Wednesday, March 21, 2012

10 Kota Paling Besar di Indonesia

Arham Vhy - Kita sebagai masyarakat Indonesia sendiri seharusnya tahu apa saja kota besar yang ada di Indonesia. Kota manakah yang merupakan kota terbesar di Indonesia? Berikut adalah 10 Kota terbesar di Indonesia. Baca juga 10 Kota Paling Kecil di Indonesia.

10. Banjarmasin, Kalimantan Selatan



Banjarmasin merupakan kota terbesar di provinsi Kalimantan Selatan, sekaligus di pulau Kalimantan. Ibukota Kalimantan Selatan ini merupakan salah satu kota besar yang ada di Indonesia. Salah satu tempat wisata unik dari kota ini adalah Pasar Terapung, dimana para penjual dan pembeli melakukan transaksi diatas sampan yang mengapung di sungai Barito. Banjarmasin berjumlah penduduk sebanyak 589.115 jiwa, memiliki luas sekitar 74 km2, dan memiliki kepadatan penduduk sekitar 8.182 jiwa/km2. 

9. Batam, Kepulauan Riau



Batam merupakan kota terbesar di provinsi Kepulauan Riau. Kota ini merupakan kota industri terbesar di Indonesia. Batam juga mendapatkan rekor sebagai kota dengan perkembangan tercepat di Indonesia. Letaknya berdekatan dengan negara tetangga, Singapura. Batam berjumlah penduduk sebanyak 1,025,044 jiwa, memiliki luas sekitar 715 km2, dan memiliki kepadatan penduduk sekitar 862 jiwa/km2.

8. Pekanbaru, Riau



Pekanbaru merupakan ibukota, sekaligus kota terbesar di Riau. Kota yang memiliki motto 'Kota Bertuah' ini merupakan salah satu kota terbersih dan terkaya di Indonesia. Pekanbaru berjumlah penduduk sebanyak 717,618 jiwa, memiliki luas sekitar 633.01 km2, dan memiliki kepadatan penduduk sekitar 1,134 jiwa/km2. 

7. Palembang, Sumatera Selatan



Palembang merupakan ibukota provinsi Sumatera Selatan. Kota ini merupakan kota terbesar di Sumatera Selatan, dan merupakan kota terbesar kedua di pulau Sumatera setelah Medan. Dulu, kota ini sempat menjadi ibukota kerajaan Sriwijaya. Namun ibukota kerajaan Sriwijaya dipindahkan ke Jambi setelah terjadi serangan oleh Raja Cholamandala. Sekarang kota ini merupakan salah satu kota tersibuk di Indonesia. Setiap harinya selama 24 jam, kendaraan bermotor melintasi ikon kota Palembang, Jembatan Ampera. Kapal, sampan, dan ketek juga melintasi Sungai Musi yang membelah kota ini setiap harinya. Maka dari itu, kota ini mendapatkan julukan 'Venice Van Sumatra'. Palembang berjumlah penduduk sebanyak 1,342,258 jiwa, memiliki luas sekitar 400.61 km2, dan memiliki kepadatan penduduk sekitar 3,351 jiwa/km2.

6. Makassar, Sulawesi Selatan



Makassar merupakan ibukota dan kota terbesar di provinsi Sulawesi Selatan. Kota yang dulunya memiliki nama Ujung Pandang ini merupakan kota terbesar di Sulawesi, serta sebagai gerbang menuju Indonesia Timur. Di kota ini, terdapat taman rekreasi indoor terbesar di Indonesia, yang bernama Trans Studio. Taman rekreasi ini juga merupakan taman rekreasi indoor terbesar di Asia Tenggara, dan juga taman rekreasi terbesar ketiga di dunia. Makassar berjumlah penduduk sebanyak 1,194,583 jiwa, memiliki luas sekitar 199.26 km2, dan memiliki kepadatan penduduk sekitar 5,995 jiwa/km2.

5. Semarang, Jawa Tengah



Ibukota Jawa Tengah ini merupakan salah satu kota terbesar di Indonesia. Kota yang penduduknya sebagian besar adalah suku Jawa dan Cina ini berjumlah penduduk sebanyak 1,438,733 jiwa, memiliki luas 373.67 km2, dan memiliki kepadatan penduduk sekitar 3,850 jiwa/km2. Semarang merupakan salah satu kota yang unik di Indonesia. Berbagai bentuk alam terdapat di kota ini, seperti perbukitan, pantai, pegunungan, dan lain-lain. Kota ini merupakan salah satu kota peninggalan Belanda terpenting di Indonesia. Buktinya, banyak bangunan-bangunan, sekolah, dan rumah sakit bergaya Belanda ditemukan di kota ini.

