Monday, March 19, 2012

10 Boy Band Korea Paling Populer di Dunia

Arham Vhy - Industri musik Korea Selatan tumbuh subur. Menyusul serial drama, musik negeri itu kini merambah sejumlah negara di Asia. Kaum remaja di Asia sepertinya sedang demam boyband dari Korea. Baca juga 10 Girl Band Korea Paling Populer di Dunia.

Panggung musik negeri di ujung timur Asia itu memang didominasi boyband, group musik remaja dengan wajah imut-imut yang mudah mengundang gemes. Mereka tidak saja ganteng, tapi juga pandai menari, suara merdu dengan lagu-lagu yang penuh ceria.

Daya pikat yang membuat para remaja tergila-gila itu, membuat sejumlah negara di Asia ramai-ramai mengundang mereka. Dan hampir setiap kali manggung, ribuan remaja putri berbondong-bondong datang. Berikut sejumlah group boyband yang sedang naik daun dan laris manis manggung di Asia.

10. T-Max



Boyband T-Max terdiri dari tiga personil. Mereka adalah Shin Min-Cheol, Park Yun Hwa dan Kim Jun. Mereka aktif sejak tahun 2007 lalu dan berada di bawah naungan Planet905 Entainment. Boyband ini dibentuk secara matang karena mereka dilatih selama kurang lebih tiga tahun.

Masing-masing personilnya memiliki kelebihan pada suara mereka. Musik yang diusung boyband yang mengisi soundtrack serial drama ‘Boys Before Flowers’ ini adalah R & B. Tetapi, pada awal tahun 2010 lalu, salah satu personilnya, Park Yun Hwa memutuskan untuk mengikuti wajib militer. Keputusan ini mengejutkan penggemar setia mereka.

Kepergian Park Yun Hwa membuat T-Max akhirnya mencari personel baru. Mereka merekrut dua anggota baru yakni Park Joo Hanbi dan Chanyang. Kini mereka tampil dengan formasi baru yakni empat orang.

9. Shinhwa



Shinhwa terdiri dari enam anggota. Tiga orang untuk vokal sedangkan sisanya merupakan rapper. Boyband ini pertama kali dibentuk pada tahun 1998. Shinhwa merupakan boyband yang mampu bertahan lama dibanding boyband lainnya di Asia. Kelompok ini telah merilis lima album yang mampu menduduki puncak tangga lagu-lagu pop Korea.

‘Inspiration’ tak hanya sukses di negaranya, tetapi juga di Jepang. Lagu ini berhasil masuk dalam lima besar di Jepang pada tahun 2006 lalu. Selama bertahun-tahun, Shinhwa telah mendapat pengakuan sebagai salah satu kelompok vokal dan tari terbaik.

8. SHINee



SHINee merupakan salah satu boyband Korea yang sedang naik daun. Mereka mengusung musik R&B kontemporer. Kelompok ini dibentuk tahun 2008 oleh SM Entertainment dan terdiri dari lima orang. Debut pertama kalinya adalah tampil di ‘SBS Inkigayo’ 25 Mei 2008 lalu dengan mempromosikan single mereka berjudul ‘Noona Neomu Yeppeo’.

Selama berkarier di dunia musik Korea, SHINee telah berhasil meraih banyak penghargaan. Konser tur mereka di Korea maupun di negara Asia lainnya selalu dipenuhi penonton. Kesuksesan itu membawa SHINee membintangi reality show. Selain itu, SHINee juga dianggap sebagai ikon fashion dengan sebutan ‘SHINee Trend’.

Tak ingin disebut jago kandang, kelompok musik ini memilih mencoba untuk menjajal kemampuan musik mereka di Jepang. Dan mereka menjadi salah satu musisi Korea yang tampil dalam acara MTV Video Music Award di negara Sakura tersebut.

SHINee juga ikut meramaikan sebuah acara musik di Indonesia pada 12 Oktober 2010 lalu. Mereka merasa terkejut karena mendapat sambutan yang luar biasa dari fansnya di sini. Bahkan, karena begitu antusiasnya para fans dua personil SHINee sempat terluka karena ribuan penggemar berebutan menyalami.

