Wednesday, July 25, 2012

10 Agama Dengan Penganut Terbanyak di Dunia

Arham Vhy - Émile Durkheim mengatakan bahwa agama adalah suatu sistem yang terpadu yang terdiri atas kepercayaan dan praktik yang berhubungan dengan hal yang suci. Agama menurut Kamus Besar Bahasa Indonesia (KBBI) adalah sistem yang mengatur tata keimanan (kepercayaan) dan peribadatan kepada Tuhan Yang Mahakuasa serta tata kaidah yang berhubungan dengan pergaulan manusia dan manusia serta lingkungannya.

Itulah definisi agama menurut Émile Durkheim dan KBBI, tapi disini beritaunik tidak mendefinisikan apa itu Agama seperti yang telah dijabarkan diatas, namun kami akan menjabarkan 10 Agama terbesar di dunia menurut jumlah penganutnya, dari data yang ditemui berikut 10 agama dengan penganut terbanyak di dunia:

1. Kristen (2.1 milyar)

Kristen (2.1 milyar)

Agama Kristen adalah sebuah kepercayaan yang berdasar pada ajaran, hidup, sengsara, wafat dan kebangkitan Yesus Kristus. Agama ini meyakini Yesus Kristus adalah Tuhan dan Mesias, juru selamat bagi seluruh umat manusia, yang menebus manusia dari dosa.

2. Islam (1.5 milyar)

Islam (1.5 milyar)

Pengikut ajaran Islam dikenal dengan sebutan Muslim yang berarti “seorang yang tunduk kepada Tuhan”, atau lebih lengkapnya adalah Muslimin bagi laki-laki dan Muslimat bagi perempuan. Islam mengajarkan bahwa Allah menurunkan firman-Nya kepada manusia melalui para nabi dan rasul utusan-Nya, dan meyakini dengan sungguh-sungguh bahwa Muhammad adalah nabi dan rasul terakhir yang diutus ke dunia oleh Allah.

3. Agnostic / Agama yang berpandangan bahwa Tuhan tidak dapat diketahui (1.1 milyar)

Agnostic / Agama yang berpandangan bahwa Tuhan tidak dapat diketahui (1.1 milyar)

Agnostisisme adalah suatu pandangan filosofis bahwa suatu nilai kebenaran dari suatu klaim tertentu yang umumnya berkaitan dengan teologi, metafisika, keberadaan Tuhan, dewa, dan lainnya yang tidak dapat diketahui dengan akal pikiran manusia yang terbatas. Seorang agnostik mengatakan bahwa adalah tidak mungkin untuk dapat mengetahui secara definitif pengetahuan tentang “Yang-Mutlak”; atau , dapat dikatakan juga, bahwa walaupun perasaan secara subyektif dimungkinkan, namun secara obyektif pada dasarnya mereka tidak memiliki informasi yang dapat diverifikasi.

4. Hindu (1 milyar)

Hindu (1 milyar)

Agama Hindu (Sanskerta: Sanātana Dharma सनातन धर्म “Kebenaran Abadi”), dan Vaidika-Dharma (“Pengetahuan Kebenaran”) adalah sebuah agama yang berasal dari anak benua India. Agama ini merupakan lanjutan dari agama Weda (Brahmanisme) yang merupakan kepercayaan bangsa Indo-Iran (Arya). Agama ini diperkirakan muncul antara tahun 3102 SM sampai 1300 SM dan merupakan agama tertua di dunia yang masih bertahan hingga kini.

5. Buddha (500 juta)

Buddha (500 juta)

Buddha (Sanskerta: बुद्ध berarti. Mereka yang Sadar, Yang mencapai pencerahan sejati. dari perkataan Sanskerta: “Budh”, untuk mengetahui) merupakan gelar kepada individu yang menyadari potensi penuh mereka untuk memajukan diri dan yang berkembang kesadarannya. Dalam penggunaan kontemporer, ia sering digunakan untuk merujuk Siddharta Gautama, guru agama dan pendiri Agama Buddha (dianggap “Buddha bagi waktu ini”). Dalam penggunaan lain, ia merupakan tarikan dan contoh bagi manusia yang telah sadar.