4. Bandung, Jawa Barat



Nah, siapa yang tidak tahu dengan kota ini. Kota yang trademark nya sebagai kota fashion ini ternyata merupakan salah satu kota terbesar di Indonesia, lho! Bandung memiliki banyak julukan, seperti 'Kota Kembang', 'Paris Van Java', 'Parijs Van Java', 'Kota Pelajar', 'Kota Wisata', dan masih banyak lagi. Kota ini sudah terkenal menjadi tempat wisata sejak tahun 1930-an. Bandung berjumlah penduduk sekitar 2,288,570 jiwa, memiliki luas 16

3. Medan, Sumatera Utara



Horas . . . ! Itulah kata yang biasa disebut-sebut oleh warga di kota ini. Kota terbesar di Sumatera dan wilayah Malaka ini merupakan rumah bagi 2,029,797 warganya. Medan memiliki luas 265.10 km2, dan memiliki kepadatan penduduk sekitar 7,657 jiwa/km2. Kota ini merupakan tempat pertemuan dan tukar pikiran antara orang-orang Batak, Melayu, Cina dan India. Di dekat kota ini, terdapat Danau Toba, danau terbesar di Indonesia. Para ilmuwan percaya danau ini terbentuk dari letusan gunung yang sangat dahsyat sekitar 10,000 tahun yang lalu.

2. Surabaya, Jawa Timur



Ini dia kota terbesar kedua di Indonesia. Ibukota Jawa Timur ini merupakan gerbang dan kota terbesar di Indonesia Timur. Selain besar, ramai, dan padat, Surabaya juga merupakan salah satu kota terindah di Indonesia. Di kota ini, taman-taman penghijauan sangat mudah ditemukan. Hampir seluruh jalanan di kota ini ditumbuhi pepohonan di kanan kirinya. Kota ini berjumlah penduduk 2,611,506 jiwa, memiliki luas wilayah 326.37 km2, dan memiliki kepadatan penduduk sekitar 8,002 jiwa/km2. Surabaya juga merupakan salah satu kota ternyaman di Indonesia. Temenan, rek . . .

1. Jakarta, DKI Jakarta



Nah ini dia kota terbesar di Indonesia. Bukan hanya sekadar ibukota politik Indonesia, Jakarta juga merupakan ibukota ekonomi dan finansial Bumi Pertiwi ini. Jakarta merupakan kota terbesar di Asia Tenggara, dan merupakan kota terbesar keenam di dunia. Jakarta berjumlah penduduk 9,580,000 jiwa, memiliki luas 740.28 km2, dan memiliki kepadatan penduduk sekitar 14,464.08 jiwa/km2. Kota ini merupakan salah satu kota terpadat di dunia. Jakarta pun telah menjadi salah satu tempat wisata yang paling menarik di Indonesia.

Baca :

10 Kota Paling Aman di Indonesia
10 Kota Paling Indah di Indonesia

Follow twitter @arhamvhy dan gabung komunitas Arham Vhy di facebook.
Download aplikasi Arham Vhy untuk Android. Gratis!

56 Comments so far

  1. Waah keren nih. Baru tahu :)
    Nice Post Gan. Mungkin kedepan aku bisa buat rencana markeitng dari artikel ini. Thanks y Gan :)

    ReplyDelete
  2. Mantappp,,
    Ada 4 kota besar dari sumatera ( bangga dunkz jd org sumatera ), walau kotaku Jambi dak masuk kota besar. Ayoo tambah lg dari sumatra, Lampung dan Padang segera menyusul,,

    ReplyDelete
  3. ada yg slah ni.
    masa banjarmasin kesepuluh, maunya ketujuh
    tp keren juga walapun di kalimantan, tempat tinggalku dahulu hanya satu kota besarnya, kukira balikpapan ikut. tapi di sumatera hebat jg nich, tempat tinggalku skrg ada empat

    ReplyDelete
  4. aku angga hidup dan tinggal di Medan.. masyarakat majemuk, tapi hidup rukun,
    "Aku orang Medan, Truss mau kau apa,..???????!!!!!
    "Horassss,.......

    ReplyDelete
  5. 100 % benar kota ketiga adalah Medan. Buktinya beberapa media nasional menyebut Medan kota terbesar ketiga:

    1. KOMPAS
    2. THE JAKARTA POST
    3. SEPUTAR INDONESIA (SINDO)
    4. TEMPO
    5. MEDIA INDONESIA
    6. THE JAKARTA GLOBE
    7. BISNIS INDONESIA
    8. OKEZONE ( media online)

    Silakan ketik di google "kota terbesar ketiga di indonesia" + masing2 nama media itu. atau "the third largest city in indonesia" untuk The Jakarta Post, atau "the third largest city of medan" untuk The Jakarta Globe.

