Tuesday, April 10, 2012

10 Fakta Menarik Tentang Film Titanic



Arham Vhy - Pada 1997 lalu, sutradara James Cameron sukses mencuri perhatian lewat film 'Titanic'. Kini, film yang diangkat dari kisah nyata tenggelamnya RMS Titanic tersebut kembali hadir di layar bioskop dalam versi tiga dimensi (3D).

Film 'Titanic 3D' telah dirilis di sejumlah negara pada 4 April 2012, bersamaan dengan peringatan 100 tahun tenggelamnya kapal RMS. Saat diputar 15 tahun lalu, film 'Titanic' memang sukses merajai tangga box office di seluruh dunia selama beberapa bulan.

Film ini melambungkan karier dua pemeran utamanya, yakni Leonardo DiCaprio dan Kate Winslet. Selain itu, film 'Titanic' sukses mengantongi 11 Piala Oscar dan meraih keuntungan lebih dari US$1,8 miliar di seluruh dunia. Baru-baru ini, sang sutradara, James Cameron, dan sang aktris, Kate Winslet membeberkan beberapa fakta menarik seputar film 'Titanic' kepada People:

1. Leonardo DiCaprio nyaris melewatkan peran Jack Dawson.
Siapa sangka jika Leonardo DiCaprio nyaris melewatkan peran besar. Saat ditawari peran sebagai Jack Dawson, aktor kelahiran 11 November 1974 itu sempat menolak. Alasannya, karakter Jack Dawson dianggap tradisional dan romantis.

"Karakternya tidak mengalami siksaan, dan selama kariernya, Leo selalu mencari awan gelap," ujar Cameron.

Sang sutradara pun akhirnya berusaha membujuk DiCaprio untuk terlibat dalam film garapannya. "Menjadi tugas saya meyakinkannya bahwa itu adalah sebuah tantangan untuk melakukan apa yang pernah dikerjakan Gregory Peck dan Jimmy Stewart dalam generasi sebelumnya, untuk berdiri di sana dan menjadi kuat serta mempertahankan pandangan penonton tanpa terlihat berbuat banyak," kata sutradara yang juga sukses membesut film 'Avatar' ini.

2. Air yang digunakan untuk syuting ternyata cukup hangat.
Cameron mengakui bahwa syuting film 'Titanic' selama tujuh bulan berlangsung dengan penuh semangat. Namun, ia juga menyatakan bahwa adegan saat DiCaprio dan Winslet berada di dalam air tidak sesulit seperti yang terlihat di film.

"Suhu air di dalam tangki sekitar 80 derajat (Fahrenheitt atau 26,7 derajat Celsius), jadi itu seperti kolam renang," ujarnya.

Cameron pun menjelaskan, napas kedinginan tokoh Jack dan Rose dalam film tersebut ditambahkan kemudian. Lantas bagaimana dengan kabar bahwa Cameron melarang seluruh aktor dan aktris meninggalkan tangki air selama berjam-jam, bahkan untuk pergi ke kamar mandi?

"Semua orang bisa ke toilet, tetapi mereka diminta untuk tidak masuk ke dalam tangki--yang saya kira itu terjadi!"

3. Kate Winslet dan Leonardo DiCaprio mengalami kesulitan saat harus menonton film 'Titanic' saat ini.
Kate Winslet mengungkapkan, aksen Amerika yang ia perlihatkan di film 'Titanic' sungguh mengerikan. Meski demikian, ia mengaku banyak mengambil pelajaran berharga dan berharap bisa menggunakan pengetahuan yang dimilikinya saat ini untuk dituangkan dalam film tersebut.

"Saya berharap bisa membawa seluruh pengetahuan yang saya miliki saat ini ke dalamnya," ujar Winslet.

Sementara itu DiCaprio justru tak bisa menahan tawa saat menyaksikan potongan adegan film 'Titanic' bersama dengan James Cameron.

"Saya baru bertemu dengan Leo beberapa bulan lalu dan saya memperlihatkan film Titanic yang telah dikonversi ke 3D selama 18 menit," ujar Cameron.

Ia menambahkan, "Kami mengalami nostalgia yang asyik dan tentu saja ia terbahak-bahak melihat betapa seperti anak-anaknya dia di film tersebut."

4. Kate Winslet harus mencukur bulu tangannya di tengah syuting.
Dalam film 'Titanic' terdapat adegan di mana karakter yang diperankan Winslet harus melompat ke sebuah kapal. Saat itu karakter Leo harusnya memegang tangan Winslet.

"Karena Jim fokus mengambil bagian tersebut, lampu menangkap seluruh bulu kecil di tangan saya," ujar Winslet.

"Ia lalu mengatakan,' Baiklah, kita harus mencukur tanganmu.' Jadi kami harus menghentikan syuting dan penata rias memiliki pencukur serta busa untuk mencukur. Itu sangat lucu. Saya sangat mengingatnya," ucap Winslet menambahkan.

5. Leonardo DiCaprio dan Kate Winslet langsung cocok.
"Mereka sangat akrab dan sedikit bergantung satu sama lain," ujar James Cameron mengenang DiCaprio dan Winslet muda.

Meski mengatakan bahwa DiCaprio tampak kekanak-kanakan, namun Winslet mengakui bahwa sang aktor selalu berusaha untuk menjaganya.

"Ketika pada akhirnya kami melakukan syuting di dalam air, Leo mengantongi sertifikat penyelam saat itu dan saya tidak," ujarnya. "Ia benar-benar menjaga saya. Ia benar-benar hebat--ia tidak akan meninggalkan saya."

6. Scene lukis-melukis ternyata scene yang pertama mereka shoot
Karena James Cameron manfaatin suasana nervous Kate Winslet dan Leonardo DiCaprio, secara mereka masih muda banged di film itu dan baru kenal.

7. Sketsa lukisan karya tangan James Cameroon
Semua sketsa lukisan hitam putih itu emang asli hasil buah karya James Cameron sendiri, dan adegan Jack melukis di close-up tangannya itu, ternyata tangan James Cameron. Makanya tangannya keriput.

8. Syuting film di bangkai kapal Titanic
Ada beberapa scene di awal film yang beneran mereka shoot di bangkai kapal Titanic. Pada 2010 lalu, James mengatakan bahwa alasan sebenarnya dia ingin membuat film itu adalah agar dia bisa merekam reruntuhan kapal Titanic yang sebenarnya.

9. Soundtrack film Titanic yang meraih Oscar
Penyanyi baru, Enya menolak kesempatan untuk menyanyikan soundtrack dari film tersebut. Pekerjaan itu kemudian diberikan kepada komposer Jack Horner. Soundtrack film itu yang berjudul "My Heart Will Go On" merupakan lagu pertama dari film non-musikal yang berhasil meraih Oscar.

10. Quote dari Survivor Titanic
Ketika Jack berusaha menahan Rose bunuh diri dan berkata "being stabbed with a thousand knives all over your body", itu merupakan Quote dari Survivor Titanic yang menjeaskan betapa dinginnya air di lautan Atlantik Utara.

Follow twitter @arhamvhy dan gabung komunitas Arham Vhy di facebook.
Download aplikasi Arham Vhy untuk Android. Gratis!

Be the first to comment!

Post a Comment