Thursday, March 29, 2012

10 Film Horor Indonesia Paling Seram



Arham Vhy - Horror adalah salah satu genre film yang digandrungi banyak orang khususnya di Indonesia. Baca : 10 Film Horor Terbaik Sepanjang Sejarah. Tapi anehnya sekarang ini jarang sekali film horror nasional yang benar – benar membawa kita dalam ketakutan yang sesungguhnya. Film horror sekarang tidak seperti film horror pada era 80an yang mampu membuat bulu kuduk berdiri padahal Cuma mendengar efek suara lolongan anjing, gambar kuburan, atau melihat mata pemeran hantu yang melotot padahal hanya menggunakan tata rias seadanya. Ada beberapa film horror jaman dulu yang begitu melekat di ingatan karena mampu menjadi mimpi buruk waktu kecil.

Apakah anda ingat atau tahu adegan Suzzana makan sate di film Sundel Bolong (1981)? Adegan Leak (Mahkluk yang hanya kepala dan jeroannya terbang) menghampiri “anu”-nya Ibu hamil dan menghisap bayinya di film Mystics In Bali (1981)? Adegan anak lelaki yang hendak shalat lalu jendelanya terbuka dan di depan jendela ada sesosok Kuntilanak di film Pengabdi Setan (1982)?. Kalau sekarang nonton lagi rasanya belum tentu kesan seram itu akan hadir pada diri kita, tapi ada film yang berhasil menakut – nakuti penonton. Lalu bagaimana dengan nasib film horror satu dekade terakhir?

Berikut ini film horor yang terseram 2000 - 2012:

10. Mati Suri (2009)

Sutradara: Rizal Mantovani |Pemain: Nadine Chandrawinata, Yama Carlos, Tyas Mirasih & Keith Foo | Produksi: Maxima Pictures

Scary Moment:
Adegan mati lampu, saat sosok yang disebut Dajjal yang akan mengambil nyawa Abel(Nadine Chandrawinata). Sosok Dajjal adalah pocongkk yang dibungkus kain batik tradisional. Ya unsur etnik dan tradisional yang dibawa dalam penampakan Dajjal ditambah efek lighting yang dramatis membuat film ini tertolong karena selebihnya tidak ada yang menakutkan dan tidak ada yang istimewa.

9. Kesurupan (2008)

Sutradara: Rizal Mantovani |Pemain: Nia Ramadhani, Shareefa Daanish, & Andhika Pratama | Produksi: MD Pictures

Scary Moment:
Adegan Alin (Shareefa Daanish) pertama kali kesurupan di dalam tenda sangat memorable dan cukup membuat merinding apalagi saat mulai berbicara dalam bahasa Sunda dan mengusir orang – orang. Akting Daanish disini tidak kalah menakutkan dibanding aktingnya sebagai Dara, Daanish mampu memberikan gesture dan ekspresi yang pas saat memainkan adegan kesurupan plus gerakan – gerakan senam lantai seperti kayang.

8. Hantu (2007)

Sutradara: Adrianto Sinaga | Pemain: Dhea Ananda, Oka Antara, Dwi Andhika, Andhika Gumilang, & Monique | Produksi: Grandiz Media Production

Scary Moment:
Ketika Rinjani (Dhea Ananda) kesurupan terlihat sangat real sekali ditambah sengan suasana hutan di sepanjang film yang mencekam juga penampakan mahkluk penunggu hutan yang cukup mengerikan.

7. Hantu Rumah Ampera (2009)

Sutradara: Rudi Soedjarwo | Pemain: Ben Joshua, Nadilla Ernesta,Rahma Landy, & Meity Josefina | Produksi: Rapi Film

Scary Moment:
Ketika Ibunya Adit (Ben Joshua) sedang shalat di kamar di rumah barunya tiba – tiba di belakangnya ada sesosok wanita yang mengikuti gerakan shalat Ibu Adit sungguh memorable dan membuat bulu kuduk berdiri. Juga adegan saat Ibu Adit lupa membereskan sajadah dan mukenanya lalu saat Ibu tertidur ada sesosok wanita yang sedang shalat mengenakan mukena Ibu. Karena saya tahu ada cerita nyata tentang makhluk gaib yang suka shalat, maka adegan – adegan tersebut mampu menghadirkan sensasi buluk kuduk merinding.