    Yang muncul pasti Medan bukan Bandung meskipun ada beberapa blog yang menyebutnya ketiga tetapi ternyata tidak satu pun media nasional/resmi menyebut dan mengakuinya sebagai kota terbesaR ketiga bisa dibuktikan. Yang pasti MEDAN ADALAH KOTA TERBESAR KETIGA DI INDONESIA

    ReplyDelete
  6. makasih infonya kapan2 aq bisa jalan

    ReplyDelete
  7. kota surabaya itu kota panas , jarang ada pepohonan . Kok infonya malah sebaliknya ..

    pasti yg nulis orang surabaya .. iyo kan .

    ReplyDelete
    Replies
    1. itu pinggiran kotanya, tapi pusat kotanya kan banyak pohonya ? tapi beneer sih kalo panas

      Delete
  8. Horassssss..........




    Pasti tau donk horas punya orang mana,, aku bangga punya kota medan... Sampe2 di jakarta anak medan tuh pasti terkenal.... Sigarette do mangalului dongan hehehe.... See you ^^

    ReplyDelete
  9. Buat orang Bandung jangan merasa lebih besar dari Medan lah

    ReplyDelete
  10. masa Kota Depok gk ada sih ? Kota Depok tepat berada di selatan Jakarta...penduduknya sekitar 1,9-2 juta orang dan luasnya sekitar 500-600 km2... why ?

    ReplyDelete
  11. untuk yg nyebut-nyebut sumber dr koran lokal yg cuma berbahasa inggris doank! coba cek dulu di wikipedia yg sudah mengglobal. jgn sampai bicara besar duluan tanpa ada fakta yg lebih akurat :-D depok, tangerang, dan bekasi kalo standar kota terbesar dr skala jumlah penduduk pasti masuk 10 besar, kalo dr skala ekonomi beda lagi, terus kalo dr luas wilayah ya pasti palangkaraya juaranya!! jd list kota terbesarnya ini dr aspek mananya??? mohon penjelasannya.

    ReplyDelete
  12. coba baca dulu referensi ini http://id.m.wikipedia.org/wiki/Daftar_kota_di_Indonesia_menurut_jumlah_penduduk

    ReplyDelete
  13. No 10 dan 9 kotanya belum layak masuk 10 besar tuh !

    ReplyDelete
  14. Rasanya 8,9,10 perlu diganti dehh komposisinya. How about Malang, Jogja, Solo, Balikpapan, Denpasar? atau bahkan kota2 sekitar jakarta itu lebih besar dari Makasar dan Palembang loh (Tangerang, Tangerang Selatan, Bekasi, Depok)dengan jumlah penduduk jutaan n ekonomi banjir modal namun selalu gak masuk itungan karena dianggap kota satelit/penyangga Jakarta walaupun sebenernya statusnya juga kota mandiri.

    ReplyDelete
    Replies
    1. ente coba jalani dulu ketiga kota yg ente sebutkan, baru bisa klaim ketiga kota itu layak atau tidak.

      Delete
  15. Rasanya 8,9,10 perlu diganti dehh komposisinya. How about Malang, Jogja, Solo, Balikpapan, Denpasar? atau bahkan kota2 sekitar jakarta itu lebih besar dari Makasar dan Palembang loh (Tangerang, Tangerang Selatan, Bekasi, Depok)dengan jumlah penduduk jutaan n ekonomi banjir modal namun selalu gak masuk itungan karena dianggap kota satelit/penyangga Jakarta walaupun sebenernya statusnya juga kota mandiri.

    ReplyDelete
  16. weleh..! ngene wae kok cokolan..! yg penting urip..! bagimana Indonesia busa maju kalo rakyatnya gak rukun, saling panas, saling menyalahkan satu sama lain..! jadi bosen hidup di negara tercinta ini kalo rakyatnya gak bisa tentrem,,!
    salam,Pujakesuma(putra jawa kelahiran sumatera..! = Medan Horas Kula nuwun...!

    ReplyDelete
  17. kok batam bisa peringkat 9 ?
    Pdhal luasnya 715 km2 .
    hebat ya penghitungannya

    ReplyDelete
  18. bangga medan masuk 3 besar..tp sayang, bbrapa tahun trakhir2 ini plt Gubsu kurang garang dalam merebut jatah dana pembangunan dari pusat.
    bisa2 medan tergeser nih.
    mana nih plt. Gubsu...'garang' dikit kau napa, macam tak di medan kau tinggal lae.