6. Indigenous/Agama Adat (450 juta)

Indigenous/Agama Adat (450 juta)

Indigenous adalah orang-orang, komunitas, dan bangsa yang asli di daerah tertentu. Banyak adat budaya merupakan minoritas yang menonjol dalam masyarakat mayoritas-budaya kebarat-baratan, dan mereka biasanya bermaksud menuju melestarikan, menghidupkan, dan meningkatkan kohesi dan keunikan nilai-nilai tradisional mereka, sosial dan adat istiadat, bersama dengan upaya sungguh-sungguh untuk mengirimkan pengetahuan ini untuk generasi mendatang. Agama Indigenous masih banyak ditemui di kawasan benua Afrika, Amerika dan Asia.

7. Chinese traditional (400 juta)

Chinese traditional (400 juta)

Kepercayaan tradisional Tionghoa ialah tradisi kepercayaan rakyat yang dipercayai oleh kebanyakan bangsa Tionghoa dari suku Han. Kepercayaan ini tidak mempunyai kitab suci resmi dan sering merupakan sinkretisme antara beberapa kepercayaan atau filsafat antara lain Buddhisme, Konfusianisme dan Taoisme. Kepercayaan tradisional Tionghoa ini juga mengutamakan lokalisme seperti dapat dilihat pada penghormatan pada datuk di kalangan Tionghoa di Sumatera sebagai pengaruh dari kebudayaan Melayu.

8. Shinto (27 – 65 juta)

Shinto (27 – 65 juta)

Shinto (神道 Shintō?, secara harfiah bermakna “jalan/jalur dewa”) adalah sebuah agama yang berasal dari Jepang. Dari masa Restorasi Meiji hingga akhir Perang Dunia II, Shinto adalah agama resmi di Jepang. Agama Shinto melibatkan penyembahan kami, yang bisa diterjemahkan sebagai dewa, roh alam, atau sekedar kehadiran spiritual. Sebagian kami berasal dari daerah setempat dan bisa dianggap sebagai roh yang mewakili daerah tersebut, namun kami lainnya mewakili benda-benda dan proses alami utama, misalnya Amaterasu, sang dewi matahari.

9. Sikh (25 juta)

Sikh (25 juta)

Sikhisme (bahasa Punjabi: ਸਿੱਖੀ) adalah salah satu agama terbesar di dunia. Agama ini berkembang terutamanya pada abad ke-16 dan 17 di India. Kata Sikhisme berasal dari kata Sikh, yang berarti “murid” atau “pelajar”. Kepercayaan-kepercayaan utama dalam Sikhisme adalah: Percaya dalam satu Tuhan yang pantheistik.

Kalimat pembuka dalam naskah-naskah Sikh hanya sepanjang dua kata, dan mencerminkan kepercayaan dasar seluruh umat yang taat pada ajaran-ajaran dalam Sikhisme: Ek Onkar (Satu Tuhan). Ajaran Sepuluh Guru Sikh (serta para cendekiawan Muslim dan Hindu yang diterima) dapat ditemukan dalam Guru Granth Sahib.

10. Yahudi (18 juta)

Yahudi (18 juta)

Yahudiah (Yudaisme) adalah kepercayaan yang unik untuk orang/bangsa Yahudi (penduduk negara Israel maupun orang Israel yang bermukim di luar negeri). Inti kepercayaan penganut agama Yahudi adalah wujudnya Tuhan yang Maha Esa, pencipta dunia yang menyelamatkan bangsa Israel dari penindasan di Mesir, menurunkan undang-undang Tuhan (Torah) kepada mereka dan memilih mereka sebagai cahaya kepada manusia sedunia.

Kitab Suci agama Yahudi menuliskan Tuhan telah membuat perjanjian dengan Abraham bahwa beliau dan cucu-cicitnya akan diberi rahmat apabila mereka selalu beriman kepada Tuhan. Perjanjian ini kemudian diulangi oleh Ishak dan Yakub. Dan karena Ishak dan Yakub menurunkan bangsa Yahudi, maka mereka meyakini bahwa merekalah bangsa yang terpilih.

Penganut Yahudi dipilih untuk melaksanakan tugas-tugas dan tanggung jawab khusus, seperti mewujudkan masyarakat yang adil dan makmur dan beriman kepada Tuhan. Sebagai balasannya, mereka akan menerima cinta serta perlindungan Tuhan. Tuhan kemudian menganugerahkan mereka Sepuluh Perintah Allah melalui pemimpin mereka, Musa.(didunia.net)

Follow twitter @arhamvhy dan gabung komunitas Arham Vhy di facebook.
Download aplikasi Arham Vhy untuk Android. Gratis!