7. 2PM



2PM beranggotakan tujuh orang. Tetapi, kini mereka hanya tinggal berenam karena pentolan mereka, 2PM, Jaebeom mengumumkan pengunduran dirinya pada 2009 lalu. Keluarnya Jaebeom dari boyband ini karena diketahui ia pernah membuat komentar negatif tentang Korea beberapa tahun lalu.

Jaebeom pergi, tapi itu tidak membuat kelompok vokal ini terganggu dalam menjalani aktivitas mereka di dunia musik. Justru karier dan popularitas mereka semakin meroket. Boyband ini juga sempat mengunjungi Indonesia dan tampil membawakan beberapa lagunya di JIEXPO Kemayoran pada 19 Maret lalu. Penampilan boyband ini membuat sejumlah penggemarnya histeris.

6. Big Bang



Boyband beranggotakan lima orang ini disatukan tahun 2005-2006. Pembentukan kelompok ini dibuat dalam serial televisi dengan nama ‘Big Bang Documentary’ dari Juli sampai Agustus 2006 lalu. Setelah tanda tangan dengan YG Entertainment, Big Bang berhasil merilis beberapa single yang sukses.

Sesudah menerima penghargaan sebagai ‘Artist of The Year’ dalam ajang M.Net KM Music Festival dan Seoul Gayo Daesang Award, Big Bang memutuskan untuk mengincar penggemar musik Jepang. Mereka merilis single dan mini album yang dijual ke Jepang.

Saat ini, para personel Big Bang juga sibuk bersolo karir. Aktivitas mereka tak hanya dimusik tetapi juga diakting. Setelah dua tahun lamanya absen sebagai kelompok penuh, Big Bang akhirnya kembali dengan konser besar mereka tahun 2011 ini.

5. 2AM



Single pertama 2AM berjudul ‘This Song’ dirilis pada 21 Juli 2008. Mereka memulai debutnya tampil di panggung pada 11 Juli di tahun yang sama. Setelah itu, mereka kembali merilis single pada 19 Meret 2009 dengan judul ‘Time For Confession’.

2AM terdiri atas empat personel yakni Jinwoon, Jo Kwon, Seulong dan Changmin. Jenis musik yang diusung boyband yang dibawah naungan JYP Entertainment ini mengusung lagu-lagu ballad. Mereka direncanakan akan datang ke Jakarta untuk menggelar konser bertajuk ‘Jakarta Fastatik Pop Festival 2011′ dengan sejumlah musisi Korea lainnya pada 18 Juni mendatang.

4. SS501



SS501 merupakan salah satu boyband yang sedang populer di Korea. Mereka terdiri dari lima orang dan berada di bawah naungan Daesung Entertainment atau DSP. Tetapi, para personelnya kemudian meninggalkan manajeman tersebut dan bergabung dengan manajeman artis lainnya.

Tetapi, itu bukan berarti boyband ini berpisah. Mereka tetap berniat bersama sebagai SS501. Nama SS501 memang terkesan unik. Ada makna dibalik nama itu. ‘S’ pertama diambil dari kata Superstar sedangkan ‘S’ yang kedua adalah Singer. Kombinasi 501 itu artinya mewakili lima anggota yang bersatu untuk selamanya.

Debut perdana mereka tampil dengan membawakan single berjudul ‘Kyeonggo’ pada 2005 lalu. Meski memiliki banyak penggemar di Jepang, mereka memilih tetap aktif di Korea. Alasannya karena kondisi tenggorokan Heo Young Saeng yang butuh operasi sehingga butuh waktu untuk pemulihan. Tetapi, pada pertengahan tahun 2006, mereka berhasil menggelar konser pertama di Jepang bertajuk ‘Step Up Concert’.

Sama dengan boyband lainnya, personel SS501 juga sibuk bersolo karier. Masing-masing mempunyai kegiatan berbeda. Hanya saja, sang pentolan, Kim Hyun Joong mengatakan 2011 ini SS501 dipastikan kembali dan membuat album baru.

