Friday, April 20, 2012

10 Universitas Terbaik dan Terkenal di Indonesia

10 Universitas Terbaik dan Terkenal di Indonesia

Arham Vhy - Bagi Anda yang lulus Sekolah Menengah Atas (SMA) pasti ingin melanjutkan jenjang pendidikan yang lebih tinggi yaitu menjadi mahasiswa perguruan tinggi. Baca : 10 Universitas Terbaik dan Terkenal di Dunia. Tak bisa dipungkiri jika semua orang ingin masuk Perguruan Tinggi dengan kualitas terbaik. Berikut Daftar 10 Universitas Negeri dan Swasta dengan peringkat terbaik di Indonesia.

1. Universitas Indonesia (UI)
Kwartal ketiga tahun lalu, Times Higher Education Supplement (THES), dari Inggris menerbitkan laporan peringkat perguruan tinggi sedunia. Hasilnya, Universitas Indonesia (UI) berada di posisi 250 dari 520 perguruan tinggi terbaik sejagad.

Secara nasional, UI nomor wahid. THES menilai berdasarkan empat faktor yaitu kualitas riset, terserapnya lulusan ke dunia kerja, prestasi internasional, serta kualitas pengajaran. "Ini gambaran kualitas Universitas Indonesia dalam kacamata dunia," kata Rektor UI Usman Chatib Warsa.

Kualitas lulusan Fakultas Ekonomi perguruan tinggi ini sejak lama dikenal handal. Bahkan pemikiran ekonomi negeri ini banyak dipengaruhi lulusannya. Hasil survey Pusat Data dan Analisa Tempo (PDAT) tahun lalu juga membuktikan kualitas Program studi Ilmu Akuntansi dan Manajemen menempati peringkat teratas dibanding semua perguran tinggi di negeri ini.

Tak heran jika lima dari 12 fakultas di perguruan tinggi ini selalu dibanjiri pendaftar. Selain Fakultas Ekonomi, juga Fakultas Kedokteran, Hukum, Ilmu Budaya, serta Ilmu Sosial dan Ilmu Politik. Saat ini sekitar 39.000 mahasiswa dalam dan luar negeri yang menuntut ilmu di Universtas Indonesia.

2. Institut Teknologi Bandung (ITB)
Teknik Informatika, Pertambangan, Perminyakan, Geofisika, dan Kimia merupakan jurusan-jurusan yang menjadi andalan Institut Teknologi Bandung (ITB). Perguruan tinggi ini mengklaim, 50 persen mahasiswanya sudah "diijon" perusahaan menjelang mereka lulus.

Wakil Rektor Bidang Kemahasiswaan Prof Dr Adang Surachman menyebut lulusan ITB mendapat cap sebagai bibit unggul. Wajar jika 100 persen lulusannya selalu terserap di dunia kerja. "Mahasiswa yang lulus dengan indeks prestasi hanya dua pun tetap diterima di perusahaan besar" kata Adang.

Pemberian beasiswa biasanya menjadi maharnya. Misalnya sebuah perusahaan minyak multinasional dari Norwegia, baru-baru ini memberi beasiswa untuk mahasiswa teknik perminyakan. Jika tawaran diterima, artinya mahasiswa sudah terikat kontrak untuk bekerja di perusahaan itu setelah lulus.

Meski kesohor sebagai penghasil tukang insinyur paling diminati, hasil survei PDAT melihat tak semua jurusan ITB nomor wahid. Fakultas Teknik Arsitektur ITB hanya menempati peringkat tiga – kalah dengan Teknik Arsitektur Universitas Parahyangan, Bandung yang menempati posisi paling atas dan Universitas Gadjah Mada, Yogyakarta di posisi kedua.

3. Universitas Gadjah Mada (UGM)
Yogyakarta dikenal sebagai kota seribu kampus. Diantara perguruan tinggi itu, Universitas Gadjah Mada (UGM) memang paling bersinar. Bukan hanya di tingkat propinsi, sinarnya juga mengalahkan perguruan tinggi lain di negeri ini.

Beberapa jurusan yang ada di sana bahkan yang terbaik. PDAT mendapati, Fakultas Hukum di UGM masih yang terbaik di negeri ini. Persaingan pendaftar untuk bisa diterima di sana tercatat paling ketat dibanding Universitas Indonesia dan Universitas Padjajaran yang menyusul di bawahnya.

Namun secara umum fakultas-fakultas di UGM lebih banyak menempati posisi runner-up membayangi Universitas Indonesia. Misalnya fakultas Kedokteran, Majamenen, dan Sastra Inggris. Bahkan Ilmu Komunikasi UGM berada di posisi ketiga di bawah Universitas Indonesia dan Universitas Padjajaran, Bandung.

Rektor UGM, Prof Dr Sofian Efendi juga menyodorkan fakta, dalam lima tahun terakhir, Fakultas Kedokteran paling banyak diminati. "Dari 120 pelamar, hanya satu yang kami terima," kata Sofian bangga. Masih ada juga beberapa jurusan yang selalu banjir peminat diantaranya Fakultas Teknik dan Fakultas Ekonomi, terutama Ilmu Akuntansi dan Manajemen.

Bagi Sofian, konsep universitas harus diartikan sebagai pusat pengembangan ilmu pengetahuan dan teknologi. Karena itu dia tidak setuju jika universitas hanya dikaitkan dengan dunia usaha. “Tetapi bukan berarti kami mengesampingkan kebutuhkan pasar,” katanya. Untuk memenuhi kebutuhan pasar, tahun ini UGM membuka Fakultas Teknologi Informasi dan Multimedia.

4. Institut Pertanian Bogor
Meski mencantumkan label pertanian, lulusan Institut Pertanian Bogor (IPB) tak hanya berkutat di urusan pangan. Survei yang mereka lakukan sendiri, lebih dari 40 persen lulusannya malah menekuni profesi yang berbeda dengan ilmu yang mereka unduh di bangku kuliah. Misalnya, lulusan Teknologi Pertanian banyak yang bekerja di bank swasta, perusahaan pengembang perumahan, atau wartawan.