79 Comments so far

  1. Islam is the best

    ReplyDelete
  2. Semoga Tuhan Yesus mengampunimu !!

    ReplyDelete
  3. I love cristian..
    Tuhan memberkatimu..

    ReplyDelete
    Replies
    1. tidak ada yang benar satupun tidak
      tergantung kesungguhan mu kepada TUHAN........

      Delete
    2. LEO_VERNANDO HUTABARAT SSGLFebruary 21, 2013 at 8:58 PM

      FOR YOU ALL
      WHO READ IT
      APA GUNANYA IBADAH TANPA BUAH KEBAIKAN
      DAN PERSEMBAHAN TANPA BUAH KEADILAN

      MAU AGAMA APAPUN KAMU
      JANGAN MENYOMBONGKAN AGAMA MU
      COBA KOLEKSI DIRIMU <<<<<<< APAKAH KAMU SUDAH SUNGGUN TARHADAP PERINTAH TUHAN

      Delete
  4. HANYA ISLAM AGAMA YANG BENAR DAN MENYEMBAH SATU-SATUNYA TUHAN YANG WAJIB DISEMBAH. YAHUDI ITU BUKAN AGAMA, TAPI "BANGSA IBLIS" YANG MENGACAUKAN DUNIA.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Anonymous. Kamu baru tau apa itu agama.jd jangan km menyombongkan diri.semoga Tuhan Yesus mengampuni mu.

      Delete
  5. islam yang paling indah, kristen itu agama yg membuat gila!!

    ReplyDelete
    Replies
    1. Tau darimana loe Jangan menghina agama lain

      Delete
    2. Tidak baik menghina agama lain hargailah agama lain Jangan menomorsatukan agama sendiri

      Delete
  6. namun islam tetap yang terbaik

    mampir ya
    pennakeriing.blogspot.com

    ReplyDelete
  7. coment terbanyak islam.

    ISLAM FOREVER
    AKU CINTA ALLAH
    AKU BENCI PENGANUT YESUS
    yesus aja nyuruh kita menyembah allah knpa para yesusners(penganut tuhan gadungan) nyembah yesus dasar.. g pnya otak pada dongo.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Jangan menghina agama lain hargailah agama lain Jangan menomorsatukan agama sendiri

      Delete
    2. kalian aja masih berdoa untuk muhamad,,supaya sampai ke surga,,cari sono siapa tau nyemplung di kali.

      Delete
  8. I S L A M
    S U O S A
    Y B H H G (=ISLAM
    A U O A H
    H R R R FOREVER=)
    I
    B

    ReplyDelete
  9. islam sudah banyak buktinya. . 100%islam :)

    ReplyDelete
  10. Komen. Boleh" aja. Tapi menurut saya, semua agama itu bagus dan benar jalannya. Tergantung pada manusianya aja.gimana dia meyakinin agamannya. Salam kenal

    ReplyDelete
  11. Komen. Boleh" aja. Tapi menurut saya, semua agama itu bagus dan benar jalannya. Tergantung pada manusianya aja.gimana dia meyakinin agamannya. Salam kenal

    ReplyDelete
  12. Kmu menghina agama berarti kamu punya agama ada apa2nya.. Ga pny etika

    ReplyDelete
  13. Hargailah kristen, dan agama lainnya

    ReplyDelete
  14. bner" hrga i kristen dan agam lainnya....msing" agama pnya cra nya sndiri(trkecuali aliran sesat yg tdak mngakui adanya Tuhan ..),.jgn menghina jika kalian tidak tahu apa yg klian hina ,.. !

    ReplyDelete
  15. Telaso mulutmu yg hina agama kristen, nyadar dong agama mu...

    ReplyDelete
  16. mungkin di agamanya mereka diajarkan untuk menghina agama orang lain, jika kalian menganggap agama kalian udah benar cukup dengan jalani aja agamanya masing" dan gk usah buat suatu perpecahan karena kita semua manusia bukan hewan yg bisa dengan mudah diadu

    ReplyDelete
  17. Nϑα peke "Telaso ji boss"

    ReplyDelete
  18. Mohon Tetap menghargai agama lain Dan tidak menjelek jelekan agama lain

    ReplyDelete
  19. Saya muslim... Bagi temen2 muslim sy hanya mengingatkan nabi kita muhammad d turunkan k bumi bukan untuk mengganti agama sebelumnya melainkan unt menyempurnakan
    agama sebelumnya melalui jalan islam, agama mereka pun d akui oleh quran, kita g bisa menyalahkan agama mrk, tp berbahagialah islam dan quran adalah yg paling sempurna n g ada keraguan d dlmnya.....
    Jika masih bny pertanyaan.... Monggo....