    *bara = batak perantauan

    ReplyDelete
  19. woi romdon !
    belum pernah ke batam ya ?
    lihat dulu batam, baru komentar !

    ReplyDelete
    Replies
    1. Setuju. romdom itu hidupnya seperti katak dalam kondom....hehee....

      Delete
  20. balikpapanya mana om no 10 nya diganti sama balikpapan? sya asalnya dari kaltim dan kalsel.
    nih kota besarnya diliat dari apa kalau dari sungai baru banjarmasin no 10
    aduuuhhhhhh

    ReplyDelete
    Replies
    1. Saya asli Riau. Saya sudah jalani semua kota di jawa dan kalimantan. Banjarmasin memang layak di 10 besar. Kalau Balikpapan itu, pusat keramaiannya hanya disatu titik saja. masih dikisaran urutan 13 atau 14. selevel dengan pontianak. ^__^

      Delete
  21. benar itu kayaknya infonya ngawur untuk peringkat 6 ke atas misalnya padang lebih luar dari pekan baru, padanag lebih luas dari banjaemasin bahkan padang lebih luas dari palembang kotanya yakni 694,96 Km2 bahkan penduduk kota padang jauh lebih banyak dari banjar masin yakni 900 ribu sampai 1 juta lebih banyak dari kota pekanbaru..info yang ng benar

    ReplyDelete
    Replies
    1. Anda seharusnya realistis dan sadar. Bukankah Padang itu beberapa tahun belakang selalu mengalami gempa, yang mengakibatkan banyaknya fasilitas rusak dan pembangunan terhambat, penduduk yang meninggalkan kota dll. Nilai jual pariwisata Padang pun merosot. Padang sudah sangat ketinggalan jauh dari Pekanbaru. Jumlah penduduk Pekanbaru sudah mencapai 1 juta lebih http://en.wikipedia.org/wiki/Pekanbaru , anda malah mau membandingkan dengan Palembang pula.

      Delete
  22. datang dulu..liat pekanbaru nya kami. baru kalian ngomong !!!!!

    ReplyDelete
  23. http://id.wikipedia.org/wiki/Daftar_kota_di_Indonesia_menurut_jumlah_penduduk

    ReplyDelete
  24. Dimanapun di dunia ini faktor utama penentu peringkat kota terbesar adalah Jumlah penduduk dan perekonomian. Setelah itu sebagai tambahan pertimbangan ada infrastruktur, pendidikan, budaya, dll

    Peringkat Perekonomian kota (BERSTATUS KOTA) selama tahun 2012 dalam Triliun rupiah
    1. DKI Jakarta 858 T
    2. Surabaya 205 T
    3. Medan 83 T
    4. Bandung 82 T
    5. Kediri 57 T
    6. Tangerang 56 T
    7. Bontang 53 T
    8. Palembang 52 T
    9. Batam 47 T
    10. Semarang 43 T
    11. Balikpapan 40 T
    12. Makasar 37 T
    13. Pekanbaru 37 T
    14. Bekasi 36 T
    15. Malang 30 T
    16. Padang 25 T
    17. Samarinda 24 T
    18. Cilegon 22 T
    19. Bndar Lampung 19 T
    20. Depok 16 T

    Daftar Kota (BERSTATUS KOTA) Berdasar Jumlah Penduduk berdasarkan sensus 2010 (Dalam Juta Jiwa)
    1. Jakarta 9.61 JT
    2. Surabaya 2.77 JT
    3. Bandung 2.39 JT
    4. Bekasi 2.33 JT
    5. Medan 1.97 JT
    6. Semarang 1.89 JT
    7. Tangerang 1.80 JT
    8. Depok 1.74 JT
    9. Palembang 1.50 JT
    10. Makasar 1.34 JT
    11. Pekanbaru 1.29 JT
    12. Tang. Selatan 1.29 JT
    13. Bogor 0.95 JT
    14. Batam 0.94 JT
    15. Bndr Lampung 0.88 JT
    16. Padang 0.85 JT
    17. Malang 0.82 JT
    18. Denpasar 0.79 JT
    19. Samarinda 0.73 JT
    20. Balikpapan 0.64 JT

    Peringkat indeks kepuasan KOTA paling direkomendasikan dalam berbisnis selama 2012
    1. Batam
    2. Makasar
    3. Surabaya
    4. Malang
    5. Palembang
    6. Pekanbaru
    7. Semarang
    8. Bandung
    9. Kediri
    10. Medan

    Peringkat indeks kepuasan KABUPATEN paling direkomendasikan dalam berbisnis selama 2012
    1. Bogor
    2. Tangerang
    3. Bekasi
    4. Sidoarjo
    5. Kudus
    6. Gresik
    7. Karawang
    8. Bandung
    9. Deli Serdang
    10. Cilacap

    Jadi untuk peringkat kota terbesar, yaa silahkan aja diperingkat sendiri berdasar data yang ada dengan mempertimbangkan berbagai faktor.