Menurut Rektor IPB Prof Dr Ir Achmad Ansori Mattjik, itu bukan gejala baru. Fenomena itu menunjukkan keunggulan pendidikan di IPB. Perguruan tinggi ini memberikan bekal keahlian khusus kepada masing-masing mahasiswa. Keahlian khusus ini diberi nama program mayor-minor.

Program ini membuka kesempatan mahasiswa mengambil beberapa mata keahlian (jurusan) yang diminati. Misalnya, seorang mahasiswa Kedokteran Hewan (mayor) bisa mengambil mata kuliah keahlian Statistik (minor) di Departemen MIPA. Dengan bekal itu, dokter hewan lulusan IPB bisa bekerja di perusahaan yang memang membutuhkan ahli statistik.

5. Institut Teknologi Sepuluh Nopember
Perguruan tinggi ini secara diresmikan Presiden Soekarno, 10 Nopember 1957. Usianya relatif muda dibandingkan perguruan-perguruan tinggi negeri terkemuka lainnya. Namun pimpinan ITS malah melihat tingginya semangat para pengajar yang relatif masih muda. “Dari seribu dosen ITS, sekitar 60 persennya berusia 40 hingga 50 tahun dengan gelar Doktor dan Master,” kata rektor Prof Dr Mohammad Nuh.

Nilai lebih itu mereka tunjukkan dengan berbagai hasil yang kreatif dan inovatif. Mereka selalu berjaya di kontes robot (maritime challenge) dan pengembangan piranti lunak (software development). Kontes yang digelar setiap tahun ini merupakan upaya ITS memadukan ilmu pengetahuan dengan entertainmen.

Menurut Mohammad Nuh, institut yang dipimpinnya memang lebih menggenjot ilmu pengetahuan populer. Pendekatan ini dinilai sesuai dengan jiwa anak muda yang senang dengan ilmu populer. Dengan begitu mahasiswa terpicu untuk mengembangkan diri karena bidang ditekuni memang disukai. "Itu yang membedakan kami dengan kampus lain," kata dia.

Jurusan yang menjadi andalan ITS dan selalu menarik banyak minat diantaranya Teknik Informatika, Elektro, dan industri. Lulusannya, mampu mengisi kebutuhan pasar yang cukup besar. Fakultas Teknologi Kelautan yang terdiri dari Teknik Perkapalan dan Teknik Kelautan menjadi ciri khas sekaligus keunggulan ITS. Sementara fakultas lain di perguruan tinggi ini secara umum peringkatnya masih berada di bawah perguruan tinggi negeri lain yang membuka jurusan Teknik, seperti ITB atau UI.

6. Universitas Airlangga (Unair)
Sebuah kabar gembira diterima civitas akademika Universitas Airlangga (Unair), awal Maret lalu. Perguruan tinggi di kota Surabaya itu memenangkan dana hibah kompetitif sebesar US$ 805 ribu (sekitar Rp 7,3 miliar) dari Bank Dunia.

Rektor Unair Prof Dr Fasich mengatakan, hibah yang mereka peroleh itu menunjukkan kepercayaan lembaga dunia kepada Unair. Universitas itu akan menggunakan dana hibah untuk bersaing dengan perguruan-perguruan tinggi terkemuka di Indonesia. Khususnya untuk mencapai target menjadi universitas unggulan tahun 2010. Dimana setiap program studi bakal diperhitungkan di tingkat Asia.

Perguruan tinggi ini, sejak mula mengandalkan Fakultas Kedokteran sebagai program unggulan. Fakultas Kedokteran dan Kedokteran Gigi semula merupakan dua Fakultas Universitas Indonesia di Surabaya pada 60 tahun lalu. Kedua fakultas ini akhirnya menjadi embrio berdirinya Universitas Airlangga. Namun dalam perjalanannya, Kedokteran Unair hanya mampu menempati peringkat tiga secara nasional. Saat ini mereka melengkapi diri dengan membangun pusat pengkajian penyakit tropis (Tropical Deaseas Center) terbaik di Asia Tenggara.

Program studi lainnya adalah Program Studi Manajemen dan Fakultas Hukum yang menempati posisi empat secara nasional. Sejak awal Unair tidak pernah memiliki fakultas teknik. Seluruh ilmu teknik dikembangkan perguruan tinggi negeri lain yang berada di satu kota, Institut Teknologi Sepuluh Nopember Surabaya.

7. Universitas Trisakti
Setiap tahun Fakultas Kedokteran Trisakti tidak pernah sepi peminat. Lebih dari seribu calon mahasiswa bersaing merebut 300 kursi yang tersedia. Menurut Wakil Rektor I Ir. Asri N.I. Adjidarmo MS jatah 300 kursi itu, 50 diantaranya sudah dipesan calon mahasiswa dari jiran, Malaysia. "Malaysia meminta lebih. Tapi kami hanya bisa memberikan 50 kursi," kata Asri.

Sejak tahun 1998, grafik penerimaan mahasiswa baru di Fakulas Kedokteran, Kedokteran gigi, dan Hukum cenderung meningkat. Asri menduga, gejala itu terkait dengan keberhasilan Trisakti untuk mencetak lulusan-lulusan berkualitas. Meskipun menurut survey PDAT, Kedokteran Trisaksi menempati peringkat delapan, namun diantara perguruan tinggi swasta peringkat merekalah yang terbaik.

Selain Kedokteran, program studi lain di Trisakti memang tampak mengkilat diantara perguruan tinggi swasta lain. Sebut saja diantaraya Program Studi Akuntansi dan Manajemen. Bahkan Program Studi Teknik Industri menempati posisi ketiga secara nasional menyisihkan perguruan tinggi negeri lainnya. Survey PDAT dua tahun lalu menunjukkan Trisakti dianggap sebagai perguruan tinggi swasta paling favorit di Indonesia.