    ReplyDelete
  20. semua tergantung sikap pribadi masing2....
    klo' orang islam & kristen atau agama lain berbuat jelek, jgn salahkan agamanya..
    salahkan orangnya....
    toh semua agama mengajarkan kebaikan, tergantung yang pribadi masing2 yang mbawa...
    klo' tentang iman toh itu juga hak individual untuk meyakini...
    tp yang pasti Tuhan tetap satu gak ada yang menyamakan...

    salam dari seorang muslim....
    wassalam...

    ReplyDelete
  21. Pegy mampos jesus and mary suckerr

    ReplyDelete
  22. suck,suck my dick padre

    ReplyDelete
  23. islam seharusnya yang paling banyak dooong ,, kan udah sejak dulu (nabi adam dan siti hawa) , islam sudah ada
    I love islam

    ReplyDelete
  24. orang kresten aneh y.. masa tuhan nya di gantung di tiang jemuran ya heheee..

    ReplyDelete
    Replies
    1. Jangan menghina agama orang lain :)

      Delete
  25. Kristen 1000% ^_^ Jesus Love U All...

    ReplyDelete
  26. Yahudi punya kitab talmut berisikan pembantaian selain yahudi adlh wajib. Dan akan menguasai dunia dan diskriminasi.

    ReplyDelete
  27. I LOVE JESUS AlwYS' couse jeSUS adalah anak allah ! yg dikaruniakannya untuk mempersatukan hubungan allah dngan mnusia yg telah berantakan dri dosa adam dan hawa

    ReplyDelete
    Replies
    1. YUPS BETUL SKALI:)

      Delete
    2. YUPS BETUL SKALI:)

      Delete
    3. heleh opo kui

      Delete
  28. Tuhan Jesus Memberkati Kita Semua,.,. AMIN:)

    ReplyDelete
  29. tuhan hanya ada satu, tapi banyak manusia yang tak tahu tuhan mana yang patut di sembah. tunggu aja nabi isa as. turun dan kita tahu agama mana yang benar-benar menyembah tuhan yg maha esa

    ReplyDelete
  30. islam terlalu banyak aturan membedakan
    kyak pepek ajj agamanya...di
    indonesia sll di ejek kristen...padahal cuman di indonesia
    doang banyak muslim...
    makanya indonesia gak bisa maju...gak bisa mundur.
    krn trll bnyak pantek muslim.

    ReplyDelete
    Replies
    1. otak sempak gabisa mikir

      Delete
  31. Jalani aja agama masing masing, teruslah berbuat kebaikan, dan jangan merendahkan agama orang lain. Karena tujuan semua agama adalah satu yaitu Tuhanm Yang Maha Esa.

    ReplyDelete
  32. bagi yng muslim mnghina kristen atupn yng kristen mnghina muslim orang trsbt belum mngmlkn ajaran agamnya msing msing......krna saya yakin kedua agama mngjrkn kbaikan

    ReplyDelete
  33. yups.. Btul sngat.. Hai org muslim, jgn hina org kristen. Dan juga hai org kristen, jgnlah kau hina islam..

    ReplyDelete
  34. Iblis sedang bermain di sini.. Sadar atau tidak yang kalian perbuat disini adalah iblis yang akan membuat permusuhan antar manusia bukan karena agama yg kalian anut!! Manusia yang beragama seharusnya tidak boleh menunjukan kebenarannya disini tp dengan perilaku dan sikap sosialnya.

    ReplyDelete
  35. kalo ajaran islam yang paling benar, mengapa kristen yang paling banyak? Haaa?
    Tidak perlu menghina! semua agama itu sama, pasti tujuannya kepada Tuhan Yang Maha Esa. dan tergantung perilaku orang itu sendiri baik atau buruknya.

