Tuesday, July 31, 2012

10 Cara Untuk Mengatasi Rasa Malu

10 Cara Untuk Mengatasi Rasa Malu

Arham Vhy -  Rasa malu memang sesuatu yang sangat merugikan diri sendiri. Malu memang boleh – boleh saja, asalkan malu berbuat sesuatu kejahatan. Namun bagaimana jika malu tersebut dalam segala hal. Seperti malu berbicara, malu menatap orang, bahkan malu mengungkapkan kebenaran. Tentu hal ini tidak kita inginkan. Berikut 10 tips untuk belajar mengatasi rasa malu, gugup dan takut pada diri Anda :

1. Kuatkanlah Kepribadian/Harga Diri Kalian.
Melemahnya harga diri berdampak pada melemahnya kepribadian dan memicu rasa takut bermasyarakat. Seseorang merasa tidak ada apa-apanya. Merasakurang dibandingkan orang lain. Karena itu, ia lebih memilih diam. Tidak berani berbicara didepan umum, tidak pula angkat tangan untuk suara di perkuliahan.

2. Jangan malu dari rasa malu Anda.
Terimalah diri kalian apa adanya, tidak kurang atau lebih. Setelah itu, kalian akan menghargai diri kalian secara internal, lalu mencintai diri kalian juga secara internal banyak kesempatan berbenah, semakin terbuka lebar keberhasilan.

3. Jangan takut pendapat orang lain.
Kritik dan saran dari orang lain merupakan salah satu guru terbaik kita, dimana dari kritikan tersebut dapat membangun untuk kita berbenah kelebih baik lagi pada kesempatan selanjutnya.

4. Mintalah saran orang terdekat (orang tua) tentang timbulnya malu.
mintalah pendapat, saran maupun sugesti orang terdekat missal orang tua atau kakak/adik, kenapa dan bagaimana agar rasa malu itu hilang atau karena tekanan-tekanan dari suatu pihak maupun kurangnya belas kasih orang tua dan dikesempatan itu dapat bertukar pendapat dengan orang tua atau kakak/adik.

5. Seringlah Berkumpul Dengan Kawan.
Bergurau, canda dan tawa dengan teman dapat pula meminimalisirkan rasa malu kita. Pada umumnya jia si bangku sekolah kita malu maju karena ada terlihat asing dengan teman jadi sering berkumpul dengan membuat kita terbiasa dengan lingkungan teman kita.

6. Belajar berbicara Layaknya Pembicara Yang sudah handal
Yakinkan pada diri kalian bahwa teman-teman/orang-orang yang menonton kalian mempunyai kemampuan yang sama jika berbicara didepan audiens(penonton). Terimalah dengan hati lapang segala kritikan yang membangun, kritikan itu sangat berguna untuk perkembangan wawasan kalian.

7.  Jangan takut salah.
Jangan pernah takut salah dalam membuat sesuatu kebenaran. Karena jika anda selalu takut salah maka anda takkan bisa memulai apapun. Dan tentunya itu menjadi salah satu faktor mendatangkan malu pada diri sendiri juga pada orang lain.

8. Bernafas Dengan Tenang.
Sebelum berbicara didepan, menghadapi soal ujian maupun tes wawancara misalnya tariklah nafas dalam-dalam, sesekali tarik nafas kembali dalam-dalam kembali agar perasaan dan tubuh menjadi tenang dan rilex.

9. Berpikir positif.
selalu berpikir positif, jangan selalu merendahkan diri sendiri “ah pasti aku tidak bisa, pasti temen-temen menertawakanku, pasti otakku tidak encer” kata-kata itu sering disebut-sebut oleh anak sekolah. Hindarilah! Jadianlah diri kalian yang paling hebat “Aku pasti bisa!”,”aku akan berjuang!”.

10. Dekatilah Orang-Orang Yang Telah Sukses mengusir Rasa Malunya.
Misalkan, orang tua, guru maupun narasumber-narasumber psikolog untuk berkonsultasi masalah tersebut, dan memunculkan pertanyaan kepada mereka “Bagaimana sih?, apa sih? dan sebagainya sampai kalian menemukan solusi mengusir rasa malu tersebut.

Follow twitter @arhamvhy dan gabung komunitas Arham Vhy di facebook.
Download aplikasi Arham Vhy untuk Android. Gratis!

7 Comments so far

  1. wah kyanya saya hrus belajar berani. padahal saya udah berani
    wkwkwkwkwk

    ReplyDelete
  2. tips no.2 gw kurang ngerti tolong dijelaskan. thx ^_^

    ReplyDelete
  3. tips no.2 gw kurang ngerti tolong dijelaskan. thx ^_^

    ReplyDelete
  4. salam kenal sob..! sepertinya harus diterapkan dari teori2 di atas. thx ya

    ReplyDelete
  5. cara mengatasi rasa malu, saya coba share juga di www.womenmagnet.com

    ReplyDelete