8. Universitas Padjadjaran Bandung
Di usianya yang masuk setengah abad, Universitas Padjadjaran cukup bangga dengan menduduki peringkat papan atas dalam jajaran perguruan tinggi di tanah air. Hasil riset Majalah SWA tahun 2005, disebutkan Unpad menduduki peringkat tiga besar. "Artinya Universitas Padjadjaran memiliki posisi yang diminati users dan tidak kalah dibandingkan perguruan tinggi lain di Indonesia," kata Koordinator Humas Hadi Soeprapto Arifin.

Ada beberapa bidang keahlian di Unpad yang paling diminati dalam 10 tahun terakhir. Di Fakultas Ilmu Komunikasi jurusan Jurnalistik, Hubungan Masyarakat, dan Manajemen Komunikasi meraih porsi tertinggi. Sedangkan di Fakultas ekonomi porsi itu ditempati program studi ini, Manajemen, Akuntansi, dan Studi Pembangunan.

Hasil survey PDAT juga menggambarkan peringkat yang nyaris serupa. Tiga Program Studi yang di servey diantaranya Akuntansi, Hukum, dan Manajemen berada pada posisi ketiga secara nasional. Bahkan Program Studi Ilmu Komunikasi berada pada posisi runner up dibawah Universitas Indonesia.

Dalam beberapa tahun terakhir, Unpad sudah menerapkan konsep e-learning, atau belajar melalui jaringan internet. Konsep ini menghapuskan batas waktu dan tempat untuk bertatap muka antara dosen dengan mahasiswa.

9. Universitas Katolik Atma Jaya Jakarta
Sistem pendidikan di perguruan tinggi perlu memberi perhatian yang seimbang antara kegiatan kurikuler dan ekstrakurikuler. Melalui kegiatan ekstrakurikuler mahasiswa dapat mengembangkan bakat, minat, kepekaan sosial, wawasan, dan integritas kepribadian. Pendidik di Universitas Atma Jaya menyadari betul pentingnya kegiatan ekstrakurikuler ini.

Sejak 2005, Unika Atma Jaya memperkenalkan sistem penilaian yang disebut Satuan Kredit Partisipasi (SKP). Dengan satuan kredit ini mahasiswa diwajibkan berpartisipasi dalam berbagai kegiatan ekstrakurikuler di kampus dan paling sedikit harus mengumpulkan 15 SKP sebagai salah satu syarat kelulusan. "Dalam dunia kerja, ternyata ilmu saja tidak cukup. Kemampuan berkomunikasi, kerjasama tim, dan leadership, juga sangat menentukan keberhasilan seseorang," kata rektor Bernadette N. Setiadi, Ph.D.

Kebijakan seperti itulah yang sering dilakukan Atma Jaya untuk mempertahankan kualitas sarjana-sarjananya. Kepercayaan masyarakat terhadap lulusan Atma Jaya pun tak pernah surut. Ini dibuktikan dengan banyaknya pinangan dari berbagai perusahaan yang meminta lulusan Atma Jaya bekerja di perusahaan mereka. "Khusus untuk mahasiswa akutansi, sering diminta oleh perusahaan. Padahal mahasiswa yang bersangkutan belum lulus" kata Bernadette.

10. Universitas Diponegoro
Setiap tahun pemerintah Arab Saudi menyediakan "jatah" lowongan 2.000 orang untuk lulusan Ilmu Keperawatan Universitas Diponegoro (Undip). Sayangnya perguruan tinggi negeri kota Semarang ini hanya mampu mengisi sebagain kecil. "Luluskan ilmu keperawatan kami hanya 120 orang setiap tahun. Itu pun tidak semuanya bersedia kerja di Arab Saudi," kata rektor Prof. Dr. Susilo Wibowo.

Selain ilmu keperawatan, Undip juga memiliki fakultas unggulan diantaranya Perikanan dan Kelautan yang selama ini dianggap masih yang terbaik di Indonesia. Posisi ini dicapai karena mereka memiliki berbagai fasilitas penunjang yang lebih baik dibandingkan fakultas sejenis di perguruan tinggi lain. "Fakultas kami ada di Jepara. Fasilitas kapal sampai laut tersedia di sana," kata Susilo.

Secara nasional survey PDAT terhadap program-program studi yang paling diminati, menunjukkan Undip masih menempati posisi lima besar. Sebut saja diantaranya Program Studi Akuntansi, Kedokteran, Sastra Inggris, dan Hukum.

Satu hal yang menarik, Undip mengajarkan jiwa wira usaha kepada civitas akademika dengan praktek secara langsung. Sejak tiga bulan lalu, sekitar 200 mahasiswa bergabung membuka usaha mulai dari jualan baju, membuka warung, warnet, foto copy, alat-alat tulis, percetakan, shoting video, dan lain-lain. Berbagai usaha itu berada dalam lingkungan Undip.

Follow twitter @arhamvhy dan gabung komunitas Arham Vhy di facebook.
Download aplikasi Arham Vhy untuk Android. Gratis!

138 Comments so far

  1. daftar unifersitas diatas memang sudah terkenal, kita tinggal milih aja mau masuk kemna

    ReplyDelete
  2. Binus engga termasuk yah ?

    ReplyDelete
  3. univ brawijaya dong

    ReplyDelete
  4. ini versi apa???
    tak dapat dipercaya. hanya versi DIKTI, tolong ini dprtimbngkan, ga boleh asal-asalan. beberapa universitas di atas jarang di dengar

    ReplyDelete
    Replies
    1. setauku cmn atma jaya aja kuq yg msh kuruang terkenal atau situ aja yg kurang membuka wawasan.

      Delete
    2. kayaknya semua nama di atas udah familiar banget deh...
      hehehe

      Delete
    3. hahaha......wah ini ni kayaknya ada yg gak terima....kampus anda gak masuk dalam daftar ya gan??semua yg diatas udah familiar banget setuju ma atas ane....anda mungkin yg kurang wawasan. thanks!

      Delete
    4. emang agak aneh kok, semua web masukin Universitas Gunadarma sama Universitas Sebelas Maret, sama universitas katolik atmajaya baru denger

      Delete
    5. univ di atas terkenal semua,kamu kuliah di tempat yang ga ada d daftar ya? haha

      Delete
    6. ngambek nih ga ada di daftar .. cieee wkwkwk
      ga pernah denger UGM,UI,ITB,ITS,UNPAD,AIRLANGGA,IPB ??
      waktu nyari kuliah kemana aja mas ??
      masa ga ada liat nama2 di atas ??

