Wednesday, July 25, 2012

10 Agama Dengan Penganut Terbanyak di Dunia

Arham Vhy - Émile Durkheim mengatakan bahwa agama adalah suatu sistem yang terpadu yang terdiri atas kepercayaan dan praktik yang berhubungan dengan hal yang suci. Agama menurut Kamus Besar Bahasa Indonesia (KBBI) adalah sistem yang mengatur tata keimanan (kepercayaan) dan peribadatan kepada Tuhan Yang Mahakuasa serta tata kaidah yang berhubungan dengan pergaulan manusia dan manusia serta lingkungannya.

Itulah definisi agama menurut Émile Durkheim dan KBBI, tapi disini beritaunik tidak mendefinisikan apa itu Agama seperti yang telah dijabarkan diatas, namun kami akan menjabarkan 10 Agama terbesar di dunia menurut jumlah penganutnya, dari data yang ditemui berikut 10 agama dengan penganut terbanyak di dunia:

1. Kristen (2.1 milyar)

Kristen (2.1 milyar)

Agama Kristen adalah sebuah kepercayaan yang berdasar pada ajaran, hidup, sengsara, wafat dan kebangkitan Yesus Kristus. Agama ini meyakini Yesus Kristus adalah Tuhan dan Mesias, juru selamat bagi seluruh umat manusia, yang menebus manusia dari dosa.

2. Islam (1.5 milyar)

Islam (1.5 milyar)

Pengikut ajaran Islam dikenal dengan sebutan Muslim yang berarti “seorang yang tunduk kepada Tuhan”, atau lebih lengkapnya adalah Muslimin bagi laki-laki dan Muslimat bagi perempuan. Islam mengajarkan bahwa Allah menurunkan firman-Nya kepada manusia melalui para nabi dan rasul utusan-Nya, dan meyakini dengan sungguh-sungguh bahwa Muhammad adalah nabi dan rasul terakhir yang diutus ke dunia oleh Allah.

3. Agnostic / Agama yang berpandangan bahwa Tuhan tidak dapat diketahui (1.1 milyar)

Agnostic / Agama yang berpandangan bahwa Tuhan tidak dapat diketahui (1.1 milyar)

Agnostisisme adalah suatu pandangan filosofis bahwa suatu nilai kebenaran dari suatu klaim tertentu yang umumnya berkaitan dengan teologi, metafisika, keberadaan Tuhan, dewa, dan lainnya yang tidak dapat diketahui dengan akal pikiran manusia yang terbatas. Seorang agnostik mengatakan bahwa adalah tidak mungkin untuk dapat mengetahui secara definitif pengetahuan tentang “Yang-Mutlak”; atau , dapat dikatakan juga, bahwa walaupun perasaan secara subyektif dimungkinkan, namun secara obyektif pada dasarnya mereka tidak memiliki informasi yang dapat diverifikasi.

4. Hindu (1 milyar)

Hindu (1 milyar)

Agama Hindu (Sanskerta: Sanātana Dharma सनातन धर्म “Kebenaran Abadi”), dan Vaidika-Dharma (“Pengetahuan Kebenaran”) adalah sebuah agama yang berasal dari anak benua India. Agama ini merupakan lanjutan dari agama Weda (Brahmanisme) yang merupakan kepercayaan bangsa Indo-Iran (Arya). Agama ini diperkirakan muncul antara tahun 3102 SM sampai 1300 SM dan merupakan agama tertua di dunia yang masih bertahan hingga kini.

5. Buddha (500 juta)

Buddha (500 juta)

Buddha (Sanskerta: बुद्ध berarti. Mereka yang Sadar, Yang mencapai pencerahan sejati. dari perkataan Sanskerta: “Budh”, untuk mengetahui) merupakan gelar kepada individu yang menyadari potensi penuh mereka untuk memajukan diri dan yang berkembang kesadarannya. Dalam penggunaan kontemporer, ia sering digunakan untuk merujuk Siddharta Gautama, guru agama dan pendiri Agama Buddha (dianggap “Buddha bagi waktu ini”). Dalam penggunaan lain, ia merupakan tarikan dan contoh bagi manusia yang telah sadar.

6. Indigenous/Agama Adat (450 juta)

Indigenous/Agama Adat (450 juta)

Indigenous adalah orang-orang, komunitas, dan bangsa yang asli di daerah tertentu. Banyak adat budaya merupakan minoritas yang menonjol dalam masyarakat mayoritas-budaya kebarat-baratan, dan mereka biasanya bermaksud menuju melestarikan, menghidupkan, dan meningkatkan kohesi dan keunikan nilai-nilai tradisional mereka, sosial dan adat istiadat, bersama dengan upaya sungguh-sungguh untuk mengirimkan pengetahuan ini untuk generasi mendatang. Agama Indigenous masih banyak ditemui di kawasan benua Afrika, Amerika dan Asia.