    ReplyDelete
  36. Maaf bisakah kita saling menghargai? Saya beragama budha Tɑpΐ bagiku islam maupun kristen Ĵųğª menyembah tuhan Ɣªήğ SM, hanya saja caranya berbeda, kita sεмϋα bersaudara kok

    ReplyDelete
  37. masalah kecil dibesar-besarkan kyk ngak punya etika di agama, mending ngak usah punya agama

    ReplyDelete
  38. agama x adalah yg terbaik bagi pemeluknya. jadi semua agama adalah yg terbaik bagi pemeluknya. kalau anda menghina agama lain maka hinalah sehina-hinanya mk orang akan tau bahwa justru anda atau mungkin agama andalah yg hina.

    ReplyDelete
  39. agamamu adalah agama yg paling baik,bagimu dan agama dia adalah agama yg paling baik bagi dia. sedangkan agama saya adalah agama yg lebih baik dari agamamu dan agama dia, menurut saya. dan saya sering menghina agamamu dan agama dia maka kayaknya saya atau mungkin agama saya yang jelek.

    ReplyDelete
  40. I like islam and kristen.. no love

    ReplyDelete
  41. Sebenarnya semua agama kecuali Kristen dan Yahudi itu penyembah BERHALA.. Kenapa Bisa Demikian?? Bukti nyata umat islam kalau sholat kenapa sujud menghadap KA'BAH?? bukankah KA,BAH itu BATU HITAM?? lantas apa bedanya islam dengan agama hindu, budha,dan konghucu yang jelas sama-sama menyembah patung?? Padahal di dalam al'quran ada ayat yang mengatakan tidak boleh menyembah patung, batu, pohon dan sebagainya.. Lantas kenapa dalam prakteknya umat islam kalau sholat menyembah dan sujud terhadap batu??? Sungguh, teori dan praktek sangat kontradiksi alias bertentangan.. Pasti jawaban dari umat islam adalah “saya tidak menyembah batunya, tapi menyembah allah”.. BENAR APA TIDAK JAWABAN SAYA??.. OK lanjutkan.. Coba Anda tanya kepada umat Hindu, Budha, Konghucu.. pasti jawabannya akan sama kalau di tanya hal demikian .. pasti mereka akan menjawab kami tidak menyembah patungnya.. tapi kami menyembah tuhan.. LANTAS APA BEDANYA ISLAM DENGAN AGAMA-AGAMA YANG SAMA-SAMA MENYEMBAH PATUNG??? JELAS TIDAK ADA.. KARENA SAMA2 MENYEMBAH BENDA alias BERHALA.. MENURUT ISLAM BERHALA ITU APA??? APAKAH SUJUD MENGHADAP BATU HITAM TIDAK DISEBUT BERHALA??? SUNGGUH NAIF…

    ReplyDelete
    Replies
    1. wkawkakwkak, batu hitam.... parah

      Delete
    2. Berbeda pendapat itu bagus karena akan menambah nuansa pemikiran atau merasakan hingga teraihnya nilai kemanusiaan, Tuhan memberikan kesempatan melalui perbedaan pendapat agar kita dapat pula meningkatkan ilmu pengetahuan tentang " Pengertian " kesegala arah yang nyata hingga kepada hal yang dianggap mustahil oleh akibat batasan Ilmu, seorang Muslim yang beriman adalah yang mengakui keberadaan kitab yang antara lain adalah 1. Injil 2. Taurat 3. Zabur 4. Al-Qur'an ( sebagai penyempurna dari ketiganya ). karena didalam kehidupan ini setiap hal pasti ada penjelasannya yang justru masalah " penjelasan " inilah sering sekali menjadi bahan perdebatan sengit antar keyakinan umat beragama, bahkan mengarah kepada peperangan oleh akibat saling memaksakan kemauan.

      Delete
  42. Semua agama itu OKE, semua agama punya tujuan yg baik ! jangan lo baru baca "10 Agama Dengan Penganut Terbanyak Didunia" langsung jadi kafir. Saya Kristen dan saya tetap mencintai agama lain.

    ReplyDelete
  43. Bismillah
    Jika Islam menentang
    penyembahan berhala,
    mengapa umat Islam
    menyembah dan sujud kepada
    Ka'bah ?