      Delete
    7. Belum pernah denger UGM, UI, ITB? Temen gw aj yg di Filipin n Malaysia tau.

      Delete
  5. Bilang aja sirik kampusnya gk masuk 10 besar. Univ yg di atas semuanya terkenal!!

    ReplyDelete
  6. kacau nih, haha

    ReplyDelete
  7. mana gunadarma???

    ReplyDelete
  8. ngasal ni , mana gunadarma .
    jgan sembarangan ngepost .

    ReplyDelete
  9. Aku dulu kuliah, tapi gak betah, kena virus wirausaha. Ya akhirnya buka usaha kecil kecilan
    (JUAL ALAT BEKAM)

    ReplyDelete
  10. Harus pilih perguruan tinggi yg bener-bener, jangan yg swasta, nanti ketemu dosen kiler, sok, dan main sogok, enak jadi wirausaha, tanpa kuliah
    (JUAL ALAT BEKAM)

    ReplyDelete
    Replies
    1. jangan yang swasta? kalau swastanya macam SGU (Swiss German University), gimana tuh? hard to resist.

      Delete
    2. iya bener tuh... SGU bikin ngiler.... ijasahnya MBA ama MIT wkwkwk
      kayanya yang bikin artikelnya cuma modal searching dari google doang nih...

      Delete
    3. SGU bagus fasilitas doang kayaknya, kualitasnya masih dipertanyakan (buktinya gak masuk rangking). wk wk wk.

      Delete
  11. Ini Posting ngawur ... pasti bego yg bikin

    ReplyDelete
  12. haha kog jadi berantem sih?

    sronoism.blogspot.com
    sorry, promosi :D

    ReplyDelete
  13. pingin k UGM dan ITB.
    kalau ngk kedokteran dosen kimia juga ngk papa.
    moga jha kesampai ya allah. amiiiiiiiieeeeeeeeeeeennnnnnnnnnnnn

    ReplyDelete
  14. itu Versi 4ICU ?

    kalo versi TeSCA .. Cek juga deh...

    Dinilai nya berdasarkan beberapa metodologi,,

    liat disini...

    http://tescaindonesia.org/top100.php

    ReplyDelete
    Replies
    1. wah ini tesca lebih serem ya gundar sama binus bisa ngalahin ITB UGM. hahahaha :D

      Delete
  15. NGAWURR!! saya anak unpad mas
    yg paling favorit di unpad fakultas kedokteran. itu fakultas terfavorit seindonesia. itu unggulan UNPAD ada 4 ribu org lebih minat ke sana.

    ReplyDelete
    Replies
    1. mas..FK UI, yang daftar bisa 5 ribu orang lebih, itupun sepertinya dari satu jalur saja...coba deh, mas tanya FK mana yang bagus, pasti orang ingetnya ma UI...#nooffence

      Delete
    2. liat data yang baru mas. peminat Unpad paling banyak ilmu komunikasi.cek aja coba

      Delete
    3. Harvard Medical School

      Delete
    4. hahaha, lu bilang gt krn unpad kampus lu, coba tengok FK UGM ama FKUI, FK UNPAD mah gak ada apapanya bro. secara, kualitas emang gak bisa bohong.

      Delete
  16. InsyaAllah univ.Trisakti jurusan kedokteran umum...
    doakan saja ya semuanya... :)
    (Y) dan trimakasih atas infonya diatas... ;)
    novi setiawaty handayani...

    ReplyDelete
    Replies
    1. InsyaAlloh Harvard Medical School :)

      Delete
  17. trims atas referensinya,..smua univ. dsarnya sma2 bagus,..klw urutnnya sih relatif,bisa berubah2,..trsrah mw msuk univ. Mna aja,asal kita bner2 niat nyari ilmu,...

    ReplyDelete
  18. KALO VERSI "TESCA", itu hanya peringkat perguruan tinggi yang menerapkan IT dalam penyelenggaraannya (Telkom Smart Campus), BUKAN peringkat berdasarkan kualitas akademik, penelitian, akseptabilitas lulusan, dsb...belum tentu perguruan tinggi yang mengklaim "CYBER CAMPUS" lantas mahasiswanya "SMART"...mereka hanya mengubah "kemasan", tapi "isi" nya tetep memble...

    ReplyDelete
  19. maaf tapi setau saya peringkat pertama di indonesia itu UGM ..HHEHHE

    ReplyDelete
    Replies
    1. setuju. Pengen kuliah di FK UGM. katanya peringkat 103 dunia. Tapi peminatnya 22.000 cuma diambil 500an T,T. Wish me luck!

      Delete
    2. KAYAKNYA UNPAM DEH, KAMPUS #1 DI INDONESIA

      Delete
    3. Unpam Universitas apaan?

      Delete
    4. Kakak, ada yang punya info UGM g?
      minta ya. makasih.

      Delete
    5. http://www.ugm.ac.id/

      Delete
  20. semua itu udah benar , dari UI ITB samapi UGM. yang swasta ga masuk gan.

    ReplyDelete
  21. mungkin yang gak terima, universitasnya gak terkenal dan ga 10 besar..wkwkwkwk kacian

    ReplyDelete
  22. Wah UPI mana? Survei Webmatrics menempatkan UPI urutan 5 terbaik

    ReplyDelete
    Replies
    1. Webomatrics hanya melihat dari beberapa sisi, seperti repositori materi di internet, kalau mau merujuk dengan kualitas secara keseluruhan, tengok THES atau QS rank,

      Delete
    2. Menurut saya Webometrics merupakan peringkat yang cukup bisa diandalkan, karena selain dari sisi penggunaan teknologi (yang mana kampus tersebut berarti canggih dan modern), jumlah pengunjung pada laman (berarti laman web tersebut populer, yang mengindikasikan banyak orang ingin mengetaui tentang univ tersebut, serta jumlah publikasi (yang mana hal itu menunjukkan produktivitas suatu kampus).