    Tapi kalo boleh, peringkat kota terbesar saat ini, menurut saya:
    1. Jakarta
    2. Surabaya
    3. Bandung
    4. Medan
    5. Tangerang
    6. Semarang
    7. Makasar
    8. Palembang
    9. Pekanbaru
    10. Batam

    Piisssslaah juragan semuaa…..heeee….

    ReplyDelete
  25. Untuk peringkat kota terbesar yang jelas, terbesar dari segi apa, misalnya luas, banyaknya penduduk, tingkat keramaian, atau yang lainnya.

    ReplyDelete
  26. bung ROMDON mungkin punya data kota terbesar di Indonesia berdasarkan luas wilayah, berdasarkan data saat ini (tahun 2013)?

    ReplyDelete
  27. Peringkat kota di Indonesia berdasar luas wilayah 2012

    Nomor, Kota, Propinsi, Luas (Km2)
    1. Tidore Kepulauan, Maluku Utara, 9.564,70
    2. Palangka Raya, Kalimantan Tengah, 2.400,00
    3. Dumai, Riau, 2.039,00
    4. Sorong, Papua Barat, 1.105,00
    5. Jayapura, Papua, 940,00
    6. Samarinda, Kalimantan Timur, 718,00
    7. Batam, Kepulauan Riau, 715
    8. Padang, Sumatera Barat, 694,96
    9. Jakarta, DKI Jakarta, 661,52
    10. Pagar Alam, Sumatera Selatan, 633,66
    11. Pekanbaru, Riau, 633,01
    12. Singkawang, Kalimantan Barat, 504,00
    13. Balikpapan, Kalimantan Timur, 503,3
    14. Bontang, Kalimantan Timur, 497,57
    15. Prabumulih, Sumatera Selatan, 434,50
    16. Lubuklinggau, Sumatera Selatan, 401,50
    17. Palembang, Sumatera Selatan, 400,61
    18. Palu, Sulawesi Tengah, 395,06
    19. Semarang, Jawa Tengah, 373,67
    20. Banjarbaru, Kalimantan Selatan, 371,30
    21. Ambon, Maluku, 359,45
    22. Surabaya, Jawa Timur, 326,37
    23. Bitung, Sulawesi Utara, 304,00
    24. Kendari, Sulawesi Tenggara, 295,89
    25. Sawahlunto, Sumatera Barat, 273,45
    26. Medan, Sumatera Utara, 265,10
    27. Langsa, Nanggroe Aceh Darussalam, 262,41
    28. Ternate, Maluku Utara, 250,85
    29. Tarakan, Kalimantan Timur, 250,80
    30. Bima, Nusa Tenggara Barat, 222,25

    kalo kota terbesar didasarkan pada luas wilayah kayaknya malah jadi "ajaib" deh gan, kan lucu banget kalo dikatakan kota Tidore, Palangka Raya, Dumai lebih besar dari Jakarta, Surabaya dan Bandung atau Medan? ya to?....

    ReplyDelete
  28. Kalau begitu urutan kota terbesar di Indonesia dilihat dari aspek mana dong, jangan sampai Bandung sama medan berebut jadi peringkat ketiga, kalau dilihat dari jumlah penduduk mungkin Bandung kan yang ketiga, tapi kalau dari luas wilayah ya Medan memang yang ketiga.

    ReplyDelete
  29. Menurut Bung ROMDON, Bandung kota terbesar ketiga di Indonesia mungkin melihat jumlah penduduk Bandung lebih banyak dibanding Medan, dari segi perekonomiannya bagaimana? Kemudian infrastrukturnya bagaimana? belum lagi dilihat hal-hal yang lainnya, apakah Bandung lebih dari Medan? Sebenarnya saya juga setuju Kota Bandung ada di peringkat ketiga kalau dilihat dari jumlah penduduknya saja ya to Bung ROMDON? Bagaimana tanggapan dari yang lain? Lanjutkan dong diskusinya untuk nambah wawasan!

    ReplyDelete
  30. Buat orang Medan dan Bandung, janganlah terlalu dipermasalahkan urutan kota terbesar ketiga, yang jelas saya belum pernah ke Medan, jadi gak bisa ngasih komentar gimana kelebihannya Medan dari Bandung. Memang dari dulu tuh semenjak saya SD Medan tuh kota ketiga terbesar di Indonesia, tapi akhir-akhir ini Bandung katanya ada di peringkat ketiga,tidak tahu dilihat dari segi mana, simpang siur jadi mana yang bisa dipercaya. Buat orang Medan Horas! Bandung wilujeng!