7. Chinese traditional (400 juta)

Chinese traditional (400 juta)

Kepercayaan tradisional Tionghoa ialah tradisi kepercayaan rakyat yang dipercayai oleh kebanyakan bangsa Tionghoa dari suku Han. Kepercayaan ini tidak mempunyai kitab suci resmi dan sering merupakan sinkretisme antara beberapa kepercayaan atau filsafat antara lain Buddhisme, Konfusianisme dan Taoisme. Kepercayaan tradisional Tionghoa ini juga mengutamakan lokalisme seperti dapat dilihat pada penghormatan pada datuk di kalangan Tionghoa di Sumatera sebagai pengaruh dari kebudayaan Melayu.

8. Shinto (27 – 65 juta)

Shinto (27 – 65 juta)

Shinto (神道 Shintō?, secara harfiah bermakna “jalan/jalur dewa”) adalah sebuah agama yang berasal dari Jepang. Dari masa Restorasi Meiji hingga akhir Perang Dunia II, Shinto adalah agama resmi di Jepang. Agama Shinto melibatkan penyembahan kami, yang bisa diterjemahkan sebagai dewa, roh alam, atau sekedar kehadiran spiritual. Sebagian kami berasal dari daerah setempat dan bisa dianggap sebagai roh yang mewakili daerah tersebut, namun kami lainnya mewakili benda-benda dan proses alami utama, misalnya Amaterasu, sang dewi matahari.

9. Sikh (25 juta)

Sikh (25 juta)

Sikhisme (bahasa Punjabi: ਸਿੱਖੀ) adalah salah satu agama terbesar di dunia. Agama ini berkembang terutamanya pada abad ke-16 dan 17 di India. Kata Sikhisme berasal dari kata Sikh, yang berarti “murid” atau “pelajar”. Kepercayaan-kepercayaan utama dalam Sikhisme adalah: Percaya dalam satu Tuhan yang pantheistik.

Kalimat pembuka dalam naskah-naskah Sikh hanya sepanjang dua kata, dan mencerminkan kepercayaan dasar seluruh umat yang taat pada ajaran-ajaran dalam Sikhisme: Ek Onkar (Satu Tuhan). Ajaran Sepuluh Guru Sikh (serta para cendekiawan Muslim dan Hindu yang diterima) dapat ditemukan dalam Guru Granth Sahib.

10. Yahudi (18 juta)

Yahudi (18 juta)

Yahudiah (Yudaisme) adalah kepercayaan yang unik untuk orang/bangsa Yahudi (penduduk negara Israel maupun orang Israel yang bermukim di luar negeri). Inti kepercayaan penganut agama Yahudi adalah wujudnya Tuhan yang Maha Esa, pencipta dunia yang menyelamatkan bangsa Israel dari penindasan di Mesir, menurunkan undang-undang Tuhan (Torah) kepada mereka dan memilih mereka sebagai cahaya kepada manusia sedunia.

Kitab Suci agama Yahudi menuliskan Tuhan telah membuat perjanjian dengan Abraham bahwa beliau dan cucu-cicitnya akan diberi rahmat apabila mereka selalu beriman kepada Tuhan. Perjanjian ini kemudian diulangi oleh Ishak dan Yakub. Dan karena Ishak dan Yakub menurunkan bangsa Yahudi, maka mereka meyakini bahwa merekalah bangsa yang terpilih.

Penganut Yahudi dipilih untuk melaksanakan tugas-tugas dan tanggung jawab khusus, seperti mewujudkan masyarakat yang adil dan makmur dan beriman kepada Tuhan. Sebagai balasannya, mereka akan menerima cinta serta perlindungan Tuhan. Tuhan kemudian menganugerahkan mereka Sepuluh Perintah Allah melalui pemimpin mereka, Musa.(didunia.net)

Follow twitter @arhamvhy dan gabung komunitas Arham Vhy di facebook.
Download aplikasi Arham Vhy untuk Android. Gratis!

66 Comments so far

  1. Islam is the best

    ReplyDelete
  2. Semoga Tuhan Yesus mengampunimu !!

    ReplyDelete
  3. I love cristian..
    Tuhan memberkatimu..

    ReplyDelete
    Replies
    1. tidak ada yang benar satupun tidak
      tergantung kesungguhan mu kepada TUHAN........

