Friday, July 20, 2012

10 Macam Puasa Sunnah Beserta Keutamaannya

10 Macam Puasa Sunnah Beserta Keutamaannya

Arham Vhy - Dibulan puasa ini, pasti kita semua yang menjalankannya ingin memperbanyak amal ibadah kita karena pahala kita akan dilipat gandakan.Nah,hari ini saya akan membahas tentang puasa sunnah.Walaupun puasa di bulan Ramadhan adalah wajib, tapi tidak ada salahnya bukan saya membahas tentang puasa sunnah.

Puasa terbagi 2 yaitu puasa wajib dan puasa sunnah. Puasa wajib contohnya puasa di bulan ramadhan, puasa kafarat dan puasa sunnah contohnya puasa senin kamis, puasa asyura dll. Nah, puasa sunnah inilah yang akan saya bahas pembagian-pembagiannya dan keutamaannya. Berikut 10 macam puasa sunnah beserta keutamaannya

1. Puasa Enam Hari di Bulan Syawal
Baik dilakukan secara berturutan ataupun tidak. Keutamaan puasa romadhon yang diiringi puasa Syawal ialah seperti orang yang berpuasa selama setahun (HR. Muslim).

2. Puasa Sepuluh Hari Pertama Bulan Dzulhijjah
Yang dimaksud adalah puasa di sembilan hari yang pertama dari bulan ini, tidak termasuk hari yang ke-10. Karena hari ke-10 adalah hari raya kurban dan diharomkan untuk berpuasa.

3. Puasa Hari Arofah
Yaitu puasa pada hari ke-9 bulan Dzuhijjah. Keutamaan: akan dihapuskan dosa-dosa pada tahun lalu dan dosa-dosa pada tahun yang akan datang (HR. Muslim). Yang dimaksud dengan dosa-dosa di sini adalah khusus untuk dosa-dosa kecil, karena dosa besar hanya bisa dihapus dengan jalan bertaubat.

4. Puasa Muharrom
Yaitu puasa pada bulan Muharrom terutama pada hari Assyuro’. Keutamaannya adalah bahwa puasa di bulan ini adalah puasa yang paling utama setelah puasa bulan Romadhon (HR. Bukhori)

5. Puasa Asyura
Hari Asyura adalah hari ke-10 dari bulan Muharrom. Nabi sholallohu ‘alaihi wasssalam memerintahkan umatnya untuk berpuasa pada hari Asyura ini dan mengiringinya dengan puasa 1 hari sebelum atau sesudahnhya. Hal ini bertujuan untuk menyelisihi umat Yahudi dan Nasrani yang hanya berpuasa pada hari ke-10. Keutamaan: akan dihapus dosa-dosa (kecil) di tahun sebelumnya (HR. Muslim).

6. Puasa Sya’ban
Disunnahkan memperbanyak puasa pada bulan Sya’ban. Keutamaannya,bulan ini adalah bulan di mana semua amal diangkat kepada Robb semesta alam (HR. An-Nasa’i & Abu Daud, hasan).

7. Puasa pada Bulan Haram (bulan yang dihormati)
Yaitu bulan Dzulqa’dah, Dzulhijjah, Muharrom, dan Rojab. Dianjurkan untuk memperbanyak amal ibadah pada bulan-bulan tersebut termasuk ibadah puasa. Walaupun namanya bulan haram bukan berarti diharamkan untuk berpuasa.Untuk penjelasan lebih lengkapnya seputar berpuasa di bulan haram,sobat bisa mencarinya di search engine

8. Puasa Senin dan Kamis
Namun tidak ada kewajiban mengiringi puasa hari Senin dengan puasa hari Kamis atau sebaliknya. Keduanya merupakan hari di mana amal-amal hamba diangkat dan diperlihatkan kepada Alloh.

9. Puasa 3 Hari Setiap Bulan
Disunnahkan untuk melakukannya pada hari-hari putih (Ayyaamul Bidh) yaitu tanggal 13, 14, dan 15 setiap bulan. Sehingga tidaklah benar anggapan sebagian orang yang menganggap bahwa puasa pada harai putih adalah puasa dengan hanya memakan nasi putih, telur putih, air putih, dsb.

10. Puasa Nabi Daud
Yaitu puasa sehari dan tidak puasa sehari. Kemudian puasa sehari dan tidak puasa sehari. Keutamaannya adalah karena puasa ini adalah puasa yang paling disukai oleh Alloh (HR. Bukhori-Muslim).

Follow twitter @arhamvhy dan gabung komunitas Arham Vhy di facebook.
Download aplikasi Arham Vhy untuk Android. Gratis!

11 Comments so far

  1. Subhanallah

    Terima kasih atas infonya gan ^_^

    ReplyDelete
  2. moga kita bisa menjalankan berbagai macam puasa sunnah.

    ReplyDelete
  3. Setelah membaca artikel ini jadi menambah pengetahuan, tentang macam puasa sunah dan keutamaanya, trimakasih

    ReplyDelete
  4. Terima kasih infonya,jadi lbh tahu puasa-puasa sunnah yg lbh utama,semoga Allah meringankan niat kita

    ReplyDelete
  5. trima lasih atas berbrbagi infonya sobat, mulai phm dengan manfaat dari puasa Sunnah ini....

    ReplyDelete
  6. trims infonya..ya..dari sutanalamsyah.com

    ReplyDelete
  7. terima kasih atas infonya ... :D

    ReplyDelete
  8. Subhanallah semoga bertambah iman kita....
    dan menjadi jelas apa yang kita lakukan bukanlah hal yang bid'ah...

    ReplyDelete
  9. terima kasih infonya. .
    jazakumullah.
    mari kita kokohkan islam.

    ReplyDelete
  10. Info yang bermanfaat. Cari uang di internet gratis biaya pendaftaran, info komputer dan
    internet, silahkan kunjungi http://www.teknokring.blogspot.com

    ReplyDelete