3. Super Junior



Super Junior merupakan boyband yang memiliki anggota paling banyak di dunia. Ketika dibentuk tahun 2005 lalu, Super Junior atau yang juga sering ditulis dengan nama Suju ini memiliki 12 orang personel. Tetapi, ketika mulai berjalan, dua personelnya keluar. Kangin meninggalkan Suju karena harus menjalani wajib militer sedangkan Kibum memilih berkarier di dunia akting.

Ditinggal dua personel tidak menghilangkan pesona pelantun ‘Sorry Sorry’ ini. Justru geliat mereka di panggung musik Korea semakin diperhitungkan. Suju juga mencoba melirik pasar Asia lainnya seperti Indonesia.

Konser-konser mereka di beberapa negara Asia mendapat respon yang positif dari penggemar fanatiknya. 4 Juni mendatang, pelantun ‘Bonamana’ ini akan menggelar konsernya di Indonesia dengan sejumlah penyanyi Korea lainnya dalam acara Festival Korean Idols Music Concert Hosted in Indonesia.

2. Boyband JYJ



Boyband JYJ terdiri dari tiga personel yakni Junsu, Yoochun dan Jaejoong. Mereka merupakan tiga orang yang hengkang dari boyband TVXQ. Album global pertama mereka bertajuk ‘The Beginning’ yang dirilis pada Oktober 2010 lalu.

Boyband ini juga disebut-sebut sebagai band terkaya di Korea. Hal itu dilihat dari harta kekayaan yang dimiliki para personelnya. Masing-masing anggota memiliki villa mewah yang dinilai harganya sekitar US$2,6 juta atau sekitar Rp22,2 miliar. Selain itu, mereka juga memiliki mobil mewah seperti Ferrari.

Penghasilan tinggi yang diraih boyband ini memang tak mengejutkan. Maklum saja, karena manajeman JYJ tidak melarang artisnya untuk menjalani karier solo. Mereka bebas memilih bidang yang disukainya mulai dari musik, tari dan akting.

1. TVXQ



TVXQ atau juga yang dikenal dengan nama DBKS ini terdiri dari lima personel. Mereka dibangun tahun 2003 lalu di bawah naungan manajeman SM Entertainment. Pada tahun 2008, TVXQ mencatat sebuah prestasi. Ia menjadi boyband pertama yang singlenya mampu masuk dalam tangga lagu Jepang. Single berjudul ‘Oricon’ itu ternyata disukai masyarakat negara Sakura tersebut.

Boyband ini memiliki penggemar setia di Jepang. Dan terbukti dari penjualan album kompilasi mereka di Jepang yang menembus 413 ribu kopi hanya dalam waktu satu pekan. Boyband ini mencatat rekor sebagai penjualan tertinggi pada minggu pertama yang diraih penyanyi asing yang sebelumnya dipegang Bon Jovi pada tahun 1995 dengan penjualan 379 ribu kopi.

Follow twitter @arhamvhy dan gabung komunitas Arham Vhy di facebook.
Download aplikasi Arham Vhy untuk Android. Gratis!

52 Comments so far

  1. wah keren nih gan..

    ReplyDelete
  2. yashnta love siwonJune 27, 2012 at 8:52 AM

    harusnya super junior di urutan no 1

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya.... harusnya SUJU yg paling populer... itu salah mgkn urutannya... SUju i <3 u..

      Delete
    2. SALAH BESAR. DBSK DI NO 1 UDAH PALING PANTAS :)

      Delete
    3. super junior tau
      bukanya ngejek ya...
      dbsk boyband se-asia
      suju boyband dunia
      emang iya sih tuh boyband terkenal

      Delete
    4. waduh mas mbak jelas2 tvxq itu yg nomer 1 taukah kalian klo semua member tvxq masuk 20 besar peringkat penyanyi terbaik korea bahkan 2membernya jaejoong and junsu masuk peringkat 1 dan 2,lalu tvxq mendapat penghargaan dari guinness book of record sebagai pemilik fans terbanyak di dunia
      sementara klo suju setauku yg suaranya bagus itu cuma 3 org doang dan slebihnya hanya pasang muka#mohon maaf
      biasanya sih anak2 remaja zaman skrng lebih memilih visual dari pada kualitas suara

      Delete
    5. kalo di indo iya suju no satu.
      tapi kalo didunia kayaknya nggak deh.
      mereka bahkan blum bisa naklukin jepang ky DBSK. coba di search dulu. cari juga sejarah kpop.
      bukan berarti kamu elf atau casiopeia atau fandom lain lah harus tutup mata kalo ada bb lain yang ngalahin bb kamu.