    "Ka'bah adalah kiblat, yaitu arah
    kaum muslimin menghadap dalam
    shalat mereka. Perlu dicatat bahwa
    walaupun kaum muslimin
    menghadap Ka'bah dalam salat,
    mereka tidak menyembah Ka'bah.
    Kaum muslimin hanya menyembah
    dan bersujud kepada Allah. Ketika
    mereka melakukan thawaf di Ka'bah
    atau mencium Hajar Aswad, itu
    semua dilakukan sebagai bentuk
    ketaatan kepada Allah. Allah-lah
    yang memerintahkan
    mereka untuk menyembah-Nya
    dengan cara seperti itu. Disebutkan
    dalam Surat Al-Baqarah ayat 144:
    'Sungguh Kami (sering) melihat
    mukamu menengadah ke langit,
    maka sungguh Kami akan
    memalingkan kamu ke kiblat yang
    kamu sukai. Palingkanlah mukamu
    ke arah Masjidil Haram dan di mana
    saja kamu berada, palingkanlah
    mukamu ke arahnya....'
    1. Islam menghendaki persatuan
    Ketika kaum muslimin hendak
    menunaikan salat, bisa jadi ada
    sebagian orang yang ingin
    menghadap ke utara, sedangkan
    yang lainnya ingin menghadap ke
    selatan. Untuk menyatukan kaum
    muslimin dalam beribadah kepada
    Allah maka kaum muslimin di mana
    pun berada diperintahkan hanya
    menghadap ke satu arah, yaitu
    Ka'bah. Kaum muslimin yang
    tinggal di sebelah barat Ka'bah,
    mereka salat menghadap timur.
    Begitu pula yang tinggal di sebelah
    timur Ka'bah, mereka
    menghadap barat. Dan inilah satu
    satunya agama yang memiliki
    Qiblat
    2. Ka'bah adalah pusat peta dunia
    Kaum muslimin adalah umat
    pertama yang menggambar peta
    dunia. Mereka
    menggambar peta dengan selatan
    menunjuk ke atas dan utara ke
    bawah. Ka'bah berada di pusatnya.
    Kemudian, para kartografer Barat
    membuat peta terbalik dengan utara
    menghadap ke atas dan selatan ke
    bawah. Meski begitu, alhamdulillah,
    Ka'bah terletak di tengah-tengah
    peta. Subhanallah..!
    3. Tawaf keliling Ka'bah untuk
    menunjukkan keesaan Allah
    Ketika kaum muslimin pergi ke
    Masjidil Haram di Mekah, mereka
    melakukan tawaf atau berkeliling
    Ka'bah. Perbuatan ini
    melambangkan keimanan dan
    peribadahan kepada satu Tuhan.
    Sama persis dengan lingkaran yang
    hanya punya satu pusat maka
    hanya Allah saja yang berhak
    disembah.
    4. Hadits Umar bin Khathab
    Mengenai batu hitam, hajar aswad,
    Umar bin Khathab berkata, "Aku
    tahu bahwa engkau hanyalah
    sebongkah batu yang tidak dapat
    mendatangkan mudarat maupun
    manfaat. Seandainya aku tidak
    melihat Rasulullah menciummu,
    niscaya aku tidak akan
    menciummu."
    (HR. Bukhari)
    Hadits ini menunjukan bahwa
    Ka'bah bukanlah apa apa (bukan
    pusat sesembahan).
    5. Orang berdiri di atas Ka'bah dan
    mengumandangkan azan
    Pada zaman Nabi, orang bahkan
    berdiri di atas Ka'bah dan
    mengumandangkan azan.
    Coba kita tanyakan kepada mereka
    yang menuduh kaum muslimin
    menyembah Ka'bah; penyembah
    berhala mana yang berani berdiri
    di atas berhala sesembahannya ? "
    tentu saja tidak ada. Ini kembali
    menunjukkan bahwa Ka'bah
    bukanlah sesembahan ummat
    Muslim.