      Delete
    2. LEO_VERNANDO HUTABARAT SSGLFebruary 21, 2013 at 8:58 PM

      FOR YOU ALL
      WHO READ IT
      APA GUNANYA IBADAH TANPA BUAH KEBAIKAN
      DAN PERSEMBAHAN TANPA BUAH KEADILAN

      MAU AGAMA APAPUN KAMU
      JANGAN MENYOMBONGKAN AGAMA MU
      COBA KOLEKSI DIRIMU <<<<<<< APAKAH KAMU SUDAH SUNGGUN TARHADAP PERINTAH TUHAN

      Delete
  4. HANYA ISLAM AGAMA YANG BENAR DAN MENYEMBAH SATU-SATUNYA TUHAN YANG WAJIB DISEMBAH. YAHUDI ITU BUKAN AGAMA, TAPI "BANGSA IBLIS" YANG MENGACAUKAN DUNIA.

    ReplyDelete
  5. islam yang paling indah, kristen itu agama yg membuat gila!!

    ReplyDelete
    Replies
    1. Tau darimana loe Jangan menghina agama lain

      Delete
    2. Tidak baik menghina agama lain hargailah agama lain Jangan menomorsatukan agama sendiri

      Delete
  6. namun islam tetap yang terbaik

    mampir ya
    pennakeriing.blogspot.com

    ReplyDelete
  7. coment terbanyak islam.

    ISLAM FOREVER
    AKU CINTA ALLAH
    AKU BENCI PENGANUT YESUS
    yesus aja nyuruh kita menyembah allah knpa para yesusners(penganut tuhan gadungan) nyembah yesus dasar.. g pnya otak pada dongo.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Jangan menghina agama lain hargailah agama lain Jangan menomorsatukan agama sendiri

      Delete
    2. kalian aja masih berdoa untuk muhamad,,supaya sampai ke surga,,cari sono siapa tau nyemplung di kali.

      Delete
  8. I S L A M
    S U O S A
    Y B H H G (=ISLAM
    A U O A H
    H R R R FOREVER=)
    I
    B

    ReplyDelete
  9. islam sudah banyak buktinya. . 100%islam :)

    ReplyDelete
  10. Komen. Boleh" aja. Tapi menurut saya, semua agama itu bagus dan benar jalannya. Tergantung pada manusianya aja.gimana dia meyakinin agamannya. Salam kenal

    ReplyDelete
  11. Komen. Boleh" aja. Tapi menurut saya, semua agama itu bagus dan benar jalannya. Tergantung pada manusianya aja.gimana dia meyakinin agamannya. Salam kenal

    ReplyDelete
  12. Kmu menghina agama berarti kamu punya agama ada apa2nya.. Ga pny etika

    ReplyDelete
  13. Hargailah kristen, dan agama lainnya

    ReplyDelete
  14. bner" hrga i kristen dan agam lainnya....msing" agama pnya cra nya sndiri(trkecuali aliran sesat yg tdak mngakui adanya Tuhan ..),.jgn menghina jika kalian tidak tahu apa yg klian hina ,.. !

    ReplyDelete
  15. Telaso mulutmu yg hina agama kristen, nyadar dong agama mu...

    ReplyDelete
  16. mungkin di agamanya mereka diajarkan untuk menghina agama orang lain, jika kalian menganggap agama kalian udah benar cukup dengan jalani aja agamanya masing" dan gk usah buat suatu perpecahan karena kita semua manusia bukan hewan yg bisa dengan mudah diadu

    ReplyDelete
  17. Nϑα peke "Telaso ji boss"

    ReplyDelete
  18. Mohon Tetap menghargai agama lain Dan tidak menjelek jelekan agama lain

    ReplyDelete
  19. Saya muslim... Bagi temen2 muslim sy hanya mengingatkan nabi kita muhammad d turunkan k bumi bukan untuk mengganti agama sebelumnya melainkan unt menyempurnakan
    agama sebelumnya melalui jalan islam, agama mereka pun d akui oleh quran, kita g bisa menyalahkan agama mrk, tp berbahagialah islam dan quran adalah yg paling sempurna n g ada keraguan d dlmnya.....
    Jika masih bny pertanyaan.... Monggo....

    ReplyDelete
  20. semua tergantung sikap pribadi masing2....
    klo' orang islam & kristen atau agama lain berbuat jelek, jgn salahkan agamanya..
    salahkan orangnya....
    toh semua agama mengajarkan kebaikan, tergantung yang pribadi masing2 yang mbawa...
    klo' tentang iman toh itu juga hak individual untuk meyakini...
    tp yang pasti Tuhan tetap satu gak ada yang menyamakan...

    salam dari seorang muslim....
    wassalam...