      Delete
    6. JYJ dan TVXQ pantas loh dinomor 1 dan 2 :D meski aku ELF aku tau itu. DBSK memang sangaaaaaaaaattt terkenal karena fans DBSK itu setia sekali. kalau super junior memang terkenal tapi rata2 fansnya labil, cuma suka kalo terkenal. makanya DBSK pantas nomor 1 karena fansnya begitu setia {} aku iri :"<

      Delete
  3. bingung nih masak BIGBANG urutannya dibawah 2pm & 2am.Fans BIGBANG ada di urutan ke 2 yg paling banyak (yg ke 1 dipegang DBSK)
    harusnya BIGBANG yg no.1 buktinya bisa menang MTV EMA 2011 dan sudah ngadain tur keliling dunia bkn asia bahkan konser di amerika ditambah jd 2 hari. bakat dr member BIGBANG juga hebat apalagi leader multitalented sedunia (produser,nyanyi,ngerap,fashionista,composer).
    sok tau nih artikel

    ReplyDelete
    Replies
    1. betul tuh. nih ranking diambil dari apaan sih? Orang BIGBANG udah dibawa sampe MTV EMA untuk pertama kalinya dalam sejarah KPOP. ngada-ngada aja (n) :poop:

      Delete
    2. wah klo menurutku big bang di peringkat 3 aja dibawah jyj and tvxq soalnya kualitas vokal tvxq gak ada yg nandingin hehehehe

      Delete
    3. ini ranking sp yg buat sih? dunia juga tau kalo bigbang mestinya no.1, fans luar asia mereka ajah banyaaak gituu, menang mtv ema jg, kpop idol lain masuk nominasi ajah kagak

      Delete
    4. ini ranking sp yg buat sih? dunia juga tau kalo bigbang mestinya no.1, fans luar asia mereka ajah banyaaak gituu, menang mtv ema jg, kpop idol lain masuk nominasi ajah kagak

      Delete
    5. iya, Bigbang tuh emang boyband paling korea paling populer sedunia. uda lagu hasil karya sendiri, style nya beda, masuk nominasi ema.. I Love Bigbang!

      Delete
  4. DBSK JJANG~!!
    CASSIOPEIA JJANG~!! <3

    ReplyDelete
  5. No comment I love sj,dbsk,exo,shinee

    ReplyDelete
  6. zz , yg pantas tuhh SS501 !!
    kalo mereka gk pisah karena kontrak habis N kim kyu jong masuk kemiliteran pasti SS501 NO.1 ITU , boyband lagi pisah aja udah bisa ambil urutan ke.4 apalagi kalo masih gabung NO.1 !!

    ReplyDelete
    Replies
    1. apa lg klo jyj kembali ke tvxq mereka pasti selamnya akan menjadi the king of kpop

      Delete
    2. pokoknya menurut gw SS501 no.1 !!

      Delete
  7. Lihat fakta donk
    Suju itu terkenal di dunia itu setelah BBF booming
    padahal saat itu DBSK baru ada masalah

    dan fakta2 yang di ungkapkan para pengamat musik korea selalu menomor 1kan dbsk

    harusnya kalian trima kalau idola kalian tidak berada di posisi 1
    sportif dong!!!!!!! terima aja
    jangan bikin fanwar

    ReplyDelete
  8. iia bener tuhh... kalian kan tau kalo barometer musik asia tuh dijepang (atau jangan bilang kalian ga tau) asal kalian tau ya dbsk udah bisa naklukin barometer itu...
    jadi jangan fanwar.... mungkin yang kalian tau ttg idol kalian cuma segitu doang....
    emang siapa lagi artis korea yg pernah masuk guiness book of record kalo bukan dbsk

    ReplyDelete
  9. iia bener tuhh... kalian kan tau kalo barometer musik asia tuh dijepang (atau jangan bilang kalian ga tau) asal kalian tau ya dbsk udah bisa naklukin barometer itu...
    jadi jangan fanwar.... mungkin yang kalian tau ttg idol kalian cuma segitu doang....
    emang siapa lagi artis korea yg pernah masuk guiness book of record kalo bukan dbsk

    ReplyDelete
  10. penggermar kpop emang paling ribet sol ranking yah,,,,

    ReplyDelete
    Replies
    1. . hahahaaaaa betul bgt... kyk emak2 arisan... rempong abiiiis...