6. Tusuk Jelangkung (2003)

Sutradara: Dimas Djayadiningrat | Pemain: Marcella Zalianty, Iqbal Rizantha, Dinna Olivia, Samuel Rizal, Thomas Nawilis, AA. Gde Wipra, & Ian’s Bachtiar | Produksi: Rexinema

Scary Moment:
Sebenarnya penampakan Kuntilanaknya tidak ada seram – seramnya sama sekali tetapi yang membuat bulu kuduk berdiri adalah adegan Sam yang digoda oleh teman kostnya yang mesum, Sam yang marah tiba – tiba kesurupan dan menyanyikan tembang durmo. Ketika Sam menyanyikan bait, “Jin Setan Kang Tak Utusi” Sorot mata Sam (Julie Estelle) yang tajam dan dingin ditambah kekuatan magis dalam tembang Durmo-lah yang membuat ketakutan tersendiri bagi saya. Adegan ini terbukti memenangkan Best Scary Scene di MTV Indonesia Movie Awards (MIMA) 2007 dan menurut ane Kuntilanak ini juga sekuelnya merupakan Masterpiece dari Rizal Mantovani.

4. Legenda Sundel Bolong (2007)

Sutradara: Hanung Bramantyo | Pemain: Jian Batari Anwar, Tio Pakusadewo, Uli Auliani, & Baim | Produksi: Rapi Film

Scary Moment:
Adegan Kepala Desa yang menelusuri jalan setapak lalu saat berbalik arah tiba – tiba ada yang memanggilnya lalu terdengar musik tradisional sunda. Ditengah pepohonan bambu dan gelapnya malam ada sesosok wanita yang menari ronggeng dengan selendangnya lalu memperlihatkan punggungnya yang bolong lengkap dengan rangkaian tulang belakangnya. Selanjutnya setiap penampakan si Sundel Bolong Imah ini cukup membuat merinding dengan ekspresi yang pas dari Jian Batari.

3. Titisan Naya dalam Takut (Faces of Fear) (2008)

Sutradara: Riri Riza | Pemain: Dinna Olivia, Dewi Irawan, & Junior Liem | Produksi: Miles Films & Komodo Films

Scary Moment:
Film ini sangat luar biasa menghadirkan feel dan ambience seramnya. Saya sendiri terlahir di keluarga Jawa yang memiliki keris yang harus dimandikan dengan ritual tertentu jadinya Titisan Naya (Dinna Olivia) sangat mampu membuat bulu kuduk berdiri. Adegan mati lampu dan Naya mencari ibunya ditambah dengan penampakan sesepuh – sesepuh Naya yang memakain pakaian adat Jawa sangat luar biasa seram. Akting Dinna Olivia juga sangat meyakinkan sungguh saya begitu ingin film ini dibuat versi panjangnya.

2. Jelangkung (2001)

Sutradara: Rizal Mantovani & Jose Purnomo | Pemain: Wingky Wiryawan, Harry Pantja, Melanie Ariyanto, Rony Dozer, & Ian’s Bachtiar | Produksi: Rexinema

Scary Moment:
Film ini sangat hebat daya pikatnya, meskipun hanya dibuat dengan peralatan teknis seadanya dan tidak terlalu wah seperti sekuelnya Tusuk Jelangkung. Jelangkung menghadirkan atmosfer horror yang kental ditambah dengan icon baru perhantuan Indonesia, si Bocah Turah. Adegan paling menakutkan adalah saat Ferdi (Wingky Wiryawan Dkk memburu hantu di rumah sakit tua, penampakan Suster Ngesot di kaca dan saat asik ngesot sangat menakutkan. Adegan suster ngesot lainnya yang hadir di depan kamar Gita adalah klimaks ketakutan bagi saya. Jelangkung dengan plotnya anak remaja main – main ke hutan dan melakukan hal yang dilarang sangat menjadi trend di perfilman horror Indonesia. 

1. Keramat (Sacred) (2009)

Sutradara: Monty Tiwa | Pemain: Poppy Sovia, Migi Parahita, Sadha Triyudha, Miea Kusuma, Dimas Projosujadi, Diaz Ardiawan, & Brama Sutasara | Produksi: Starvision Plus

Scary Moment:
Buat saya Keramat adalah full packed horror, tidak hanya menakut – nakuti tetapi ada nilai – nilai baik yang tersurat dalam film ini. Keramat juga mengcapture dengan baik penokohan dan watak orang – orang yang terlibat di dalamnya yang sangat Indonesia sekali. Dengan penggunaan metode penambilan gamabr sudut pandang subjektif, Keramat berhasil membuat penonton ikut merasa takut. Adegan yang menakutkan dalam film ini tergolong banyak, Adegan kesurupan Migi, Gamelan yang bunyi sendiri, Penampakan pocongkk, Gamelan dan wayang yang tiba – tiba ada ditengah hutan, dan yang pasti paling membuat merinding adalah Penampakan orang – orang yang membawa tandu berisi mayat.(kaskus.us)

Follow twitter @arhamvhy dan gabung komunitas Arham Vhy di facebook.
Download aplikasi Arham Vhy untuk Android. Gratis!

1 Comment so far

  1. If you enjoy any of the movies mentioned up there, I think you might really like Truth or Dare. It's a horror movie, and I'm pretty sure you can still check it out online at truthordarefilm.com. You won't regret it!

    ReplyDelete