bantuan washlap yang dari ember yang beirsi es batu. Langkah sederhana ini tentunya bisa lakukan anda di rumah. Supaya efektif lakukan hal ini sekitar 10 menit, sebelum kita pergi tidur siang dan atau tidur malam. Seketika anda bangun, kita akan merasa lebih rilex dan membuat mata terasa lebih sejuk. Walaupun tidak terlalu efektif, namun tetap patut dicoba untuk mengurangi kantong mata ringan.

2. Maskeran dengan kentang
Tips alami lainnya adalah dengan kentang. Kentang mengandung asam sitrat dan asam fosfat, yang mampu mengatasi kulit yang memerah, dan baik digunakan untuk meringankan peradangan atau inflamasi. Namun karena tidak mengandung astrigent, maka kentang bukan untuk mengatasi lingkaran mata. Tempatkan satu kentang mentah yang telah dikupas dan parut hingga halus. Kemudian kompres area sekitar mata dengan kentang yang dibungkus kain tipis selama 30 menit. Setelah itu angkat dan bersihkan bekas kompresan dengan air hingga bersih. 

3. Pakai parutan bengkoang
Bengkoang kaya dengan vitamin B1 dan C. Kandungan air dari bengkoang juga mampu menyegarkan kulit. Selain dapat mengatasi kantong mata, parutan bengkoang merupakan bahan alami untuk menghilangkan lingkar mata hitam, karena nutrisi yang dikandungnya. Parutan bengkoang dapat ditempelkan langsung ke lingkar mata, atau dengan membuatnya sebagai masker. Lakukan kompres parutan bengkoang atau maskeran selama 10 – 15 menit dengan rutin. 

4. Kompres kantong teh celup bekas
Teh celup kantong bekas, dari teh hitam dan teh hijau ternyata mempunyai khasiat yang cukup efektif untuk mengatasi lingkar hitam. Bisa demikian karena teh hitam dan teh hitam mengandung zat tannin, yang dapat menyempitkan pembuluh darah dan mengencangkan kulit. Dengan begitu, pembuluh darah akan lancar, sehingga dapat mengurangi pembengkakan di sekitar mata.

Sifat basa dari teh kantong bekas yang dipakai sehari sebelumnya dapat digunakan sebagai kompres lingkar mata yang gelap. Langkahnya adalah dengan mengambil sepasang kantong teh bekas lalu rendam ke dalam air dingin. Kemudian kompreskan ke area di bawah mata setiap pagi dan menjelang tidur. Proses kompres dengan teh kantong bekas dilakukan selama 10 – 15 menit. 

5. Irisan atau jus mentimun
Mentimun sangat baik untuk menghilangkan lingkar gelap di area mata karena bisa berfungsi sebagai astrigent yang dapat melancarkan peredaran darah. Caranya adalah dengan mengiris tipis mentimun, terus tempelkan ke mata sambil terpejam selama tidur. Bisa juga sebelum dipakai, timun tersebut dimasukkan terlebih dahulu ke dalam lemari es.

Tips sederhana mengatasi kantung mata dengan mentimun adalah dengan membuatnya sebagai jus, dan biarkan di lemari pendingin untuk beberapa saat. Selanjutnya oleskan ke area di bawah mata. Langkah ini dinyatakan efektif meredakan bengkak dan menghilangkan lingkar hitam. Lakukan kompresan dengan irisan atau jus mentimun selama 10 – 15 menit. 

6. Krim Mata
Dengan memakai krim mata setiap pagi dan malam hari akan membantu Anda menyamarkan atau bahkan menghilangkan lingkaran hitam di sekitar mata. Krim mata biasanya mengandung kafein atau zat pencerah lainnya yang membantu mencerahkan kulit dan juga bisa membantu melancarkan peredaran darah di kulit sekitar mata.

7. Krim Yang Mengandung Kolagen
Oleskan krim yang mengandung kolagen. Retinol dan vitamin C bisa membantu mempercepat regenerasi, mencerahkan dan mengencangkan kulit.

8. Concealer
Ini merupakan cara instan menyamarkan lingkaran hitam disekitar mata. Oleskan concealer yang senada dengan warna kulit setelah menggunakan pelembab dan sebelum menggunakan make-up lain. Concealer juga biasanya mengandung zat yang bisa membantu mencerahkan kulit di sekitar mata.

