Friday, April 13, 2012

10 Fakta Menarik Tentang Microsoft

10 Fakta Menarik Tentang Microsoft

Arham Vhy - Microsoft Corporation (NASDAQ: MSFT, didirikan 1975), berkantor pusat di Redmond, Washington, Amerika Serikat, adalah perusahaan perangkat lunak terbesar di dunia. Microsoft mengembangkan, membuat, melisensikan dan mendukung beragam jenis produk software untuk berbagai peralatan perkomputeran.

Produknya yang paling terkenal adalah kelompok sistem operasi Microsoft Windows, yang telah ada di mana-mana dalam pasar komputer desktop. Inilah fakta-fakta yang menarik seputar perusahaan software terbesar di dunia. Berikut ini 10 Fakta Menarik Tentang Microsoft

1. Penyebutan awal Microsoft
Nama Microsoft pertama sekali digunakan pada 29 November 1975 dalam sebuah surat dari Bill Gates yang ditujukan kepada rekannya sesama pendiri Microsoft, Paul Allen. Namun saat itu namanya ditulis sebagai Microsoft. Registered brand ini resmi menjadi nama perusahaan setahun kemudian, yaitu pada tanggal 26 November 1976.

2. iPod dan Google Dilarang!

CEO Microsoft, Steve Balmer, memaksa anak-anaknya untuk menggunakan produk-produk Microsoft. Dalam sebuah interview dengan stasiun TV CNN, ia pernah mengatakan bahwa dalam banyak hal, anak-anaknya sangat keras kepala seperti anak-anaknya sangat keras kepala seperti anak-anak lainnya. Namun, paling tidak ia dapat menanamkan sebuah aturan kepada mereka untuk tidak menggunakan Google maupun iPod.

3. Microsoft dalam Angka (Bagian 1)
Saat ini, Microsoft memperkerjakan sebanyak 95.828 orang di seluruh dunia. Rata-rata umur mereka 37 tahun. Di Amerika saja, sekitar 74,7 persen di antaranya adalah pria. Microsoft memiliki 88 properti gedung seluas 1.121.739,83 meter persegi.

4. Ekslusif untuk Mac:Office Pertama
Microsoft Office versi pertama muncul pada tahun 1989. Paket yang ditawarkan masih dalam format disket atau CD-ROM dan hanya untuk sistem operasi Mac OS saja. Versi Windows dari Word, Excel, dan PowerPoint kemudian ditawarkan pada tahun 1990.

5. Windows Sound Eksklusif
Startup Sound untuk Windows 95 ditulis oleh komponis Brian Eno. Untuk membuat sound tersebut, ia menggunakan alat bantu Apple Macintosh. Sementara, sound lainnya untuk Vista dibuat oleh Robert Fripp, mantan gitaris band King Crimson.

6. Microsoft dalam Angka (Bagian II)

Microsoft Dining Service merupakan katering yang melayani para pegawai Microsoft di Redmond. Departemen ini setiap hari menyediakan 2.200 potong pizza. Setiap tahunnya, pegawai di Microsoft mengonsumsi hampir 4 juta kotak susu,7 juta lusin air mineral, dan hampir 2 juta teh celup.

7. Sudah Bekerja Lebih Dari 12.000 Hari di Microsoft
Bill Gates bekerja pada perusahaan yang didirikannya mulai dari tanggal 4 April 1975 sampai dengan 27 Juni 2008. Itu berarti, sudah 12.319 hari, termasuk hari libur dan weekend.

8. Nenek Moyang Windows
Sistem operasi Microsoft pertama bernama Xenix. Turunan Unix ini muncul di pasaran pada 25 Agustus 1980. Bill Gates mengharapkan Xenix menjadi sistem operasi standar untuk PC, namun kenyataannya tidak. Untuk mengoperasikan Xenix, diperlukan sebuah hard disk dan RAM sebesar 256 KByte. Sementara, IBM PC dahulu maksimal memiliki RAM sebesar 64 KByte dan hard disk masih terlalu mahal karena harganya mecapai ribuan dolar.

9. Tombol Save yang Keliru
Gambar icon "Save" dalam semua program Office sebelum versi 2003 adalah salah. Slot penutup disket digambarkan pada posisi yang salah.

10. 16 Miliar Data per Tabel Excel
Excel 2007 dapat mengelola tabel yang berisi data sampai dengan 16.000 kolom dan satu juta baris. Jumlah ini sama dengan 16.000.000.000 dataset.

Follow twitter @arhamvhy dan gabung komunitas Arham Vhy di facebook.
Download aplikasi Arham Vhy untuk Android. Gratis!

2 Comments so far