      Delete
  23. Heeelllloooowww
    apa apan ituuu??? UII tidak masuk???ngawuuurrr...
    PTS yang di atas cuma terkenal karena hanya di Jakarta saja,,,
    banyak Alumni UII sbg pejabat penyelenggara negara yang memiliki posisi strategis...

    liat juga parameter lain dong..

    ReplyDelete
    Replies
    1. mungkin ketutup silaunya UGM. wkwkwkwk

      Delete
    2. UII apaan aja gue gatau woy. mau nyari UII di google juga udh mager. Sudahlah... relakan

      Delete
  24. Ccd... Krna kampusnya gk msk 10 besar. Sirikk.. Makanya belajar biar bisa msk..

    ReplyDelete
  25. 10 perguruan tinggi di atas memang sudah sangat terkenal di Indonesia,bahkan beberapa diantara nya ada yg sudah punya nama di asia tenggara dan di asia...
    Nggak boleh sirik gan :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. benar... gak boleh sirik,lulusan yg 10 ini BENAR-BENAR BERKUALITAS

      Delete
    2. UGM, UI, ITB emang udah Internasional.

      Delete
  26. ini survei versi apa ya dan update kapan?
    setahu saya UGM yang pertama awal agustus 2012 ini
    kalok mau lebih pastinya silahkan cek di web aslinya, jangan di blog/sejenisnya, karena bisa saja si penulis 'memanipulasi' karna latar belakang almamater penulis itu sendiri ^_^

    ReplyDelete
    Replies
    1. gw udah cek di web survei universitas asli.

      dari tiga besar survei universitas (ARWU, THE, QS), cuma QS yang memuat nama universitas dari Indonesia. di ARWU dan THE universitas dari Indonesia gak masuk ranking

      QS belom ngeluarin ranking edisi 2012/13 sampe awal Agustus, sampe sekarang aja masih belom.. tapi kalo di ranking QS edisi 2011/12 UI di peringkat pertama perguruan tinggi Indonesia. baik secara keseluruhan, medical science, maupun social science.

      entah ye lo dapet ranking darimana, selain ranking 3 diatas biasanya kurang bermutu sih, karena bisa saja si pembaca menilai suatu ranking itu "valid" kalo universitas almamaternya dia jadi yang terbaik wkwkwkwkwkwkkww

      Delete
    2. setuju ma komentar di atas, silahkan rujuk di situs QS atau THES, dan coba cari universitas di Indonesia, dan kita akan melihat kenyataanya...maaf sebelumnya, kalau mau argumen, tolong berdasar sedikit ya

      Delete
  27. sok tau loe udah kaya dukun

    ReplyDelete
  28. Ahhhh bingung mu masuk universitas mana ?????
    Ada yang punya saran ga .klo kuliah jurusan teknik industri yang bagus di universitas mana yaaaaa.
    Tapi yang masih di bandung

    ReplyDelete
    Replies
    1. kalo di bandung ya itb kakak -_-
      belajarlah teknik di institut

      Delete
    2. Cuma 3 universitas yang kualitas FTnya tidak diragukan lagi (ITB, UGM, ITS)

      Delete
    3. FT UGM lah, liat aja kampusnya segede apa. 1/4 UGM, padahal UGM kampus terluas se ASEAN --' *sirik*

      Delete
    4. UGm kali ya, murah. kalau udah lulus pengen ke sana juga.

      Delete
  29. bukannya ugm pertama ?
    kampusku turun peringkat ...
    perasaan dimana mana nyari masi peringkat 4
    bener nih kalah sama ipb ??
    lagian sistem yang dibicarain panjang lebar di atma jaya ada juga kali di kampusku...

    ReplyDelete
    Replies
    1. ITB kli yg ke satu mah

      Delete
    2. Setuju, UGM emang paling bagus:

      1. Paling Luas se-Asean
      2 Fasilitas superlengkap
      3. Jurusan Super lengkap
      4. Murah
      5. Di Jogja.

      Pengakuan Internasional men. . .

      Delete
  30. universitas yg bisa bikin mahasiswanya sukses ngejawab pertanyaan malaikat di alam kubur mna?? kok ga ada?? kalo ada tuh pasti jadi nomer 1 haha
    percuma juga kalo terkenal dan nomer 1 tp kalo cuman sekelas dunia,, akhiratnya engga -__-

    ReplyDelete
  31. Ngeliat komeng-komeng di atas, terbukti bahwa (mostly) orang Indonesia sangat memperhatikan label yang terkenal. Universitasnya bagus karena isinya anak-anak yang pinter bener semua atau karena emang pendidikan di dalamnya bagus?

    ReplyDelete
    Replies
    1. label penting bro, coba kalau bukan lulusan UGM, UI, ITB, belum tentu lu bisa menjabat di pemerintahan. mostly, lo kudu paham situasi. hehehehe.

      Delete
  32. Woi orang orang kampungan ngak semuanya univ negri itu bisa unggul dr univ swasta

    ReplyDelete
    Replies
    1. kenyataannya? please, said by fact.

      Delete
  33. Inget itu semua para kamseupay..

    ReplyDelete
  34. UI ITB UGM, memang woww.. yg lain bgus sih, tp biasa aja kalo dngernya, gak se wow yg 3 itu. Maaf gan jngn ksinggung :D

    ReplyDelete
    Replies
    1. apa persamaan mahasiswa PTN dan PTS??

      dua-duanya sama-sama ikut ujian masuk PTN, tapi mahasiswa PTS nerima kata "maaf.."

      Delete
    2. Setuju, perasaan hanya 3 Universitas itu (UGM, UI, ITB) yg namanya udah banter kedengar kemana-mana!

      Delete
    3. UGM

      http://ugm.ac.id/

      Delete
  35. wah kasian, ada yang nggak lulus SNMPTN rupanya

    ReplyDelete
  36. Sebagus2nya murid yg masuk PTS, pasti dia ikut tes PTN. entah dari jalur mana. Tapi yg Gak keterima lebih banyak, drpd keterima tp tdk di ambil. Banyak Faktor...

