Thursday, April 12, 2012

10 Fakta Menarik Tentang Nokia



Arham Vhy - Sebagai salah satu produsen telepon seluler atau mobile phone, Nokia adalah salah satu produk favorit dan terlaris terutama di negara kita Indonesia. Jadi saya yakin semuanya sudah mengenal dan mengetahui bahkan memiliki ponsel yang simple (baca: mudah digunakan) ini.

Tapi walau demikian mungkin tidak semuanya mengenal apa itu Nokia, seperti hal yang satu ini, ternyata ada beberapa fakta terkait ponsel Nokia. Anda mau tahu? ini dia 10 fakta mengenai Nokia:

1. “Nokia tune” sebenarnya didasarkan pada sebuah lagu karya abad ke-19 Bernama “Gran Vals” Dibuat Spanyol musisi Francisco Tarrega. Nokia Tune awalnya Bernama “Grande Valse” pada ponsel Nokia tetapi berubah menjadi “Nokia Tune” sekitar tahun 1998 ketika menjadi begitu disebut bahwa Orang-Orang mengenalnya sebagai “Nokia Tune.”

2. Kartu GSM komersial pertama di dunia dibuat pada tahun 1991 di Helsinki melalui jaringan yang disediakan Nokia, oleh Perdana Menteri Finlandia Harri Holkeri, menggunakan ponsel Nokia.

3. Nokia saat ini produsen kamera digital terbesar di dunia, sebagai penjualan ponsel berkamera yang mobile telah melebihi orang-orang dari setiap produsen kamera konvensional.

4. Nada “Special” dering yang tersedia bagi pengguna ponsel Nokia ketika menerima SMS (pesan teks) sebenarnya adalah kode morse untuk “SMS”. Demikian pula, “Ascending” nada SMS adalah kode morse untuk “Connecting People,” slogan Nokia. kemudian, nada “Standar” SMS adalah kode nada morse untuk “M” (Message).

5. Font Nokia perusahaan (typeface) adalah AgfaMonotype Nokia Sans font, awalnya dirancang oleh Eric Spiekermann.

6. Di Asia, angka 4 tidak pernah digunakan pada setiap tipe ponsel Nokia, karena 4 dianggap sial di banyak bagian Tenggara / Asia Timur.

7. Nokia tercatat sebagai 20 perusahaan yang paling dikagumi di seluruh dunia di Fortune List 2006 (1 dalam jaringan komunikasi, perusahaan non-AS 4).

8. Tidak seperti handset modern, ponsel Nokia tidak secara otomatis memulai call timer saat dihubungkan, tetapi mulai saat percakapan dimulai. (Kecuali untuk Seri 60 handset berbasis seperti Nokia 6600).

9. Nokia kadang-kadang disebut aikon (Nokia dibaca terbalik) oleh non-pengguna ponsel Nokia dan oleh pengembang mobile software, karena “aikon” dipakai di berbagai paket software SDK, termasuk Nokia sendiri Symbian S60 SDK.

10. Nama kota Nokia berasal dari sungai yang mengalir melalui kota. Sungai itu sendiri, Nokianvirta, dinamai seperti kata lama Finlandia yang berarti cerpelai, cemara pine marten. Sebuah spesies hewan ini, kecil predator berbulu hitam pernah ditemukan di wilayah ini, tetapi sekarang punah.

Fakta-fakta di atas mungkin tidak terlalu penting, namun tidak ada salahnya mengetahui untuk menambah pengetahuan, apalagi anda seorang pengusaha seluler. Jadi semoga bermanfaat untuk anda.(untukku)

Follow twitter @arhamvhy dan gabung komunitas Arham Vhy di facebook.
Download aplikasi Arham Vhy untuk Android. Gratis!

1 Comment so far

  1. nokia memang produk komunikasi yang lebih menonjol daripada yang lain karena mempunyai kelebihan tertentu

    ReplyDelete