Wednesday, August 8, 2012

10 Cara Mudah Meraih Lailatul Qadar

10 Cara Mudah Meraih Lailatul Qadar

Arham Vhy - Siapa bilang untuk mendapatkan Lailatul Qadar itu sulit, ternyata mudah kok. Mau tau cara mudah meraih Lailatul Qadar? Nah, inilah dia dambaan setiap orang islam yang berpuasa pada bulan Ramadhan.

Diriwayatkan dalam hadits marfu’ dari Abu Ja’far Muhammad bin Ali r.a, Bersabda Rasulullah saw :

“Barangsiapa mendapati Ramadhan dalam keadaan sehat dan sebagai orang muslim, lalu puasa pada siang harinya dan melakukan shalat pada sebagian malamnya, juga menundukkan pandangannya, menjaga kemaluan, lisan dan tangannya, dan menjaga shalatnya secara berjamaah dan bersegera berangkat untuk shalat jum’at, sungguh ia telah puasa sebulan penuh, menerima pahala yang sempurna, mendapatkan Lailatul Qadar serta beruntung dengan hadiah dari Tuhan Yang Maha Tinggi.” Abu Ja’far berkata: Hadiah yang tidak serupa dengan hadiah-hadiah para penguasa.” (HR. Ibnu Abi Dunya).

1. Sehat Jasmani dan Rohani
Tentunya bagi mereka yang sehat jasmani dan rohani saja kewajiban puasa Ramadhan dibebankan, dan bagi mereka pula Allah sediakan Lailatul Qadar yang nilainya lebih baik dari ibadah 1000 bulan.

2. Beragama islam
So, pasti orang yang beragama islam aja yang dijanjikan mendapat Lailatul Qadar. Karena Rasul pernah mengingatkan akan datang suatu masa dimana seseorang pagi masih dalam keadaan muslim namun sorenya sudah kafir. Semoga kita tetap sebagai seorang muslim hingga maut memisahkan.

3. Berpuasa pada siang harinya
Tidak akan memperoleh Lailatul Qadar kecuali orang yang berpuasa, ini bahagian dari bonus yang Allah swt berikan bagi mereka yang berpuasa atas dasar iman dan taqwa.

4. Sholat malam
Menegakkan malam-malam Ramadhan dengan memperbanyak ibadah sunnah seperti sholat Tarawih dan Witir, memberi makan berbuka orang yang berpuasa, Tadarus Al-Qur’an, dan amal kebajikan lainnya.

5. Menundukkan pandangan
Suatu hari ketika Rasul berjalan dengan Sa’ad, datang seorang wanita muda menghadangnya untuk menanyakan sesuatu. Selama wanita itu berbicara, Sa’ad terus saja memandangi wanita tersebut, lalu Rasul menundukkan pandangan mata Sa’ad.

6. Menjaga kemaluan
“Janganlah kamu mendekati Zina” (QS.Al-isra’/17:32). Mendekatinya saja kita sudah dilarang, apalagi sampai melakukannya karena itu perbuatan keji dan jalan yang buruk.

7. Menjaga lisan
Puasa itu tentunya tidak hanya menahan diri dari lapar dan haus saja, karena boleh jadi anak-anak pun sudah mampu untuk menahannya. Melainkan bagaiman kita juga mampu menahan mulut agar jangan mengeluarkan ucapan-ucapan tak baek.

8. Menjaga tangan
Tangan sebagai lambang kekuasaan harusnya dapat kita manfaatkan untuk menegakkan kebenaran, karena sungguh besok dia akan dimintai pertanggung jawabannya.

9. Menjaga Sholat Berjama’ah
Bukankah kita hapal betul, bahwa sholat berjama’ah itu 27 kali lipat lebih baik dari sholat sendirian. Mari raih kekayaan sejati dengan kenaikan gaji 27 kali lipat melalui sholat berjama’ah.

10. Bersegera menghadiri sholat jum’at
Salah satu amal yang paling dicintai Allah swt adalah sholat di awal waktu. Oleh karenanya mari kita bersegera menghadiri sholat berja’ah di mesjid, terutama sholat jum’at.

Follow twitter @arhamvhy dan gabung komunitas Arham Vhy di facebook.
Download aplikasi Arham Vhy untuk Android. Gratis!

7 Comments so far

  1. memang betul sob
    yang penting harus istiqomah

    ReplyDelete
  2. Ingin sekali mendapatkan malam lailatul qodar...

    ReplyDelete
  3. Tanda tanda malam lailatul qodar apa ya,?

    ReplyDelete
  4. Terimaksih untuk infonya, smoga qt bisa mendapatkan malam lailatul qodar

    ReplyDelete
  5. tanda" nya mungkin gk ada,,maka dr itu kita di bulan ramadhan di suruh mengingat allah setip saat.

    happy sharing :))

    ReplyDelete
  6. Semoga kita semua bisa menemukan malam lailatul Qadar ya? malam yang di nanti kan semua umat islam..beramal selama 83 Thn

    ReplyDelete
  7. Terimakasih postingannya sangat bermanfaat, jika tidak keberatan kunjungi blog saya..

    My blog : albenooo

    ReplyDelete