Wednesday, July 4, 2012

10 Cara Mengobati Batuk Secara Alami



Arham Vhy - Batuk termasuk penyakit ringan,tetapi cukup menggangu.terlebih pada saat cuaca seperti akhir-akhir ini.akan sangat meresahkan apabila tidak segera diobati. Mengobati Batuk dengan menggunakan obat-obatan atau sirup bukan satu-satunya Cara untuk Mengobati Batuk, Menyembuhkan Batuk dengan cara alami pun bisa jadi alternatif lain dan dan telah dipercaya sejak jaman nenek moyang kita dulu.berikut beberapa Cara Mengobati Batuk Secara Alami :

1. Teh Jahe
Di Asia, teh herbal, teh jahe, atau jenis teh lainnya sering dimanfaatkan untuk mengatasi batuk. Salah satu bahan yang ampuh mengobati batuk adalah jahe. Sediakan 2-3 irisan jahe yang telah dicuci bersih, seduh dalam teh hangat. Baik diminum dua hingga tiga kali sehari.

2. Kunyit
Tambahkan 1/2 sendok teh kunyit yang telah ditumbuk dan madu ke dalam satu gelas susu. Kunyit mempunyai khasiat alami yang bisa menghilangkan batuk.

3. Madu dan Lada Putih
Coba minum satu sendok teh madu yang ditambah sedikit taburan lada putih 2-3 kali sehari. Dipercaya bahan ini dapat menyembuhkan batuk.

4. Kemangi
Buat ramuan dengan menggunakan kemangi. Daun beraroma khas itu dapat mengatasi beberapa penyakit, termasuk batuk. Sediakan 1-2 gelas air putih, 2-3 daun kemangi, dan rebus menjadi satu. Minum ramuan hangat ini supaya batuk lekas hilang.

5. Daun Sirih
Caranya, ambil daun sirih kira-kira lima lembar, tambahkan cengkeh, kemukus, kapulaga, dan kayu manis. Kemudian rebus semua bahan dengan air sebanyak dua gelas. Tunggu hingga air rebusan menjadi kira-kira satu setengah gelas. Angkat dan saring air tersebut. Minum kira-kira satu sendok makan sebanyak tiga kali sehari.

6. Belimbing Wuluh
Bunga belimbing wuluh juga terbukti dapat membantu meringankan batuk. Ambil kira-kira satu genggam bunga belimbing wuluh, kemudian campurkan dengan beberapa butir adas, tambahkan gula dan secangkir air, lalu ditim. Setelah agak dingin, saringlah ramuan tersebut dan siap untuk diminum.

7. Bunga Mawar
Bunga mawar ternyata juga berkhasiat untuk menyembuhkan batuk. Resepnya adalah ambil bunga mawar segar kira-kira sepuluh gram, kemudian tim dengan air secukupnya dan tambahkan gula batu sesuai selera. Minum sebanyak dua kali sehari.

8. Jeruk Nipis
Jeruk nipis juga bisa digunakan untuk mengobati batuk. Perasaan air jeruk nipis dicampus dengan madu dan air matang. 1 sendok makan air jeruk nipis dan 3 sendok makan madu murni serta 5 sendok makan air matang ditim selama 30 menit. Takaran untuk meminum ramuan ini adalah 1 sendok teh sehari dua kali. Obat batuk tradisional lainnya yang terbuat dari jerun nipis adalah campuran jeruk nipis dan kecap. Ramuan ini lebih gampang, air jeruk nipis hanya dicampur dengan kecap dan diminum sehari dua kali sebanyak satu sendok teh.

9. Daun Asam Muda
Daun asam muda juga dapat berfungsi menyembuhkan batuk kering. Caranya, ambil daun asam muda setengah genggam, kemudian campurkan dengan daun saga manis, kayu manis, dan gula batu secukupnya. Rebus dengan api kecil sampai mendidih dan saring. Ramuan obat siap untuk diminum.

10. Tanaman Serai
Untuk mengobati batuk berdahak kita bisa menggunakan tanaman serai. Serai memiliki sifat antiradang sehingga bisa mengatasi batuk pada sumbernya, yakni peradangan di saluran napas. Herbal ini sangat mudah diolah, caranya siapkan beberapa gram akar serai, kemudian dicuci bersih, setelah itu rebus dengan satu gelas air kira-kira 15 menit. Setelah dingin baru dapat dikonsumsi. Minuman herbal ini dapat dikonsumsi sehari satu gelas.

Nah itu dia Cara Alami Mengobati Batuk Berdahak Secara Tradisional yang bisa kami bagikan untuk anda, semoga bermanfaat dan batuk anda segera sembuh.

Follow twitter @arhamvhy dan gabung komunitas Arham Vhy di facebook.
Download aplikasi Arham Vhy untuk Android. Gratis!

20 Comments so far

  1. banyak sekali dibulan bulan ini disaat cuaca panas dan banyak debu bertaburan yang mengakibatkan batuk berdahak yang saat ini saya rasakan, terima kasih banyak atas tips nya yang akan saya coba untuk melakukannya.....thanks brooo...kalo berkenan kunjungin balik blog ane ya gan..hehe

    ReplyDelete
  2. saya biasaya minuum obat batuk aja sih, kalau meramu-ramu entar repot.

    ReplyDelete
  3. Terimakasih Infonya
    sangat bermanfaat..

    ReplyDelete
  4. Terimakasih infonya, yg paling manjur no brapa gan?

    ReplyDelete
  5. Makasih cara alaminya sangat bermanfaat sekali...

    ReplyDelete
  6. thanks smg sukses gan..

    http://www.saesalera.com/product/view/45/obat-pembesar-payudara

    ReplyDelete
  7. thx atas infonya......papa saya tiba2 batuk....

    www.lusi-jang.com

    ReplyDelete
  8. cara paling ampuh tu, minum baygon..
    batuk reda nafaspun hilang :P

    ReplyDelete
    Replies
    1. lu minum aja sendiri...wkwkwkwk

      Delete
  9. thank gan infonya
    asbusiness.16mb.com

    ReplyDelete
  10. wahh sangat membantu nih postingan'y bos....

    ReplyDelete
  11. terima kasih banyak untuk infonya dan salam kenal!!!

    ReplyDelete
  12. Obat tradisional ternyata manfaatnya banyak sekali. Terima kasih gan atas informasinya

    ReplyDelete
  13. wah Ternyata Baru Tahu Bunga mawar Selain Bagus Bunganya ternyata juga Bisa jadi Obat batuk. Maksih Ya infonya

    ReplyDelete
  14. Tq gan, Obat ini sudah lama saya cari-cari untuk teman saya yang kena penyakit ini..Jika berkenan mampir juga ke Ramuan herbal alami untuk penyakit kronis, Tes IQ dan psikotest gratis dan Belajar blog dan seo

    ReplyDelete
  15. Infonya sip banget gan, blogwalking lagi nie.. salam kenal dari blog Cara Test IQ | cara mengetahui tingkatan IQ manusia

    ReplyDelete