Monday, December 31, 2012

10 Cara Alami Mengobati Gusi Bengkak

10 Cara Alami Mengobati Gusi Bengkak

Arham Vhy - Gusi yang bengkak akan menimbulkan rasa sakit yang terus-menerus dan memerlukan bantuan dokter gigi untuk mengatasinya. Tetapi Anda juga dapat mengatasi gusi yang bengkak dengan pengobatan tradisional rumahan yang alami. Berikut ini 10 Cara Alami Mengobati Gusi Bengkak

1. Menggunakan Air Garam Hangat
Sama seperti minyak cengkeh, air garam memang sering diterapkan ketika kesehatan mulut anda bermasalah seperti ketika sakit gigi. Air garam hanya ternya juga dapat dimanfaatkan untuk mengatasi gusi bengkak anda, caranya cukup campurkan 1 sendok garam dengan 1 gelas air hangat, dan langsung dikumur-kumur. Lakukan dengan cara ini 2 kali sehari.

2. Menggunakan Minyak Cengkeh
Minyak cengkeh sangat terkenal dengan obat untuk berbabagai macam masalah mulut seperti sakit gigi. Tak hanya itu, ternyata minyak cengkeh juga bermanfaat untuk mengobati gusi bengkak anda. Caranya sanagat mudah, cukup oleskan minyak cengkeh pada gusi anda yang bermasalah, sebaiknya gunakan 3 kali sehari setelah makan dan tetap gunakan sampai gusi anda sembuh.

3. Mengunakan Lemon dan Air Hangat
Cara ini juga cukup ampuh, yaitu cukup menggunakan ¼ lemon, lalu peras airnya lalu campurkan dangan ½ gelas air hangat. Kemudian kumur-kumur, lakukan cara ini 2 kali sehari.

4. Banyak Minum Air Putih
Ketika gusi anda sedang bengkak, air liur anda akan berkurang. Untuk mengatasinya, banyaklah minum air putih. Selain itu, minum air putih dapat membersihkan mulut dan gusi anda dari bakteri.

5. Pijatan Gusi
Cara ini sangatlah mudah untuk anda lakukan, caranya cukup menggunakan jari telunjuk anda. Cara memijatnya cukup menggosok gusi anda secara melingkar secara halus dan perlahan. Jika terlalu sakit, anda juga bisa memijat dengan menyentuh pipi bagian gusi bengkak anda. Pastikan jari anda dalam keadaan bersih, sehingga tak membawa bakteri lain yang mudah menginfeksi mulut anda.

6. Pilih Makanan yang Cocok
Kadang atau bahkan biasanya penyebab utama gusi bengkak karena pilihan makanan yang salah atau tak cocok untuk anda. Seperti daging, makan makanan keras, dan lainnya. usahakan untuk menghindari makanan yang dapat membuat sisanya tersangkut di celah gigi anda seperti daging, jika sudah terlanjut anda dapat mencoba mebersihkannya dengan benang gigi.

7. Teratur Menyikat Gigi
Ini adalah cara paling ampuh untuk menghindari gusi bengkak anda, karena dengan menggosok gigi apalagi menggosoknya secara teratur dapat menghilangkan sisa makanan serta bakteri yang berada dalam mulut. Minimal, gosoklah gigi 2 kali sehari yaitu ketika sebelum tidur dan setelah bangun tidur. Serta hindari menggunakan sikat gigi yang kasar, yang malah membuat gusi anda berdarah dan membengkak.

8. Mengkonsumsi Vitamin dan Makanan Berserat
Salah satu hal yang dapat menyebabkan gusi bengkak adalah karea kekurangan vitamin terutama kekurangan vitamin C dan anda jarang mengkonsumsi makan berserat. Cbalah mengkonsumsi buah dan sayuran hijau setiap hari dalam menu makanan anda.

9. Gunakan obat kumur alami buatan sendiri
Anda dapat mempersiapkan obat kumur sendiri di rumah untuk mengobati sakit gusi. Gunakan air dengan campuran hidrogen peroksida atau baking soda untuk obat kumur alami. Berkumur dengan campuran ini dapat mencegah sakit gusi. Lakukan beberapa kali sehari untuk mencegah produksi dan penyebaran bakteri dalam mulut.

10. Modifikasi diet
Cegah rasa sakit pada gusi dengan menghindari makan makanan yang menempel pada gusi dan dapat membangun plak, seperti roti putih. Sebaliknya pilihlah makanan yang mengandung vitamin C tinggi, seperti sayuran segar dan buah-buahan. Perubahan dalam diet alami dapat menenangkan gusi, apalagi jika mengandung banyak vitamin yang baik untuk penyembuhan dan kesehatan gizi.

Baca :

10 Cara Mengobati Sakit Gigi yang Berlubang

Follow twitter @arhamvhy dan gabung komunitas Arham Vhy di facebook.
Download aplikasi Arham Vhy untuk Android. Gratis!

2 Comments so far

  1. Thanks infonya bermanfaat sekali...
    Salam Sukses By KBG.

    ReplyDelete
  2. Terima kasih atas informasinya sangat bermanfaat sekali bagi saya
    salam blogger dari gustilubis.blogspot.com
    kunjungi blog saya jika ada waktu ya
    thanks

    ReplyDelete