    ReplyDelete
  31. seperti kata mas romdon biasanya kota terbesar selalu diperingkat dari jumlah penduduk dan perekenomian, kalo soal infrastruktur dll emang susah ngukurnya. secara ekonomi mgkin kayak bandung sama medan beda tipis, tapi dr jumlah pnduduk bandung lebih banyak. tapi untuk wilayah sekitar kota bandung (Bandung Raya) jumlah penduduk maupun ekonominya lumayan jauh di atas Medan Raya (Mebidang).
    contoh simpel, dalam peringkat kota besar dunia, Jakarta selalu di peringkat lebih besar dibanding Singapore, padahal kan ekonomi kota singapore 2 kali lipat dari Jakarta dan wilayah kotanya pun 2 kali Jakarta. so??

    ReplyDelete
  32. seperti kata mas romdon biasanya kota terbesar selalu diperingkat dari jumlah penduduk dan perekenomian, kalo soal infrastruktur dll emang susah ngukurnya. secara ekonomi mgkin kayak bandung sama medan beda tipis, tapi dr jumlah pnduduk bandung lebih banyak. tapi untuk wilayah sekitar kota bandung (Bandung Raya) jumlah penduduk maupun ekonominya lumayan jauh di atas Medan Raya (Mebidang).
    contoh simpel, dalam peringkat kota besar dunia, Jakarta selalu di peringkat lebih besar dibanding Singapore, padahal kan ekonomi kota singapore 2 kali lipat dari Jakarta dan wilayah kotanya pun 2 kali Jakarta.
    tapi kalo ditarik dari wilayah megapolitan Jakarta (Jabodetabek), jumlah penduduk, perekonomian, luas wilayah Singapore gak ada apa-apanya dibanding Jakarta. so??

    ReplyDelete
  33. kota terbesar
    Jakarta
    Surabaya
    Bandung
    Medan
    Semarang
    Makasar
    Palembang
    Tangerang
    Bekasi
    Pekanbaru

    ReplyDelete
  34. Harga mati
    Jakarta
    Surabaya
    Medan
    Bandung

    ReplyDelete
  35. boleh nggak ditawar sedikit harganya, he he he horas aku arek suroboyo!!!!

    ReplyDelete
  36. yang harga mati itu
    1. JAKARTA
    2. SURABAYA

    ReplyDelete
  37. Kenpa Bandung no 4 Dan Medan no 3. Dikarenakan Bandung tidak mmpunyai Pelabuhan, Sedangkan Medan punya Belawan sebagai pelabuhan tersibuk ke 3 di Indo. Selain it polonia sebagai bndara merupakan bandara tersibuk ke 4 setelah Jakarta, Surabaya Dan Bali.
    Dan nntinya juli akhir kuala namu gantikan polonia sebagai bandara int. Terbesar kedua setelah soetta dijakrta.mmpunya 6 terminal Dan didesain seperti bandara chngi Singapore, krna Ada jaur kereta API yng kngsung kebandara :) Mngenai depok dkk, itu uda masuk jabodetabek :)

    saya asli Medan Dan skrng stay di pekanbaru, pekanbaru cukup potensial disumatera, no wonder di no 8, bukan perkembngan Sangat pesat, walo cuaca panasssssss sekali :)

    ReplyDelete
  38. dari banyaknya gedung pencakar langit jakarta masih kalah ama ibu kotanya negeri upin ipin, spore, ama thailand :'
    surabaya kapan ya punya pencakar langit yang banyak sebagai simbol perkembangan kota :'

    ReplyDelete
  39. wah ternyata pemerataan yang dicanangkan masih belum efektif. sayang sekali yah..

    ReplyDelete
  40. ni yang benar
    1.jakarta
    2.surabaya
    3.medan
    4.bandung
    5.makasar
    6.semarang
    7.palembang
    8.solo
    9.yogyakarta
    10.balikpapan
    11.batam
    12.pekan baru
    13.banjarmasin
    14.samarinda
    15.malang
    16.denpasar
    17.menado
    18.pontianak
    19.palangkaraya
    20.jayapura

