Saturday, May 19, 2012

10 Cara Alami Menghilangkan Bau Mulut

10 Cara Alami Menghilangkan Bau Mulut

Arham Vhy - Menghilangkan bau mulut sering dilakukan dengan cara mengunyah permen karet rasa mint atau kumur-kumur dengan obat kumur. Cara-cara ini tidaklah benar karena justru akan membuat mulut Anda kering dan muncul bau tidak sedap. Ada beberapa cara alami dan tradisional serta murah untuk menghilangkan bau mulut. Berikut 10 Cara Alami Menghilangkan Bau Mulut

1. Membersihkan Mulut secara teratur
Kebersihan mulut memang menjadi kunci utama agar kita bebas dari bau mulut. Gosok gigi setiap habis makan dan ketika akan tidur maupun sesudah tidur. Jangan lupa juga untuk menyikat lidah. permukaan lidah yang tidak rata memungkinkan adanya sisa makanan tersangkut di sana.

2. Berkumur dengan cairan antiseptik
Sebagai tambahan dan pelengkap setelah kita gosok gigi, ada baiknya kita berkubur dengan cairan antiseptik. Saat ini sudah banyak di toko atau supermarket cairan antiseptik yang bisa kita gunakan untuk berkumur. hal ini dilakukan untuk memastikan bakteri anaerob tidak berkembang biak selama Anda beristirahat.

3. Hindari rokok dan alkohol
Rokok dan juga Alkohol menjadi salah satu penyebab bau mulut juga karena akan memperburuk status kebersihan mulut yang memicu terjadinya gingivitis dan periodontitis. Alkohol mengurangi produksi air liur yang akan memperparah bau mulut.

4. Perbanyak Air Putih dan buah-buahan
Air putih memang banyak sekali fungsinya untuk tubuh.pengusir bau mulut seperti apel, bengkuang dan wortel. Teh hijau mengandung bahan aktif catechin yang dapat menghilangkan plak, menurunkan kadar gula, dan membunuh bakteri penyebab bau mulut. Minumlah 2-5 cangkir teh hijau sehari.

5. Konsultasi dengan Dokter
Selain melakukan cara-cara diatas, konsultasi dengan dokter adalah cara yang paling ampuh karena nanti kita akan diberikan resep bagaimana cara menghilangkan bau mulut dan cara menanggulanginya agar tidak balik lagi.

6. Mengunyah Rempah-rempah
Rempah-rempah untuk menghilangkan bau mulut yang biasa digunakan adalah adas, kayu manis, cengkeh atau daun mint. Mengunyah rempah untuk menghilangkan bau mulut adalah cara yang lebih baik daripada mengunyah permen mint.

7. Gosok Gigi dengan Baking soda
Selain untuk menghilangkan jerawat, baking soda dapat digunakan untuk menghilangkan bau mulut. Caranya cukup menaburkannya di sikat gigi, tambahkan sedikit air dan gosokkan ke gigi Anda. Akhiri dengan kumur-kumur hingga bersih.

8. Berkumur dengan Air garam
Kumur-kumur dengan campuran air + garam dapat menghilangkan bau mulut secara alami. Air garam juga dapat digunakan untuk mengatasi sakit tenggorokan.

9. Berkumur dengan Air Lemon
Cara menggunakan lemon untuk menghilangkan bau mulut sama dengan air garam. Anda cukup kumur-kumur dengan campuran air hangat dan lemon.

10. Minyak atsiri
Beberapa minyak atsiri memiliki kemampuan untuk menghilangkan bau mulut, salah satunya adalah tea tree oil. Caranya adalah dengan menambahkan 2-3 tetes tea tree oil ke pasta gigi Anda sebelum menyikat gigi.

Follow twitter @arhamvhy dan gabung komunitas Arham Vhy di facebook.
Download aplikasi Arham Vhy untuk Android. Gratis!

5 Comments so far

  1. nice info info, sangat bermanfaat ^_^

    ReplyDelete
  2. Postingan tentang 10 cara alami menghilangkan bau mulut... sangat bagus dan menarik untuk dibaca. Saya suka mengunjungi blog ini.

    ReplyDelete
  3. kalau ngilangin bau mulut waktu sehabis bangun tidur apa..?!
    apa itu akibat sering merokok yaa...?!

    ReplyDelete