    ReplyDelete
  44. next

    Dari Abdullah bin Umar r.a.,
    katanya:”Ketika orang-orang di Quba
    sedang
    shalat subuh, tiba-tiba datang
    seorang mengatakan: “Sesungguhnya
    tadi malam
    Al Qur’an turun kepada Rasululah
    saw. Beliau diperintahkan shalat
    menghadap
    ke Ka’bah, Maka menghadap pulalah
    anda semua ke Ka’bah. Lalu mereka
    yang
    ketika itu sedang shalat dengan
    menghadap ke Syam, merubah arah
    mereka
    dengan menghadap ke Ka’bah.
    Dan kepunyaan Allah-lah Timur dan
    Barat, maka ke manapun kamu
    menghadap di
    situlah wajah Allah. Sesungguhnya
    Allah Maha Luas (rahmat-Nya) lagi
    Maha
    Mengetahui. (QS. 2:115)
    Orang-orang yang kurang akalnya di
    antara manusia akan berkata :”Apakah
    yang
    memalingkan mereka (ummat Islam)
    dari kiblatnya (Baitul Maqdis) yang
    dahulu
    mereka telah berkiblat kepadanya?”.
    Katakanlah :”Kepunyaan Allah-lah
    Timur
    dan Barat; Dia memberi petunjuk
    kepada siapa yang dikehendaki-Nya
    ke jalan
    yang lurus”. (QS. 2:142)
    Dan demikian (pula) Kami telah
    menjadikan kamu (ummat Islam),
    ummat yang
    adil dan pilihan agar kamu menjadi
    saksi atas (perbuatan) manusia dan
    agar
    Rasul (Muhammad) menjadi saksi
    atas (perbuatan) kamu. Dan Kami
    tidak
    menjadikan kiblat yang menjadi
    kiblatmu (sekarang) melainkan agar
    Kami
    mengetahui (supaya nyata) siapa
    yang mengikuti Rasul dan siapa yang
    membelot. Dan sungguh (pemindahan
    kiblat) itu terasa amat berat, kecuali
    bagi beberapa orang yang telah diberi
    petunjuk oleh Allah, dan Allah tidak
    akan menyia-nyiakan imanmu.
    Sesungguhnya Allah Maha Pengasih
    lagi Maha
    Penyayang kepada manusia. (QS.
    2:143)
    Sungguh Kami (sering) melihat
    mukamu menengadah ke langit, maka
    sungguh Kami
    akan memalingkan kamu ke kiblat
    yang kamu sukai. Palingkanlah
    mukamu ke arah
    Masjidil Haram. Dan di mana saja
    kamu berada, palingkanlah mukamu
    ke
    arahnya. Dan sesungguhnya orang-
    orang (Yahudi dan Nasrani) yang
    diberi
    Al-Kitab (Taurat dan Injil) memang
    mengetahui bahwa berpaling ke
    Masjidil
    Haram itu adalah benar dari Tuhan-
    nya; dan Allah sekali-kali tidak
    lengah
    terhadap apa yang mereka kerjakan.
    (QS. 2:144)

    ReplyDelete
  45. next

    Dan sesungguhnya jika kamu
    mendatangkan kepada orang-orang
    (Yahudi dan
    Nasrani) yang diberi Al-Kitab (Taurat
    dan Injil), semua ayat (keterangan),
    mereka tidak akan mengikuti
    kiblatmu, dan kamu pun tidak akan
    mengikuti
    kiblat mereka, dan sebagian dari
    mereka pun tidak mengikuti kiblat
    sebagian
    yang lain. Dan sesungguhnya jika
    kamu mengikuti keinginan mereka
    setelah
    datang ilmu kepadamu,
    sesungguhnya kamu kalau begitu
    termasuk golongan
    orang-orang yang zalim. (QS. 2:145)
    Orang-orang (Yahudi dan Nasrani)
    yang telah Kami beri Al-Kitab (Taurat
    dan
    Injil) mengenal Muhammad seperti
    mereka mengenal anak-anaknya
    sendiri. Dan
    sesungguhnya sebagian di antara
    mereka menyembunyikan kebenaran,
    padahal
    merekamengetahui. (QS. 2:146)
    Kebenaran itu adalah dari Tuhan-mu,
    sebab itu jangan sekali-kali kamu
    termasuk orang-orang yang ragu.
    (QS. 2:147)
    Dan bagi tiap-tiap ummat ada
    kiblatnya (sendiri) yang ia
    menghadap
    kepadanya. Maka berlomba-lombalah
    kamu (dalam membuat) kebaikan. Di
    mana
    saja kamu berada pasti Allah akan
    mengumpulkan kamu sekalian (pada
    hari
    kiamat). Seungguhnya Allah Maha
    Kuasa atas segala sesuatu. (QS.
    2:148)
    Dan dari mana saja kamu keluar
    (datang), maka palingkanlah wajahmu
    ke
    Masjidil Haram; Sesungguhnya
    ketentuan itu benar-benar sesuatu
    yang haq dari
    Tuhan-mu. Dan Allah sekali-kali tidak
    lengah atas apa yang kamu kerjakan.
    (QS. 2:149)
    Kalau ditinjau dari Hadits dan ayat-
    ayat tersebut di atas maka
    menghadap ke
    Ka’bah itu adalah ketetapan Allah
    setelah Rasulullah memintanya bagi
    beliau
    dan umatnya.
    Menghadap Ka’bah bukan berarti kita
    menyembah Ka’bah, tetapi merupakan
    simbol yang ditetapkan Allah bagi
    kiblat orang-orang Islam. Hal ini
    untuk
    membedakan kiblat umat Muhammad
    dengan kiblat umat lain.
    Namun demikian seandainya kita
    berada di suatu tempat dan tidak
    mengehtahui
    arah Ka’bah maka menghadap
    kemanapun sah shalatnya karena
    dimana saja disitu
    ada Wajah Allah.