      Delete
  11. Penting bgt ribut cuman gara2 rangking..pliss deh..ga mesti suju no.1, atau bigbang, atau siapalah kalii-,-

    ReplyDelete
  12. pada ribut....
    Nerima aja sih gak usah saling mencela boyband idola lain.
    Memuji boleh mencela itu dilarang!
    Kalo TVXQ dan JYJ yg teratas kenapa enggak?
    Kualitas suatu group musik bukan didasarkan pada tampang,tapi talenta dan ke eksistensian mereka..
    Dilihat dulu,apakah idola kalian sudah meluncurkan album worlwide seperti JYJ? :)
    atau personelnya sudah menelurkan album pribadi seperti Jaejoong dan Junsu JYJ?

    ReplyDelete
  13. hemeh...
    protes..aja, ayo perluas wawasan koreaanya dong...
    jadilah fandom yang respect..!
    BBF booming BB bermunculan dimana...manna.....

    BB muncul pertama klai TVXQ bb generasi ke 2...
    dan setelah itu menjamur BB lain pada bermunculan...

    please respect!

    ReplyDelete
  14. penting apa pada ribut soal ini??toh idola kalian jg g bgt peduli fans nya pling bnyk atau g... hubungan antar idola jg baik2 aza knp pada ngotot jd nomor 1???dbsk kek jyj kek suju kek... yg pnting mrk mnghibur... gt aza kok repot mlah sombong2an dsini..ciihhh....emang fans kpop it terkenal labil... ababil!!!

    ReplyDelete
    Replies
    1. Yup betul bgt... mslh kyk gini kok diributin.. jd lucu bacanya,, pd sok tau semuaa... hadeeeh,,, labil abiiiiiiis... ##plaak#####

      Delete
    2. Sip banget. Gini aja diributin. Biarin kenapa kalau idola mereka nggak jadi nomer 1. Masalah rangking berapa toh itu kan tergantung cara mereka saingan buat dapetin suara dan dance yang terbaik :v bukan ngotot-ngototan

      Delete
  15. Sesuai fakta ajja
    Tvxq or jyj from tvxq is the best ^_^

    ReplyDelete
  16. Ngakak gua geh baca komen"an nya hhahahahahahahaha *salah focus*

    ReplyDelete
  17. hmm itu tvxqnya gak salah?maksudku mereka mereka kan udah pecah jadi homon ma jyj? trus tvxq homin gimn?tapi susah sih kalo mo ngitung popularitas homin soalnya mereka masih make nama tvxq waktu masih berlima

    ReplyDelete
  18. coba boyband lain khasusnya pecah kayak tvxq pasti udah tenggelam itu nama boyband,H.O.T aja segitu kerennya pecah namanya udah jatuh,nah tvxq?emang gak main main itu skilnya keren.. bangga punya dbsk :) guiness world record aja sampai nganga waktu itu liat fanclub dbsk bangga!

    ReplyDelete
  19. Wah parah nih adminnya seharusnya bigbang gan yang jadi nomor satu didunia!one direction aja kalah!

