Sunday, April 1, 2012

10 Gelandang Terbaik Manchester United

Arham Vhy - Manchester United memiliki pemain berkualitas lini tengah atau biasa disebut dengan sektor gelandang. Dalam sepak bola, tim yang mengusai lebih banyak bola di lapangan tengah biasanya keluar sebagai pemenang. Inilah salah satu alasan mungkin untuk Setan Merah memenangkan 19 titel Liga Inggris dari tim lain. United memiliki beberapa gelandang terbaik dunia yang telah menjadi legenda. Berikut adalah 10 Gelandang Terbaik Manchester United.

1. Steve Coppell

Steve Coppell

Steve Coppell adalah salah satu pemain MU paling menonjol di masa akhir 70-an dan awal 80-an. Pemain sayap kanan ini memegang rekor (di MU) bermain pada 206 pertandingan berturut-turut, rekor yang belum terpecahkan sampai sekarang dan mungkin akan sulit dipecahkan oleh pemain manapun karena di masa sekarang hampir semua tim menerapkan sistem rotasi pemain.

2. Paddy Crerand

Paddy Crerand

Paddy adalah pemain keturunan Irlandia yang lahir di Glasgow, Scotland. Tanggalnya 19 Februari 1939. Beliau saat ini sudah berumur 70 tahun. Sebelum bermain untuk MU, Paddy adalah pemain Celtic selama 6 tahun, mulai 1957 sampai 1963. Dari 120 penampilannya, Paddy mencetak 5 gol.Paddy memulai karir di MU bertepatan dengan peringatan Munich Air Disaster yang ke 5, tanggal 6 February 1963. Debutnya melawan Blackpool yang berakhir dengan skor 1-1 di Old Trafford.

Paddy Crerand bermain di Manchester United mulai tahun 1963 - 1971 dengan total 397 penampilan di semua kompetisi dengan 15 gol. Sebagai seorang midfielder, dia dikenal karena keberaniannya serta jago tackling dan semakin komplit dengan passing - passingnya yang akurat dan mahir menciptakan peluang - peluang bagi penyerang MU saat itu seperti George Best dan Bobby Charlton. Bersama MU, Paddy berhasil memenangkan Piala FA tahun 1963 serta Piala Champion tahun 1968.

3. Nobby Stiles

Nobby Stiles

Nobby Stiles, putra asli Manchester kelahiran Collyhurst 18 May 1942 ini memulai debutnya pada Oktober 1960 melawan Bolton Wanderers. Meski baru barusia 18 tahun, penampilannya membuat Matt Busby sangat terkesan hingga menurunkannya dalam 31 pertandingan di musim itu.

Pada awal-awal karirnya, setiap sebelum bertanding Matt Busby selalu memberikan sebuah instruksi sederhana kepadanya, “Norrie, pastikan lawanmu tahu kalau kau ada di sana dalam 5 menit pertama”. Nasihat itu benar-benar dijalankannya sehingga Nobby terkenal sebagai pemain tanpa kompromi dengan tackling keras yang mampu mendobrak permainan lawan, namun juga dilengkapi dengan passing dan kreativitas yang memadai sehingga kerap memberikan umpan-umpan matang untuk lini depan United yang ditempati “Holy Trinity” Bobby Charlton, Denis Law, dan George Best. Ia turut membantu United menjadi juara Liga Inggris tahun 1965 dan 1967.

4. Cristiano Ronaldo

Cristiano Ronaldo

Cristiano Ronaldo dos Santos Aveiro (lahir di Funchal, Madeira, Portugal, 5 Februari 1985; umur 25 tahun) adalah seorang pemain sepak bola asal Portugal. Ia dikenal sebagai pemain sayap dari Manchester United dari 2003-2009 sebelum pindah ke Real Madrid pada 1 Juli 2009 dengan memecahkan rekor transfer sebesar 80 juta poundsterling menjadikannya sebagai pemain termahal dalam sejarah sepak bola. Ia biasa bermain sebagai sayap kiri atau kanan serta penyerang tengah. Ia mulai dipanggil ke Timnas Portugal sejak tahun 2003.