    Wallahu'alam bissawab

    ReplyDelete
  46. Maaf ada kesalahan, tidak ke-posting

    Bismillah
    lanjutan penjelasan dari Anonymous atas


    Mengapa Sholat harus menghadap
    ke Ka’bah?
    Segala puji kita panjatkan kepada
    Allah Yang Maha Tahu lagi Maha
    Kuasa atas segala sesuatu,
    Pada awalnya Rasulullah setiap shalat
    menghadap ke Baitil Maqdis,
    kemudian
    beliau memohon kepada Allah untuk
    dapat shalat menghadap ke Ka’bah.
    Dari Anas bin Malik, katanya”
    Rasulullah saw bersabda,
    “Barangsiapa shalat
    seperti kita, menghadap ke kiblat
    seperti kita, dan memakan binatang
    sembelihan seperti kita, maka dialah
    orang muslim yang berada di bawah
    perlindungan Allah dan RasulNya,
    Karena itu janganlah anda
    menghianati Allah
    perihal perlindunganNya
    itu.” (Bukhari).
    Dari Barrak bin ‘Azib r.a., katanya:
    “Rasulullah saw shalat menhadap ke
    Baitil Maqdis, enam atau tujuh belas
    bulan lamanya. Sedang beliau ingin
    shalat menhadap ke Ka’bah. Maka
    turun ayat: “Sesungguhnya Kami tahu
    engkau
    menghadapkan mukamu ke langit
    berulang-ulang, maka setelah itu
    Nabi saw
    shalat menghadap ke Ka’bah.
    Tetapi orang-orang bodoh, antara
    lain orang-orang Yahudi, berkata:
    “Apakah
    sebabnya mereka berpaling dari kiblat
    mereka semula ?”
    Katakan hai Muhammad “Kepunyaan
    Allah Timur dan Barat, ditunjukiNya
    kepada
    jalan yang lurus siapa-siapa yang
    dikehendakiNya.”
    Seorang laki-laki shalat bersama Nabi
    saw waktu terjadinya perubahan
    kiblat
    itu. Setelah shalat dia pergi. Dia
    melewati sekelompok oang Anshar
    sedang
    shalat “Ashar, masih menghadap ke
    Baitil Maqdis. Lalu dikatakannya,
    bahwa
    tadi dia shalat bersama Nabi saw
    menghadap ke Ka’bah. Karena itu
    mereka
    merubah arah kiblat mereka dan
    menghadap ke Ka’bah. (Bukhari).

    ReplyDelete
  47. This comment has been removed by the author.

    ReplyDelete
  48. Tidak satupun agama mengajarkan tentang menghina agama satu sama lain.
    Pada hari ini 24 july 2014 islam berhasil menduduki peringkat pertama dengan penganut paling banyak.
    Agama tidak dilihat dari kuantitas tapi dari kualitas.bagaimana agama mengajarkan kita berkomunikasi kepada tuhan walaupun tidak secara langsung namun memberikan ketentraman dan ketenangan jiwa serta ikatan batin kita kepada tuhan.
    Sesungguhnya kita sbgai umat islam harus meneladani rasulullah saw bagaimana beliau mendamaikan permusuhan penduduk madinah dengan sebuah perjanjian antara penduduk muslim dan yahudi di madinah rasulullah sangat menghargai adanya perbedaan. kita umatnya harus meneladaninya

    Saya pertegas umat islam tidak dituntut untuk mendoakan rasulullah agar masuk surga. Tapi sholawat sbgai perwujudan rasa cinta dan terima kasih kita kpda beliau karena jasanya islam berkembang ke seluruh pelosok negeri. Bukankah allah telah menjanjikan surga untuk rasulullah.

    Semoga kalian paham
    Amin amin ya robbal alamin
    Wassalamualaikum wr.wb

    ReplyDelete