    ReplyDelete
  41. KURANG NGAJAR!!! kota-kota di kalimantan malaysia, kok bisa ya hebat-hebat kayak gini, padahal rata-rata penduduknya ora sampe satu jutaan. tapi kok WAJAH KOTANYA KABEH KOYOK TOKYO. bearti kota tercintaku surabaya kota terbesar kedua di indonesia kalah jauh dong dibandingkan dengan kota Kuching sama kota kinabalu, di surabaya gedung bertingkat tinggi bisa di itung dengan jari:

    iki Kota kuching: http://www.freemalaysiatoday.com/wp-content/uploads/2011/04/kuching-waterfront-458x300.jpg

    dan

    http://www.flickr.com/photos/arhaimey/3306277976/

    dan
    http://2.bp.blogspot.com/-j17nv7eCZPY/TsMybkfgupI/AAAAAAAAA8c/h1EUnSQ9teg/s1600/71232892748104468331.jpg

    iki kota Kinabalu:http://paradiseintheworld.com/wp-content/uploads/2012/04/Kota-Kinabalu-Malaysia.jpg

    dan

    http://paradiseintheworld.com/wp-content/uploads/2012/04/Kota_Kinabalu.jpg


    iki kota miri:
    http://pastorjackstuart.files.wordpress.com/2008/11/blogg-mirii.jpg

    dan

    http://4.bp.blogspot.com/-QRTeEdZWBhs/TsM0LpvFE-I/AAAAAAAAA8k/g0w7WVegfsY/s1600/MIRI+CITY.jpg

    iki kota bintulu:
    http://3.bp.blogspot.com/-hH4dbb2xGRM/TsM0pL7CLtI/AAAAAAAAA80/t7NgERL1hxE/s1600/BINTULU+TOWN.jpg

    iki kota sandakan:
    http://www.panoramio.com/photo_explorer#view=photo&position=35&with_photo_id=1440118&order=date_desc&user=302097

    iki kota tawau:
    http://borneoreflections.blogspot.com/2011/11/visit-to-tongod-part-03-tawau-back-to.html

    iki kota sibu:
    http://www.skyscrapercity.com/showthread.php?t=188074&page=10

    udah gitu kota sekelas kecamatan, di kalimantan juga berwajah tokyo.

    iki desa lubuk antu:

    http://3.bp.blogspot.com/_ylxwBs2t0kA/SbNXRGRpK_I/AAAAAAAAAF4/WQ7kfvSI-IQ/s1600-h/ride9.jpg

    kampung ato ndeso lubok antu, iki ndesone Dayak iban, sangat kecil, tapi di sana kok iso-isone ono gedung bertingkatnya....kurangngajar pisan...asu malingsia.

    iki desa sriaman:
    http://1.bp.blogspot.com/_ylxwBs2t0kA/SbVZxyE-PzI/AAAAAAAAAJo/VETyfXq8UAc/s1600-h/ride10.jpg

    ndeso iki ora gede. kuranglebih koyok imogiri ning yogya, tapi tetap aja rapi kayak gini.


    iki ndeso kapit:
    http://hujanpetangnovember.blogspot.com/2012/08/let-me-tell-you-about-this-place-named.html

    kapit ini cuma sebuah kampung Dayak iban sebesar imogiri yogyakarta, tapi kurangngajarnya kapit berwajah tokyo atau hongkong, tepatnya hongkong ning hutan.

    ReplyDelete
  42. KURANG NGAJAR!!! kota-kota di kalimantan malaysia, kok bisa ya hebat-hebat kayak gini, padahal rata-rata penduduknya ora sampe satu jutaan. tapi kok WAJAH KOTANYA KABEH KOYOK TOKYO.

    bearti kota tercintaku surabaya kota terbesar kedua di indonesia kalah jauh dong dibandingkan dengan kota Kuching sama kota kinabalu, di surabaya gedung bertingkat tinggi bisa di itung dengan jari:


    iki Kota kuching: http://www.freemalaysiatoday.com/wp-content/uploads/2011/04/kuching-waterfront-458x300.jpg

    dan

    http://www.flickr.com/photos/arhaimey/3306277976/

    dan

    http://2.bp.blogspot.com/-j17nv7eCZPY/TsMybkfgupI/AAAAAAAAA8c/h1EUnSQ9teg/s1600/71232892748104468331.jpg

    iki kota Kinabalu:
    http://paradiseintheworld.com/wp-content/uploads/2012/04/Kota-Kinabalu-Malaysia.jpg

    dan

    http://paradiseintheworld.com/wp-content/uploads/2012/04/Kota_Kinabalu.jpg


    iki kota miri:
    http://pastorjackstuart.files.wordpress.com/2008/11/blogg-mirii.jpg

    dan

    http://4.bp.blogspot.com/-QRTeEdZWBhs/TsM0LpvFE-I/AAAAAAAAA8k/g0w7WVegfsY/s1600/MIRI+CITY.jpg

    iki kota bintulu:
    http://3.bp.blogspot.com/-hH4dbb2xGRM/TsM0pL7CLtI/AAAAAAAAA80/t7NgERL1hxE/s1600/BINTULU+TOWN.jpg

    iki kota sandakan:
    http://www.panoramio.com/photo_explorer#view=photo&position=35&with_photo_id=1440118&order=date_desc&user=302097

    iki kota tawau:
    http://borneoreflections.blogspot.com/2011/11/visit-to-tongod-part-03-tawau-back-to.html

    iki kota sibu:
    http://www.skyscrapercity.com/showthread.php?t=188074&page=10





    udah gitu kota sekelas kecamatan, di kalimantan malingsial juga berwajah tokyo.

