Saturday, July 7, 2012

10 Tumbuhan Liar yang Dapat Dimakan

Arham Vhy - Tumbuhan liar biasanya hanya bisa menyusahkan dan tidak memiliki manfaat sama sekali. Namun tidak dengan 10 jenis tumbuhan liar ini. Tumbuhan liar ini ternyata dapat dikonsumsi manusia. Berikut ini 10 Tumbuhan Liar yang Dapat Dimakan

1. Thistles

Thistles

Tanaman berbunga ini tumbuh di alam liar di lapangan terbuka di seluruh Eropa. Dibedakan oleh daun runcing, tanaman ini dapat berfungsi sebagai potherb lezat. Hanya dengan memotong ujung daun yang tajam, mengupas kulit akar, lalu gunakan air garam mendidih untuk memasak tanaman.

2. Mushrooms (Jamur)

Mushrooms (Jamur)

Sebelum Anda mulai mengumpulkan jamur liar, identifikasi terlebih dahulu spesies jamur beracun yang tumbuh di daerah Anda. Meskipun sebagian besar spesies jamur dapat dimakan, lebih baik memilih “jalur” aman. Juga, jangan pernah makan mentah-mentah tanaman ini dan jauhi jamur yang telah rusak oleh serangga.

3. Selada Air

Selada Air

Potherb abadi ini biasanya tumbuh di dekat badan air, jadi pastikan sumber air bersih sebelum mengkonsumsi tumbuhan ini. Hal yang harus Anda lakukan sebelum mengkonsumsi tanaman ini secara langsung yaitu potonglah batangnya lalu bilas dengan air dingin.

4. Common Chickweed

Common Chickweed

Tanaman tahunan ini menghasilkan bunga yang berbeda, berbentuk bintang. Daun dan batang tumbuhan ini dapat dimakan langsung. Tumbuhan ini biasanya dianggap sebagai gulma yang menjengkelkan. Tumbuhan ini mengandung banyak zat potasium dan kalsium.

5. Padi Liar

Padi Liar

Rumput tinggi ini berkembang dalam koloni besar di tepian sungai dan dapat dengan mudah dipetik dan diangkut dengan bantuan sebuah kano atau perahu kecil. Mirip dengan buluh pada padi biasa, nasi merupakan sumber protein, semua bagian dari tanaman ini dapat dimakan.

6. Clover

Clover

Genus kosmopolitan ini mudah ditemukan di padang gurun, bijinya bisa dimakan, dan kepala bunga kering dapat digunakan untuk menyeduh teh. Anda dapat memakan daunnya secara mentah-mentah, hanya dengan membenamkan daunnya kedalam air garam untuk membantu proses pencernaan.

7. Burdock

Burdock

Onak dua tahunan ini tumbuh subur di padang rumput terbuka dan kebun, tetapi mereka bukan merupakan gulma yagn tak berguna, Anda dapat mengupas tangkai daun dan memakannya mentah-mentah, selain itu, akar tanaman ini pun dapat dimakan. Berhati-hatilah agar jangan salah dalam membedakan tanaman ini dengan tanaman Belladonna yang beracun.

8. Dandelions

Dandelions

Gulma berbunga ini berjalan merajalela di seluruh negeri, seluruh bagian tanaman ini dapat dimakan.

9. Milkweed

Milkweed

Milkweed bisa dimakan tetapi dapat berpotensi mengandung glikosida jantung yang beracun. Jadi, sangatlah penting untuk mempersiapkan tanaman liar ini dengan hati-hati sebelum dikonsumsi. Cara mempersiapkan tanaman ini cukup mudah, pertama, rendam seluruh tanaman dalam air dan gosok tunasnya dengan kain, kemudian Anda dapat merebus mereka. Benih polong juga dapat dimakan.

10. Cattails

Cattails

Onokotil tinggi ini berkembang di dalam atau di dekat badan air. Kupas lapisan luar untuk melihat tunas inti yang berwarna putih, gunakan air bersih untuk membilas mereka dan makan tunas tender ini mentah atau dimasak. Tinggi kandungan pati. Akar tanaman ini juga dapat dimakan.(Paling Seru)

Baca :

10 Tanaman Paling Unik di Dunia
10 Tanaman yang Bisa Membunuh Manusia

Follow twitter @arhamvhy dan gabung komunitas Arham Vhy di facebook.
Download aplikasi Arham Vhy untuk Android. Gratis!

Be the first to comment!

Post a Comment