    ReplyDelete
    Replies
    1. Ngapain gw kuliah di PTN kalo jurusannya gw gak demen. Kelempar pilihannya dari target utama gue

      Delete
    2. Gile aje hare gene gak nyoba PTN. Bersaing adu otak. Tapi PTS byk yg bagus kok

      Delete
  37. Wetss..... Kampus Gw masuk 10 besar terbaik ....
    gk salah gw pilih Universitas Trisakti :)

    Cayoooo Univ. Trisakti

    ReplyDelete
  38. Apa ngaruhnya kalau universitasnya masuk daftar itu?? o_O

    ReplyDelete
  39. BAGAIMANAPUN, HANYA 3 UNIVERSITAS YG MENURUTKU SUDAH TIDAK DIRAGUKAN LAGI KUALITASNYA:
    1. UGM
    2. UI
    3. ITB
    NAMANYA BUKAN SAJA SUDAH BERGAUNG DI TINGKAT NASIONAL, TAPI JUGA DI INTERNASIONAL.

    ReplyDelete
    Replies
    1. setuju, terutama ITB

      Delete
    2. UGM memang TOP BGT. pengen kedokterannya. tapi 25.000 cuma di ambil 300an. Serem amit. -_____-" semoga bisa :D

      Delete
    3. Aku juga pengen kedokteran UGM. Tapi krn memilih kedokteran UGM terlalu Extrem, aku ganti Keperawatan. --

      Delete
    4. Banyak yang pilih Kedokteran UGM. Kayaknya pilihan Kedua STEI ITB pindah jadi pertama ni. . .

      Delete
  40. Bener nggk sh? Arsitektur parayangn lebih bgus?
    Klo sya mau masuk arsitek bgusnya dimana yah?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Bener, katanya no. 1 di ASEAN malah.

      urutanya:
      1. UNPAR
      2. UGM
      3. ITB

      (Tempo)

      aku juga pengen, tapi kalau aku UGM aja, yg murah :D

      Delete
  41. Bener nggk sh? Arsitektur parayangn lebih bgus?
    Klo sya mau masuk arsitek bgusnya dimana yah?

    ReplyDelete
  42. Gak penting berantem cuma gara2 ranking univ terbaik. Yang penting mah kuliah yg bner!!

    ReplyDelete
  43. tetep ITB is the best

    ReplyDelete
    Replies
    1. ITB peringkatnya sering melorot, gak keren. Bahkan pernah kesalip UNAIR -______-" udah gitu biayanya selangit.

      Delete
    2. bagus sih. tapi mahal gila! mending UGM ato UI (kalo keterima) doain ya^^

      Delete
  44. Hasil survey sangat tergantung pada sebarapa luas sebaran respondent, metodologi, kepentingan surveyor dan terakhir DIA LULUSAN MANA . . .

    ReplyDelete
  45. Hasil survey sangat tergantung pada sebarapa luas sebaran respondent, metodologi, kepentingan surveyor dan terakhir DIA LULUSAN MANA . . .

    ReplyDelete
  46. ini blog kayaknya asal ngejeplak doang, dasarnya universitas swasta lebih bagus dari universitas negeri dari apa BOSS???

    ReplyDelete
  47. comment ga ada mutu semua, kayak bukan orang berpendidikan. Liat masalah cma dari interpretasi sendiri. Ga suka ga usah di buka . Dusun!

    ReplyDelete
  48. heh, kok asal ngomong sih

    ReplyDelete
  49. Pengn kulIiah tp gx puny Biaya.........
    Nasib”


    ReplyDelete
  50. asekk,,kmpusq msuk dlm 10 bsar,,,,ksatria Airlangga....excelence with morality,,,,

    ReplyDelete
  51. All.. Biasa aja donk
    Bener tuh yg bilang dusun
    10 kampus terbaik diatas emank sangat bgs. Tp smua tergantung masing" individu, tp kalo bacodnya cem pasar gak mutu gini ni yg buat dongok. Kalo bermutu mending. =))нåнåнå=))rajin" ke kampus ya biar gak cacad tu bacod :P

    ReplyDelete
    Replies
    1. Mau orangnya pinter tapi kalo dari bsi ya susah juga buuu

      Delete
  52. I think, petra christian university worth going to the top 10 universities.

    ReplyDelete
  53. Setujuuuuu
    Dan saya rasa, bahwa universitas favorit tidak menjamin kualitas mahasiswanya. Semuanya berbalik pada diri kita sendiri! Niat gaaakkk buat blajar!

    ReplyDelete
    Replies
    1. Masuk (orang2 pilihan dari seleksi yang ketat, berkualitas) ==> Proses kuliah (di universitas berkualitas, fasilitas berkualitas, dosen2 berkualitas) ==> keluar (tidak mudah, harus dengan karya yang berkualitas) ==> hasil (berkualitaslah!)

      Delete
  54. UGM 2013. Yeah!!! :D

    ReplyDelete
  55. Yang milih UGM banyak juga ternyata, jadi minder.

    ReplyDelete
  56. universitas Indonesia,, Ya Allah semoga aku bisa kuliah di Universitas tersebut, Aamiin

    ReplyDelete
  57. Semoga tahun ini mendapat PTN yang terbaik! Amiin..

    ReplyDelete
  58. walau sekarang jabatanku full ibu RT, tapi bangga juga sih bisa sempat kuliah di PT peringkat dua.. hehehe..

    kapan2 kunjungi blog ku ya di:
    http://unduhbeasiswa.blogspot.com

    thanks..

    ReplyDelete
  59. Yang penting kuliah nya bner,percuma kuliah bagus tp lulusannya jd seorang kacung.

    ReplyDelete
  60. koq universitas di daerahku nggak termasuk ya

    ReplyDelete
    Replies
    1. Daerah antah berantah ya mba?