    iki desa lubuk antu:

    http://3.bp.blogspot.com/_ylxwBs2t0kA/SbNXRGRpK_I/AAAAAAAAAF4/WQ7kfvSI-IQ/s1600-h/ride9.jpg

    kampung ato ndeso lubok antu, iki ndesone Dayak iban, sangat kecil, tapi di sana kok iso-isone ono gedung bertingkatnya....kurangngajar pisan...asu malingsia.

    iki desa sriaman:
    http://1.bp.blogspot.com/_ylxwBs2t0kA/SbVZxyE-PzI/AAAAAAAAAJo/VETyfXq8UAc/s1600-h/ride10.jpg

    ndeso iki ora gede. kuranglebih koyok imogiri ning yogya, tapi tetap aja rapi kayak gini.


    iki ndeso kapit:
    http://hujanpetangnovember.blogspot.com/2012/08/let-me-tell-you-about-this-place-named.html

    kapit ini cuma sebuah kampung Dayak iban sebesar imogiri yogyakarta, tapi kurangngajarnya kapit berwajah tokyo atau hongkong, tepatnya hongkong ning hutan.

    ReplyDelete
    Replies
    1. kalau malaysia maju jangan di caci mas,,,
      kota malaysia maju diakibatkan orang melayu baik2, hidup damai dan berpikiran maju ga kampungan, ga korupsi, pembangunan merata, orang miskin di bantu, berbeda dengan jawa, jiwa masih kampungan, bangunan kumuh, banyak curang , pemerintah mementingkan diri sendiri, debat paling jago berbuat tidak bisa,, semiskin-miskin nya melayu atau malaysia ga ada yang rumahnya berlantaikan tanah, berdinding rotan,...

      Delete
  43. Betul seharusnya Bandung tidak kota ke 4 karena bandung tidak memiliki pelabuhan, bandaranyapun kecil. harusnya untuk memeringkat kota besar itu harus di lihat dari banyak faktor....wilayah kota bandungpun sangat sempit jika di kategorikan kota besar ke 4. apa karena dekat dari Jakarta jadi lebih di istimewakan???

    ReplyDelete
    Replies
    1. jgn pada ribut yang bener itu Indonesia salah satu negara terluas didunia, terbanyak penduduknya didunia

      Delete
  44. Makassar kalah lah kalo dibanding Semarang. Dari ketiga kategori kalah semua kok.
    Jumlah penduduk, luas area, dan tingkat perekonomian.

    ReplyDelete
  45. Untuk Pekanbaru fotonya tahun 2008 ya... kan sudah ada belasan gedung diatas 10 lantai, yang menonjol Menara Peak Hotel 29 lti, Bank Riau 18 lti ... perbarui dong !

    ReplyDelete
  46. jakarta walau kecil tapi paling padat...

    ReplyDelete
  47. hello semua perlu kalian ketahui wilayah Bandung Raya luasnya tiga kali luas kota Jakarta, diperkirakan kalau wilayah Bandung Raya menjadi satu kota maka akan menjadi kota terbesar di Indonesia, Bandung meskipun tidak memiliki pelabuhan karena letaknya bukan di daerah pantai tetapi memiliki daya tarik yang besar untuk dikunjungi, lihatlah saat week end banyak yang datang ke kota ini dan sekitarnya, daerah Bandung banyak menyuguhkan wisata budaya dan wisata alam, selain wisata belanja yang sudah terkenal, bahkan warga Jakarta hampir setiap week end memburu kota ini. dach dulu ya entar disambung lagi karena masih banyak kelebihan dari kota Bandung ini. aku bangga pada Bandung. Pak Ridwan Kamil kembangkan terus kota Bandung biar semua tahu bahwa Bandung merupakan kota yang menarik.

    ReplyDelete
  48. Bandung meskipun kalah dengan kota-kota lain yang memiliki pelabuhan laut, tetapi Bandung memiliki kelebihan yang tidak dimiliki oleh kota lainnya di Indonesiaa, tul gak?

    ReplyDelete