9. Tidur Yang Cukup
Terlalu sering begadang menyebabkan Anda kurang tidur. Itulah mengapa lingkaran hitam muncul di sekitar mata Anda. Usahakan agar tubuh Anda beristirahat dengan maksimal ketika malam hari.

10. Gunakan 2 Bantal
Gunakan 2 bantal yang nyaman ketika tidur. Fungsinya agar mampu menyangga kepala sehingga posisi kepala jadi lebih nyaman dan akan membantu menghentikan penumpukan aliran darah di sekitar mata. Ketika Anda terbangun esok harinya, sempatkan untuk mengompres mata dengan menggunakan es yang telah dibungkus dengan handuk lembut, lakukan selama 5 menit. Ini akan berguna mengurangi mata yang bengkak dan melancarkan peredaran darah.

Baca :

10 Penyebab Lingkaran Hitam di Mata (Mata Panda)

Follow twitter @arhamvhy dan gabung komunitas Arham Vhy di facebook.
Download aplikasi Arham Vhy untuk Android. Gratis!

33 Comments so far

  1. wwahh crax mudah"..n praktiss,lgsg coba ah

    ReplyDelete
  2. Biasanya saya menyiasatinya dengan lebih banyak tidur agar kantong mata tidak terlihat lagi.

    ReplyDelete
  3. sungguh cara yg mudh dan menyenangkan

    ReplyDelete
  4. kebetulan bangett nihh,, langsung di praktekin nih,,
    very nice,,, artikel yang sangat menarik ,,

    ReplyDelete
  5. wah panda yang satu ini menyebalkan juga ya gan :)

    ReplyDelete
  6. haduhh... tapi mata pandaku ini udah ada sejak SD, bisa ilang gak ya?

    ReplyDelete
  7. ternyata banyak caranya yah... makasih share nya

    ReplyDelete
  8. oh, jadi gituh yah gan, ternyata kalu mau hilangkan katup mata tidak perlu susah-susah yah caranya gampang banget :D

    ReplyDelete
  9. Coba ah.. brhsil gªќ yah

    ReplyDelete
  10. :: Bukannya mata panda udah dari sononya ????
    Alias dari kita lahir ??

    ReplyDelete
  11. Ane ada mata panda nya gan, tapi bukan karna kurang tidur. Kata mamah bawaan+ada sesuatu. Gimana dong gan?

    ReplyDelete
  12. Wow, mantap benar ni gan informasinya :3
    tengkyu ya, nanti saya coba juga ah dirumah.

    ReplyDelete
  13. bagus informasinya, dan sangat bermanfaat buat akku,

    mkash ea.. ^_^

    ReplyDelete
  14. Wah sangat bermanfaat nih thankz yah ass

    ReplyDelete
  15. informasinya sangat bermanfaat..terima kasih mas. blognya juga keren

    ReplyDelete
  16. satu lagi tambahan mas yaitu dengan banyak olah raga dan minum air putih minimal 8 gelas perhari. terima kasih dan salam kenal

    ReplyDelete
  17. terimakasih tipsnya, salam sukses

    ReplyDelete
  18. makasih bos infonya salam sukses
    http://www.tokoobat69.com
    http://www.tokoobat69.net

    ReplyDelete
  19. tips menghilangkan kantung matanya sangat bermanfaat. aku juga sering sih pake 2 bantal buat tidur. tadi juga gue baca info tips lainnya disini http://goo.gl/MtHZao

    ReplyDelete
  20. wah jadi nambah ilmu nih,,,maksih bang,,,, o,ya, izin mengutip dikit , bukan copas, cuma intinya aja gan yang saya kutip,hehehhe

    ReplyDelete
  21. kantung mata saya ud sejak umur 15 tahun. kalau di fikir ulang, apa mngkin karena tertarik-tarik saat saya masker ya. kantung mata sebelah kanan lebih tebal dan bundar dibanding kantung mata sebelah kiri. sudah 10 tahun lewat masih segini-segini aja. selalu saya tutupi dengan memakai make up lebih tebal disekitar kantung mata, tetap saja ketika luntur keliatan. hehee

    ReplyDelete
  22. wuahhh!
    bermanfaat banget nih gan!
    langsung di coba! :D

    ReplyDelete