      Delete
  61. ehm setuju sih hahahaha tapi jangan lupa sama trisakti 2 dari 10 CEO terbaik Indonesia lulusan trisakti...
    bisa juga di cek CEO Petrokimia gresik, United Tractors, toyota astra indonesia, PGN, Pertamina Retail, Angkasa Pura 2, Jasa Marga itu direktur nya dari trisakti semua loh bro hahaha

    ini diantaranya :

    http://www.facebook.com/photo.php?fbid=10151342851263865&set=a.63128048864.60348.49895888864&type=1&relevant_count=1

    http://www.facebook.com/photo.php?fbid=10151341276008865&set=a.63128048864.60348.49895888864&type=1&relevant_count=2

    http://hidayat.blog.binusian.org/2009/09/02/top-10-best-ceo-2009fungsina/

    ReplyDelete
    Replies
    1. yang 8 pasti lulusan UGM, UI, ITB :P

      Delete
  62. CHONG HUA(obat kuat) rp.150rb.
    Pembesar Alat Vital Pria rp.150rb.
    Vacum Pembesar penis+oil rp.325rb.
    Viagra USA isi 30pil rp.1jt.
    Cialis England rp.250rb.
    Nangen/Luquan rp.75rb
    rocomil Spray Jerman rp.150rb.
    Perangsang Pria/Wanita rp.125rb.
    Pelangsing/Fatloss rp.150rb
    Penggemuk/Kianpi Pill rp.135rb.
    Peninggi Badan/Grow Up USA rp.190rb.
    Pemutih Wajah/Tensung rp.150rb.
    Cream Perontok Bulu/Hair Removal Cream rp.135rb.
    Cream Penghilang Bekas Luka rp.135rb.
    Cream Pembesar Payudara+vakum payudara rp.325rb.
    Penumbuh Rambut/Hair Tonicum Cair rp.150rb.
    Obat Mata/Gleaming Eyes Pill rp.125rb.
    Pil Perapat Vagina rp.125rb.
    Vagina Getar Ato Elektrik rp.325rb.
    Vagina Bulu Getar Elektrik rp.350rb.
    Vagina Getar Goyang Suara Rintih rp.400rb.
    Penis Mutiara Getar Goyang rp.400rb.
    Penis Getar Goyang Maju Mundur rp.400rb.
    Penis Getar Goyang Berotot rp.325rb.
    Penis Tekuk Manual rp.250rb.

    KONSULTASI ONLINE 24 JAM HP. 0822.7171.4242 (HARGA PROMOSI!)
    A-SIONG Jogja Center.
    Jl. Magelang Km. 5 No. 119 (utara TVRI)Tlp. (0274) 6906633
    Jl. Kebun raya No. 17 (depan bonbin gembiraloka)Tlp. (0274) 6500063

    atau kunjungi webset kami.
    http://www.vimaximport.com/

    ReplyDelete
  63. Horee UNAIR masuk 10 besar :))

    ReplyDelete
  64. Negeri yg terkenal emang lebih bagus macam UI,UGM,ITB,IPB,UNAIR,UNPAD dll.tp Swasta jg ada yg bagus kok tp mahal macam Tarumanagara, Atmajaya, Trisakti, UPH, Parahyangan, STT Telkom, dll.yg diswasta gak semua bodoh kok.tmnku gak ketrima FKUI akhirnya ambil FK di Univ swasta.tau sendiri kan kuota di UI terbatas.pdhl sbnre dia ketrima di UI jurusan lain (pilihan 2,Matematika).tp berhubung dia pingin dokter ya akhire ambil swasta deh.dan menurutku anak ini meskipun skrg di Swasta.dia gak lebih bodoh dari anak UI.apalagi jika dibandingkan anak UI jurusan yg notabene biasa aja macam Filsafat dll.tp ya orang indonesia sukanya kan menggeneralisasi.makanya gak bisa maju.

    ReplyDelete
  65. Njirr ngiri aja lu yg complain.emang jelas2 univ diatas jadi pilihan orang banyak. Apalagi ui ugn itb top top top! Moga2 gue masuk salah satu dari tiga univ tsb. Itu syp yg bilang gunadarma weeey jgn ngelantur yakali bgt deh

    ReplyDelete
  66. Hmmmm....tidak ada satupun yang membantah bahwa kualitas UGM, UI, ITB sangat bagus, bukan saja secara nasional tapi juga internasional...fokus aja pada program studinya...mau masuk teknik arsitektur, mana yang paling top? Untuk PTN: UGM, ITB, UI...Akuntansi: UGM, UI, UNPAD..Kedokteran:UI, UGM, UNAIR...Teknik Kimia: UGM, ITB, UI...Teknik Mesin: ITB, UGM, UI...Teknik Informatika: ITB, ITS, UI...Sastra Inggris: UGM, UI...Psikologi: UI, UGM, UNPAD....Teknik Sipil: UGM, ITB, ITS...Teknik Fisika: ITB, ITS, UGM....Hukum: UGM, UI, UNDIP....Pertanian: IPB, UGM, UNBRAW...dsb..dsb..maaf untuk yang PTS saya gak ngerti...saya juga dari PTS kok..

    ReplyDelete
  67. UII gak masuk apa2an ini?? Helllooow...UII PTS terakreditasi A dengan nilai tertinggi seantero PTS di Indonesia tercintah...berada posisi 6 di antara PTN dan PTS,,Alumninya gak usah di ragukan lagi sebut saja Mahfud MD mantan ketua MK,Suparman Marzuki ketua KY,Halim Alamsyah Deputi Gubernur BI dan masih buanyak lainnya...

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya iyalah UII dr awal memang jago di hukum & ekonomi kan?? di teknik nya mana?? Cuma t.Industri z kan yg A, industri pun sbnrnya msk rumpun IPS??.,yg lain akreditasi masih pada B jg.. gmn teknik mesin uii, elektro, informatika, MIPA??.,., Tepat sekali mahasiswa yg memilih jurusan rumpun IPS Hukum, ekonomi, industri di UII?? tapi sperti'a agak nyasar mahasiswa yg memilih Teknik Elektro, informatika, apalagi mesin konsentrasinya cuma satu hnya di manufaktur.,,
      FK UII saja hnya bungkus nya saja yg bagus, akreditasi A & memiliki rumah sakit international.. tp lulusannya gimana ?? sudah terdengarkah di RS besar?