    ReplyDelete
  20. Trus kalian bandingin aja suara big bang ama dbsk hahahaha suara dbsk itu kayak kerbau

    ReplyDelete
  21. Di SM itu ketampanan ama kecantikan boy and girl bandnya hampir semuanya PALSU

    ReplyDelete
  22. Lihat donk big bang ama 2ne1 nggak ada tuh satupun dari mereka yang oplas semuanya MURNI dari diri mereka sendiri

    ReplyDelete
  23. Di YG muka asli mereka itu dihargai tau....
    Karena mereka punya suara yang bagus...dan keren

    ReplyDelete
  24. Yah...klo SM cuma ngandalin tarian mereka,orang kulit hitam amerika dancenya lebih hebat dari mereka tau...freestylenya...gitu...mending boyband lainnya itu bubar aja dah.....cuma menjual kepalsuan belaka

    ReplyDelete
  25. Hahahaha dan biasanya penggemar artis2 keluaran SM itu rataW cewe.dan kalau pun ada cowo yang suka pasti cowo itu BANCI atau HOMO

    ReplyDelete
  26. tetap semangat ya SUPER JUNIOR my superman.. biar orang lain memandang rendah kalian ELFs akn selalu ada... biar mereka hidup dgn apa yg mnurut mrka bnar. krna kenyataan adlh yg benar haha FIGHTING

    ReplyDelete
  27. maaf aja, kata gue no. 1 emang TVXQ&JYJ. Cari aja faktanya knp mereka keren. Yang lain juga keren. tp tvxq, jyj paling keren banget. Apalagi kalo tvxq gapecah kyk sekarang, pasti tambah keren
    julukan mereka mah udah bukan raja lagi....dewa brooo
    suara bagus diatas rata2, berkarisma, kaya, baik, badan tinggi...itu 5 anggota kembar semuaaaaaaa. Fakta ini maaaaaaaaaaaahhhhh!!!!

    ReplyDelete
  28. jangan fokus ke boyband kesukaannya aja dong. kalo ada yang lebih unggul, ya terima aja. Gue fans TVXQ juga JYJ. Iya gue tau mungkin di Eropa TVXQ masih kalah sama BigBang dan Super Junior. Tapi emang mereka ngga populer?Di korea justru boyband paling banyak fansnya itu mereka. Mereka juga keren kan
    Kalo gapercaya silahkan search di google 'alasan tvxq diakui raja' atau apapun terserah.
    Jangan egois lah....

    ReplyDelete
  29. BACOTTT UDAHHH NO 1 SEDUNIA JELAS DBSK
    SUJU MENANG DI INDO DOANG
    BACAAA PLEASE WAHAI ELF INDO YG LABIL
    SAMPE SAAT INI PUN GA ADA YG BISA NANDINGIN FANS DBSK MESKI MEREKA PECAHH

    ReplyDelete
  30. Yaelah gitu aja diributin, nih boyband kesukaan gue nggak masuk guenya nyatai aje :v

    ReplyDelete
  31. buat org yg ngatain suara dbsk kayak kerbau ( anonymous, february 25, 9.50 am....coba anda dengarkan dengan baik suara mrk
    knp pd rbut jika dbsk menang? idola kalian aja mengakui kemampua mrk kok...
    kalo gx pcy tanya aja ma om google

    ReplyDelete
  32. Masih aja ribut yak kalo soal kpop apapun ribut...

    Bagusnya kualitas seorang artis itu kalo menurut saya dilihat dari seberapa keren live performance nya (terlebih boyband kpop itu citranya udah lemgket sama lipsync)...

    Dan yg gue tau bb dgn live terbaik itu bigbang n dbsk / jyj... bigbang dri segi cara bikin panggung menghentak. Dbsk dri segi vokal live nya yang selevel sama rekaman (kadang bahkan lebih baik dari rekaman)....

    Gua sebagai fans dbsk pastiii subjektif ke dbsk...

    Tapi gua mau saranin kalian buka youtube dan tonton :
    Bolero live
    Love in the ice live
    Hug acapella live

    Kalo ada bb asia atau bahkan dunia yg live nya lebih keren dibanding 3 video di atas, gua bakal makan upil gue sendiri

    ReplyDelete
  33. Yaah rebutan peringkat deh #hadeuuh :)
    yang sportif dong,mentang2 boyband kesukaannya harus di nomer 1in di dunia???
    Meskipun SuJu gak nomer 1 di dunia tapi tetep no 1 di hati aku <3

    ReplyDelete
  34. Saya tinggalkan komentar saya didalam link dibawah ini karena melebihi 4.096 karakter.


    http://freetexthost.com/hwuyrqqduf

    ReplyDelete