    ReplyDelete
  21. Pegy mampos jesus and mary suckerr

    ReplyDelete
  22. suck,suck my dick padre

    ReplyDelete
  23. islam seharusnya yang paling banyak dooong ,, kan udah sejak dulu (nabi adam dan siti hawa) , islam sudah ada
    I love islam

    ReplyDelete
  24. orang kresten aneh y.. masa tuhan nya di gantung di tiang jemuran ya heheee..

    ReplyDelete
    Replies
    1. Jangan menghina agama orang lain :)

      Delete
  25. Kristen 1000% ^_^ Jesus Love U All...

    ReplyDelete
  26. Yahudi punya kitab talmut berisikan pembantaian selain yahudi adlh wajib. Dan akan menguasai dunia dan diskriminasi.

    ReplyDelete
  27. I LOVE JESUS AlwYS' couse jeSUS adalah anak allah ! yg dikaruniakannya untuk mempersatukan hubungan allah dngan mnusia yg telah berantakan dri dosa adam dan hawa

    ReplyDelete
    Replies
    1. YUPS BETUL SKALI:)

      Delete
    2. YUPS BETUL SKALI:)

      Delete
  28. Tuhan Jesus Memberkati Kita Semua,.,. AMIN:)

    ReplyDelete
  29. tuhan hanya ada satu, tapi banyak manusia yang tak tahu tuhan mana yang patut di sembah. tunggu aja nabi isa as. turun dan kita tahu agama mana yang benar-benar menyembah tuhan yg maha esa

    ReplyDelete
  30. islam terlalu banyak aturan membedakan
    kyak pepek ajj agamanya...di
    indonesia sll di ejek kristen...padahal cuman di indonesia
    doang banyak muslim...
    makanya indonesia gak bisa maju...gak bisa mundur.
    krn trll bnyak pantek muslim.

    ReplyDelete
    Replies
    1. otak sempak gabisa mikir

      Delete
  31. Jalani aja agama masing masing, teruslah berbuat kebaikan, dan jangan merendahkan agama orang lain. Karena tujuan semua agama adalah satu yaitu Tuhanm Yang Maha Esa.

    ReplyDelete
  32. bagi yng muslim mnghina kristen atupn yng kristen mnghina muslim orang trsbt belum mngmlkn ajaran agamnya msing msing......krna saya yakin kedua agama mngjrkn kbaikan

    ReplyDelete
  33. yups.. Btul sngat.. Hai org muslim, jgn hina org kristen. Dan juga hai org kristen, jgnlah kau hina islam..

    ReplyDelete
  34. Iblis sedang bermain di sini.. Sadar atau tidak yang kalian perbuat disini adalah iblis yang akan membuat permusuhan antar manusia bukan karena agama yg kalian anut!! Manusia yang beragama seharusnya tidak boleh menunjukan kebenarannya disini tp dengan perilaku dan sikap sosialnya.

    ReplyDelete
  35. kalo ajaran islam yang paling benar, mengapa kristen yang paling banyak? Haaa?
    Tidak perlu menghina! semua agama itu sama, pasti tujuannya kepada Tuhan Yang Maha Esa. dan tergantung perilaku orang itu sendiri baik atau buruknya.

    ReplyDelete
  36. Maaf bisakah kita saling menghargai? Saya beragama budha Tɑpΐ bagiku islam maupun kristen Ĵųğª menyembah tuhan Ɣªήğ SM, hanya saja caranya berbeda, kita sεмϋα bersaudara kok

    ReplyDelete
  37. masalah kecil dibesar-besarkan kyk ngak punya etika di agama, mending ngak usah punya agama

    ReplyDelete
  38. agama x adalah yg terbaik bagi pemeluknya. jadi semua agama adalah yg terbaik bagi pemeluknya. kalau anda menghina agama lain maka hinalah sehina-hinanya mk orang akan tau bahwa justru anda atau mungkin agama andalah yg hina.

    ReplyDelete
  39. agamamu adalah agama yg paling baik,bagimu dan agama dia adalah agama yg paling baik bagi dia. sedangkan agama saya adalah agama yg lebih baik dari agamamu dan agama dia, menurut saya. dan saya sering menghina agamamu dan agama dia maka kayaknya saya atau mungkin agama saya yang jelek.

    ReplyDelete
  40. I like islam and kristen.. no love

    ReplyDelete