      Rektor nya selalu bilang UII a/ kampus nasional, kampus perjuangan, kampus TERTUA no.1 di indonesia., itukan kampus tertua bkn kmpus terbaik, yg tertua belum tentu yang terbaik.,, & yg terbaik itu di smua prodi nya bagus aked:A, Lulusan: bnyk yg sukses diluar negeri, bnyak yg diterima di BUMN, oil,gas,energy company, jd ptinggi" di prusahaan tsb, pnya Prestasi di internasional ga cma hukumnya, tp teknologi dan sainsnya jg.,
      tapi saya salut dengan HUKUM & Ekonomi, hal itu karena sbagian kecil alumninya .. sangat tidak nyasar mahasiswa yg kuliah di UII dgn jurusan itu... perlu di ketahui pejabat" lebih tinggi dr alumni UII jg bnyk dr Univ lain mas... bnyk yg dari UIN jg...

      Masih kah anda dan rektor uii mengatakan UII PTS tertua dgn masud terbaik nilai tertinggi??? rektor cuma membesar-besarkan berita z... maba nya kena tipu,, padahal yg tertua&trbaik cma HUKUM z sama Ekonomi., teknik mesinnya gmn?? baru lahir kemaren taun 2000.

      & UII jg mnurut saya PTS terbaik no.1 dibanding PTS lain se'indonesia hnya di Teknik Arsitekturnya .. teknik itupun mnurut saya bkn rumpun IPA tp lbih ke seni.. sangat tepat milih arsitetktur di PTS ini diantara PTS lain lho y.. jd gx terbaik secara mutlak.

      Delete
    2. Iya iyalah UII dr awal memang jago di hukum & ekonomi kan?? di teknik nya mana?? Cuma t.Industri z kan yg A, industri pun sbnrnya msk rumpun IPS??.,yg lain akreditasi masih pada B jg.. gmn teknik mesin uii, elektro, informatika, MIPA??.,., Tepat sekali mahasiswa yg memilih jurusan rumpun IPS Hukum, ekonomi, industri di UII?? tapi sperti'a agak nyasar mahasiswa yg memilih Teknik Elektro, informatika, apalagi mesin konsentrasinya cuma satu hnya di manufaktur.,,
      FK UII saja hnya bungkus nya saja yg bagus, akreditasi A & memiliki rumah sakit international.. tp lulusannya gimana ?? sudah terdengarkah di RS besar?

      Rektor nya selalu bilang UII a/ kampus nasional, kampus perjuangan, kampus TERTUA no.1 di indonesia., itukan kampus tertua bkn kmpus terbaik, yg tertua belum tentu yang terbaik.,, & yg terbaik itu di smua prodi nya bagus aked:A, Lulusan: bnyk yg sukses diluar negeri, bnyak yg diterima di BUMN, oil,gas,energy company, jd ptinggi" di prusahaan tsb, pnya Prestasi di internasional ga cma hukumnya, tp teknologi dan sainsnya jg.,
      tapi saya salut dengan HUKUM & Ekonomi, hal itu karena sbagian kecil alumninya .. sangat tidak nyasar mahasiswa yg kuliah di UII dgn jurusan itu... perlu di ketahui pejabat" lebih tinggi dr alumni UII jg bnyk dr Univ lain mas... bnyk yg dari UIN jg...

      Masih kah anda dan rektor uii mengatakan UII PTS tertua dgn masud terbaik nilai tertinggi??? rektor cuma membesar-besarkan berita z... maba nya kena tipu,, padahal yg tertua&trbaik cma HUKUM z sama Ekonomi., teknik mesinnya gmn?? baru lahir kemaren taun 2000.

      & UII jg mnurut saya PTS terbaik no.1 dibanding PTS lain se'indonesia hnya di Teknik Arsitekturnya .. teknik itupun mnurut saya bkn rumpun IPA tp lbih ke seni.. sangat tepat milih arsitetktur di PTS ini diantara PTS lain lho y.. jd gx terbaik secara mutlak.

      Delete
    3. Ah...masa sik,,itu hanya persaan anda saja..
      baca dulu banyakan refrensi anda kalo mau berpendapat ya...
      saya jawab argumen anda ttg F.Kedokteran,Informatika,MIPA

      lihat akreditasi di BAN PT seluruh jurusan hampir 65% yang terakreditasi "A"

      ini hanya sedikit refrensi
      >Ilmu kimia akreditasi baru dan sekarang mengantongi akreditasi A dan tertinggi:
      http://www.uii.ac.id/content/view/2524/257/

      >T.Informatika belum terakreditasi A tetapi terbaik TOP 5: http://edukasi.kompas.com/read/2013/05/13/11503040/5.kampus.dengan.jurusan.ilmu.komputer.terbaik.di.indonesia

      >Kedokteran FK UII: FK termuda yang terakreditasi A jadi maklum,,FK untuk terakreditasi A seperi UNAIR,UI,UNPAD,UGM maklum terakreditasi A dan alumninya sudah cukup diperhitungkan karena eksistensinya sudah lebih dari setengah abad.

      F.Hukum & F. Ekonomi (tidak usah ditanyakan lagi)

      Note:
      >Anda bilang kena Tipu? siapa yang menipu? kalo ngomong tuh dipikir dulu ya? jangan asal Jeplak...
      >Emang pejabat alumni dari UIN siapa??seberapa penting?

      Delete
  68. This comment has been removed by the author.

    ReplyDelete
    Replies
    1. This comment has been removed by the author.

      Delete
  69. menurut ane semua yg terbaik tu relatif y gan..trgantung ama keniatan&nasip kuliah agan&aganwati semua..
    temen ane ada yg kuliah di politeknik negeri malang, blum TA dah ketrima kerja di chevron..sedang ada temen ane yg laen di ITS, dah lulus masi blm kerja sampai skarang
    jadi gak semua yg terbaik bs dijalani dengan mulus gan.,...
    intinya 'choose one corner&be the best in that corner'

    ReplyDelete
  70. Kok pada ribut sih. Saya lulusan fakultas sospol ITB aja hak sombong....

    ReplyDelete