5. David Beckham

David Beckham

David Robert Joseph Beckham (lahir di Leytonstone, London, 2 Mei 1975; umur 35 tahun) adalah seorang pesepak bola Inggris yang sejak 1 Juli 2007 memperkuat LA Galaxy di Major League Soccer di Amerika Serikat. Sebelumnya ia pernah bermain di Manchester United dan Real Madrid. Ia memulai karier sepak bolanya di akademi sepak bola milik Manchester United. Beckham mahir dalam umpan silang dan tendangan bebas melengkung, kemampuan yang mirip dengan rekan setimnya di AC Milan, Andrea Pirlo yang juga mahir tendangan bebas. Istrinya adalah Victoria Beckham, mantan personil grup musik Spice Girls.

6. Bryan Robson

Bryan Robson

Bryan Robson Adalah salah satu pemain terhebat di lapangan tengah united. Ia mampu menyesuaikan diri dengan cepat, menggantikan mentornya Ray Wilkins sebagai kapten United. Selain itu Robson adalah seorang motivator handal, memiliki stamina -yang sepertinya- tidak terbatas, kreativitas tinggi, tackling sempurna, kecepatan, tembakan keras, dan bagus di udara. Pada masa jayanya ia adalah pemain paling lengkap yang dimiliki United.

7. Roy Keane

Roy Keane

Roy Keane adalah salah satu dari sedikit pemain yang benar-benar berhasil mewujudkan semangat membara yang dilambangkan Manchester United, di dalam dan di luar lapangan. Sir Alex Ferguson menyebutnya sebagai pemain terbaik yang pernah bekerja dengannya. Ia adalah tipe pemain tengah yang lengkap, pemimpin ideal United, dengan kualitas passing, tackling, kreativitas, posisional, dan stamina yang tak ada habisnya.

Pemandangan Roy Keane memimpin dan menjaga seluruh jengkal wilayah United identik dengan Manchester United era 90-an. Ia juga tidak pernah ragu untuk mengungkapkan pendapatnya, terutama bila rekan-rekannya tidak menunjukkan performa setinggi yang diharapkannya. Ia memimpin United memenangkan 7 kejuaraan Liga Inggris, 1 Piala Champions, 1 Piala Inter-Continental, 1 Piala Super Eropa, 4 Piala FA, dan 4 Community Shield.

8. Ryan Giggs

Ryan Giggs

Ryan Giggs (lahir dengan nama Ryan Joseph Giggs - lahir di Cardiff, Wales, Inggris, 29 Desember 1973; umur 36 tahun) adalah seorang pemain sepak bola Wales. Ia merupakan salah satu pemain sayap terbaik sepanjang sejarah dan juga dikenal karena loyalitas di Manchester United.

9. Paul Scholes

Paul Scholes

Paul Scholes Adalah geladang yang pendiam. Ia berada di posisi ke-4 dalam rekor penampilan terbanyak dan di posisi ke-12 untuk pencetak gol terbanyak sepanjang sejarah United. Rekor itu masih sangat mungkin diperbaikinya karena ia masih bermain sampai sekarang. Apapun yang terjadi, tidak ada satu orang pun yang bisa menyangkal Paul Scholes adalah salah satu pemain terbaik yang pernah dimiliki Manchester United.

10. George Best

George Best

George Best akan selalu dikenang fans United sebagai salah satu pemain terhebat yang pernah bermain di Old Trafford. Ini dibuktikan dengan applause luar biasa yang diberikan pada pertandingan memperingati kematiannya tahun 2005 melawan West Ham United. Dia pasti bangga akan permainan anak-anak United saat itu, terlebih karena gol kemenangan United dicetak oleh rekan senegaranya, John O’Shea.

Baca :
10 Kiper Terbaik Manchester United
10 Defender Terbaik Manchester United
10 Winger Terbaik Manchester United
10 Striker Terbaik Manchester United

Follow twitter @arhamvhy dan gabung komunitas Arham Vhy di facebook.
Download aplikasi Arham Vhy untuk Android. Gratis!

3 Comments so far

  1. Makasih Sharingnya, saya jadi lebih tau tentang MU

    ReplyDelete
  2. cristiano ronaldo dan david backham menurutku adalah yang paling terbaik sepanjang sejarah perjalanan Manchester United, tapi sekarang 2 legenda hidup itu telah hengkang dari MU

    ReplyDelete
  3. yang paling dikenal dalam masanya ya CR7 dan Beckam, :)

    ReplyDelete